Pengertian Fashion : Stylist, Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Di Indonesia sendiri, istilah fashion digunakan untuk mengatakan model berpakaian terbaru. Oleh sebab itu, maka banyak toko pakaian yang memakai kata fashion di belakang nama toko. Hal ini demi menunjukan intensitas bahwa toko tersebut menjual produk pakaian terupdate dan kekinian. Namun tidak dapat disangkal, bahwa kemudian istilah ini dapat menjadi modal promosi yang cukup ampuh untuk menjual pakaian.

Sejarah Fashion

Berdasarkan pada sejarah perkembanganya, fashion merupakan suatu lambang dari terjadinya fase perubahan budaya dalam suatu kelompok. Selain itu, fashion juga bisa menjadi ukuran untuk menentukan status sosial dan lain sebagainya. Pada awal tahun 1000 Masehi, fashion di Eropa bergaya klasik dengan ciri khas seperti baju berukuran besar. Hal ini tidak terlepas dari adat dan budaya Eropa pada masa itu, yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.

Sedangkan pada zaman modern sekarang ini, nyaris setiap bangsa dan negara seperti sedang berlomba-lomba menciptakan trend-nya masing-masing. Umumnya, setiap negara memiliki ciri khas, presepsi dan pandangan yang berbeda mengenai fashion. Sehingga perkembangan desain fashion juga menjadi tidak terbatas.

Pengertian Fashion Stylist

Meskipun profesi sebagai seorang fashion stylist cukup terkenal, namun faktanya masih banyak orang yang tidak mengetahui makna sebenarnya. Pengertian fashion stylist ditujukan kepada seseorang yang berpofesi sebagai perancang busana. Bidang pekerjaan ini memang terbilang sangat menjanjikan, bukan hanya mengenai keuntungan finansial namun juga popularitas. Terlebih jika kliennya adalah tokoh ternama atau public figure. Di Indonesia sendiri, ada banyak fashion stylist muda handal yang bahkan sudah go internasional.

Sebagai seorang fashion stylist, hal mendasar yang harus Anda kuasai adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan trend mode dan perkembanganya. Karena seorang stylist professional dituntut untuk bisa menciptakan tampilan yang matching dan juga indah. Contohnya saja dalam membuat konsep rancangan busana mulai dari membuat pola hingga memilih berbagai warna, corak dan asesoris yang cocok.

Pengertian Fashion Secara Umum

Fashion atau yang juga dikenal dengan sebutan fesyen atau mode di Indonesia merupakan sebuah gaya yang merujuk pada cara berpakaian yang sedang trend atau populer dalam masyarakat pada suatu budaya tertentu. Sedangkan pengertian fashion secara umum bisa diartikan sangat beragam, karena meliputi seni, bahasa, arsitektur dan juga masakan. Meskipun dalam kesehariannya, istilah ini lebih sering ditujukan untuk menyebutkan gaya berpakaian atau busana.

Pengertian Fashion Secara Etimologi

Etimologi adalah sebuah cabang dari ilmu linguistik yang khusus mempelajari dan mendalami asal usul dari sebuah kata. Ditelisik secara etimologi, fashion ternyata belum terdaftar di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sehingga menggunakan istilah mode sebagai sebutan resmi.

Mode sendiri memiliki makna yang cukup beragam untuk menyebutkan suatu bentuk atau gaya terbaru dalam masa tertentu. Mode ini meliputi banyak hal seperti potongan rambut, tata busana, jenis perhiasan dan banyak lagi macamnya. Karena hal ini berkaitan penampilan seseorang maka tidak heran jika mode yang digunakan oleh seseorang dapat menjadi cerminan dari penggunanya. Selain itu, memang sudah menjadi sifat alami manusia untuk memilih barang atau gaya sesuai karakter atau kepribadiannya.

Pengertian Fashion Menurut Para Ahli

Sebagai sebuah istilah yang kerap ditujukan untuk mengekspresikan bentuk perkembangan zaman, pengertian fashion menurut para ahli juga sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa teori dan statement para ahli mengenai fashion.

Thomas Karlyle

Menurut Karlyle; “Pakaian adalah perlambang dari jiwa. Pakaian tidak dapat dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia”. Dengan kata lain, fashion dapat diartikan sebagai kulit segi sosial yang mengandung pesan dan juga cara hidup individu maupun komunitas tertentu yang menjadi bagian dari kultur sosial.

Di samping itu, fashion juga bisa menunjukan identitas dari pemakainya. Oleh karena itu, wajar jika banyak kalangan yang menjadi sangat peduli dengan mode yang mereka kenakan. Sebab hal ini dianggap bisa berdampak pada nilai diri mereka dihadapan publik. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu alasan mengapa fashion menjadi sangat penting dalam perkembangan kehidupan manusia.

Malcolm Barnard

Barnard menyatakan, bahwa dilihat dari sisi etimologi maka kata fashion ini berhubungan erat dengan sebuah kata dari bahasa Latin, yaitu factio yang memiliki arti “membuat”. Oleh karena itu, maka fashion merupakan sebuah aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang. Namun saat ini, tampaknya telah terjadi penyempitan pada makna. Karena hari ini fashion lebih mengarah pada suatu mode yang dipakai oleh individu atau kelompok seperti busana dan perhiasannya. Meskipun sebenarnya fashion memiliki definisi sebagai satu bentuk, jenis, tata cara atau tindakan.

Polhemus dan Procter

Menurut Polhemus dan Procter, kalangan masyarakat di dunia barat menyebutkan fashion sebagai istilah untuk menunjukan gaya, busana serta dandanan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila kemudian pada perkembanganya makna fashion hanya dianggap sebagai suatu trend busana dan gaya. Yang mana lebih berfokus terhadap penampilan fisik seseorang dan juga kecantikan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.