Pengertian Konsep Adalah Arti Definisi Menurut Para Ahli, Fungsi dan Unsur-Unsur

Apa yang dimaksud dengan konsep? Secara etimologis, kata konsep berasal dari bahasa Latin yaitu โ€œconceptumโ€ yang artinya sesuatu yang dapat dipahami. Sedangkan untuk definisi konsep lainnya yaitu serangkaian pernyataan, gagasan, atau ide yang saling berkaitan mengenai suatu peristiwa atau kejadian dan dapat menjadi sebuah petunjuk atau dasar dalam melakukan sebuah penelitian.

Konsep atau anggitan merupakan abstrak, entitas mental yang sifatnya universal sehingga menunjuk pada kategori ataupun kelas dari suatu entitas, hubungan atau kejadian. Konsep juga merupakan abstrak dari sebuah ide ataupun gambaran mental, dan untuk menyatakannya bisa menggunakan sebuah simbol atau kata. Dan ada juga pengertian lainnya mengenai konsep yaitu suatu representasi intelektual atau sesuatu yang umum dari akal pikiran, situasi, objek atau peristiwa, gambaran mental atau suatu ide.

A. Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Para ahli juga memiliki definisinya sendiri mengenai konsep, yaitu:

1. Bahri

Konsep merupakan suatu arti yang dapat mewakili sejumlah objek dengan ciri-ciri yang sama. Seseorang yang mempunyai konsep maka mampu membuat abstraksi terhadap suatu objek yang dihadapinya, maka dari itu objek-objek dapat di tempatkan pada golongan tertentu. Selain bisa dilambangkan dengan bentuk kata, objek tersebut juga dapat dihadirkan dalam kesadaran orang dengan bentuk representasi mental yang tidak berperaga.

2. KBBI

KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa konsep adalah:

  • Suatu rancangan atau buram surat dan lainnya.
  • Suatu ide atau pengertian yang diabstrakkan dari adanya suatu peristiwa yang konkret.
  • Merupakan gambaran mental dari sebuah proses, objek, atau apapun itu yang ada di luar bahasa yang akal gunakan agar dapat memahami hal-hal lainnya.
3. Aristoteles

Menurut buku โ€œthe classical theory of conceptsโ€ yang dibuat oleh Aristoteles, menyebutkan bahwa konsep adalah penyusunan utama dalam pembentukan filsafat pemikiran manusia dan pengetahuan ilmiah.

4. Singarimbun dan Effendi

Pengertian konsep menurut para ahli yang selanjutnya adalah suatu generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, jadi bisa digunakan untuk menggambarkan berbagai fenomena sejenis atau yang sama.

5. Soedjadi

Merupakan ide abstrak yang bisa digunakan untuk membuat klasifikasi (penggolongan) yang secara umum dapat dinyatakan dengan suatu rangkaian katau atau istilah.

6. Woodruf

Woodruf mengatakan bahwa konsep adalah gagasan atau ide yang memiliki makna, produk subjektif yang berasal dari seseorang dalam membuat suatu pengertian terhadap benda-benda atau objek berdasarkan pengalamannya, dan suatu pengertian tentang objek.

7. Umar

Teori-teori yang berkaitan dengan suatu objek. Karena dengan menggolongkan atau mengelompokkan objek dengan ciri yang sama, konsep dapat tercipta.

8. Mory Cooper

Konsep merupakan suatu kumpulan proposisi, konsep, definisi dan juga variabel yang saling berkaitan dan tersusun secara sistematis dan juga sudah digeneralisasi sehingga dapat menjelaskan suatu fenomena atau fakta tertentu.

9. Wikpedia Bahasa Indonesia

Dan menurut Wikipedia bahasa Indonesia, konsep adalah abstrak, entitas yang sifatnya universal yang mengacu kepada kategori ataupun kelas dari suatu entitas, suatu kejadian atau hubungan.

B. Fungsi Konsep

Secara garis besarnya, fungsi konsep yaitu dapat memberikan gambaran atau penjelasan mengenai sebuah hal. Penjelasan mengenai fungsi dari konsep yaitu:

1. Fungsi Kognitif

Kemampuan manusia untuk bisa berpikir secara optimal selama hidupnya. Dengan adanya konsep, maka fungsi kognitif manusia pun bisa menjadi lebih baik.

2. Fungsi Evaluatif

Proses evaluatif digunakan sebelum membuat konsep. Proses ini memiliki tujuan untuk menentukan nilai suatu hal.

3. Fungsi Operasional

Fungsi operasional dapat lebih efektif, menjadi lebih mudah dan juga efisien dengan adanya konsep ini.

4. Fungsi Komunikasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa dalam membuat suatu konsep maka adanya proses komunikasi dan proses komunikasi inilah yang terdapat berbagai penjelasan, ide, gagasan dari suatu peristiwa atau benda.

C. Unsur-Unsur Pada Konsep

Ada beberapa unsur penting yang ada pada konsep, antara lain yaitu:

1. Nama

Digunakan untuk menjelaskan suatu gagasan atau ide.

2. Contoh

Dalam menyampaikan suatu gagasan atau ide, maka diperlukan contoh analisis yang membandingkan contoh baik berupa negatif dan positif beserta dengan karakteristiknya.

3. Karakteristik Pokok

Unsur ini digunakan untuk menciptakan dan juga menentukan suatu contoh dalam kategori tertentu yang termasuk konsep atau bukan konsep.

4. Rentang Karakteristik

Dan yang dimaksud dengan unsur ini ialah konsep yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dan memiliki rentang karakteristik sehingga dapat membatasi konsep tersebut, diantaranya:

โ€ข Superordinat

Suatu konsep yang berhubungan dengan konsep lainnya

โ€ข Koordinat

Konsep yang punya kedudukan setara dan saling berkaitan dengan konsep yang lainnya.

โ€ข Subordinat

Sub-kategori dari sebuah konsep.

Demikian informasi mengenai konsep, mulai dari pengertian, fungsi dan unsur-unsurnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda ya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.