Pengertian Seni : Cabang Jenis, Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari

Kata seni jika hendak diartikan, Definisi Seni secara umum adalah segala hal yang dibuat oleh manusia, yang didalamnya mengandung keindahan serta mampu membangkitkan perasaan pada orang lain. Kata seni itu sendiri berasal dari bahasa Inggris kata Art dalam ilmu Eropa yang artinya adalah suatu media yang digunakan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Sedangkan pengertian seni menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Ki Hadjar Dewantara: segala hal yang dilakukan oleh manusia yang muncul dari perasaan dan sifat yang indah sehingga perasaan orang yang melihatnya bisa tergerak karenanya
  2. Aristoteles: peniruan alam yang sifatnya adalah ideal
  3. Drs. Sudarmaji: segala perwujudan batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan bidang, garis, warna volume, tekstur serta gelap terang sebagai bidangnya
  4. Drs. Popo Iskandar: hasil pengungkapan emosi yang hendak disampaikan oleh seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup berkelompok atau bermasyarakat

Cabang Jenis Seni Budaya

Cabang Jenis Seni Budaya
sumber gambar : batikbumi

Seni budaya terdiri dari dua kata, yakni seni dan budaya. Kedua kata ini memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan mengingat setiap seni memiliki ciri kebudayaan yang khas. Dan begitu pula sebaiknya, setiap kebudayaan juga memiliki nilai seni yang indah.

Kemudian jika menilik pada pengertiannya secara utuh, seni budaya ini bisa kita katakan sebagai semua hal yang diciptakan oleh manusia yang berkenaan dengan cara hidup bersama-sama dalam suatu kelompok dan mempunyai unsur estetika. Adapun seni budaya itu sendiri mencakup seni rupa, seni musik dan juga seni tari.

Cabang Jenis Seni Rupa

Cabang Jenis Seni RupaWujud dari seni rupa adalah pasti dan tetap. Cabang seni satu ini menggunakan rupa sebagai elemen perwujudannya. Seni ini dikelompokkan dalam bentuk patung, lukisan, gambar, multimedia, grafis, kriya dan kerajinan tangan. Seni rupa ini sudah ada sejak zaman animisme dan zaman dinamisme dahulu.

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa bila dilihat dari segi fungsinya ada dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan atau pakai. Untuk seni rupa murni adalah seni rupa yang bebas tanpa mempertimbangkan kegunaannya, contohnya seni grafis, seni patung dan seni lukis. Sedangkan untuk seni rupa terapan adalah kebalikannya, lebih mengutamakan nilai pakai dibandingkan dengan nilai keindahannya.

Unsur Seni Rupa

Unsur-unsur seni rupa terdiri dari gelap terang, tekstur, warna, ruang, bentuk, bidang, garis dan titik. Sedangkan untuk prinsipnya adalah kesatuan atau unity, keselarasan atau harmony, penekanan atau kontras, irama, gradasi, proporsi, keserasian, komposisi, keseimbangan dan aksentuasi.

Cabang Jenis Seni Musik

Cabang Jenis Seni MusikSeni musik merupakan seni yang elemen utamanya adalah unsur suara. Sementara untuk unsur lain yang juga berperan penting di dalamnya adalah notasi, melodi dan harmoni. Adapun media yang digunakan untuk mewujudkan cabang seni ini adalah instrumen dan vokal, yang juga sekaligus menjadi jenis musik itu sendiri.

Instrumen (Alat Musik)

Untuk karakter dari musik instrumen bisa berupa alat musik tradisional atau nusantara dan bisa juga alat musik yang asalnya adalah dari barat. Untuk alat musik tradisional meliputi arumba, kolintang, kecapi, rebana, angklung, gamelan, gambang kromong serta seruling.

Sedangkan untuk alat musik yang asalnya dari Barat bisa berupa terompet, saksopon, sintetiser, music elektronik, drum, flute, gitar dan piano. Seni ini tumbuh dan berkembang sejak zaman Renaissance sampai dengan abad milennium.

Jenis Seni Musik

Mengenai beberapa jenis seni musik, bisa dilihat dalam daftar berikut ini:

  • Musik tradisional
  • Musik rock
  • Musik bosa
  • Musik pop
  • Musik jazz
  • Musik klasik, dan lain-lain

Ketika seseorang mempelajari seni musik, maka dia harus mencapai kompetensi dasar yang terdiri atas memahami karya musik itu sendiri, memahami ilmu tentang musik, memahami serta bisa membuat notasi, mengaransemen dan mahir menggunakan beberapa alat musik sekaigus. Selain itu, juga diperlukan yang namanya pemahaman dalam pembuatan karya yang berbasis multimedia.

Cabang Jenis Seni Tari

Cabang Jenis Seni TariSeni tari merupakan seni yang menampilkan gerakan-gerakan halus dan juga mempunyai unsur estetis. Karenanya, bisa kita simpulkan bahwa unsur utama dari jenis seni tari ini adalah gerak tubuh manusia sebagai penarinya.

Cabang Seni Tari

Mengenai keindahan cabang seni yang satu ini terletak pada kepuasan dan juga kebahagiaan sang penari serta orang yang menontonnya. Seni tari ini terdiri dari beberapa macam sebagai berikut:

  • Tari modern
  • Tari tradisional
  • Tari kreasi baru
  • Tari klasik, dan lain-lain

Unsur Seni Tari

Unsur-unsur seni tari terdiri dari unsur keindahan tari, penilaian tari dan tari itu sendiri dengan penjabarannya sebagai berikut:

1. Unsur Keindahan Tari meliputi gerak, iringan (bisa iringan internal dan juga iringan eksternal), tata rias, tata busana, tema serta tempat

2. Unsur Penilaian Tari yang terdiri dari wiraga, wirama dan wirasa. Wiraga adalah dasar wujud lahiriah anggota badan yang diikuti oleh keterampilan gerak. Wirama adalah pola untuk mencapai suatu gerakan harmonis. Wirasa adalah tingkatan penghayatan atau penjiwaan tarian

3. Unsur Tari yang meliputi ide, harmoni dan irama




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.