Jenis-Jenis Pekerjaan Beserta Gambarnya

Macam Jenis Profesi Pekerjaan dan Gambarnya – Bekerja menjadi salah satu cara manusia dalam mempertahankan hidupnya dan pekerjaan adalah sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan uang. Pekerjaan dibedakan menjadi 2 macam yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa. Ada banyak jenis pekerjaan atau profesi yang dapat dipilih dan dijalani oleh setiap orang sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.

Macam Macam Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa :

1. Dokter

Gambar DokterBanyak anak-anak kecil yang bercita-cita menjadi dokter, dokter memang memberikan pelayanan jasa dalam menyembuhkan orang-orang sakit. Tentu saja pekerjaan tersebut merupakan suatu perkerjaan yang sangat mulia. Tapi untuk menjadi seorang dokter, seseorang harus menempuh pendidikan terlebih dahulu karena pekerjaan menjadi dokter ini berhubungan dengan nyawa manusia sehingga tidak bisa sembarangan dilakukan.

2. Guru

Gambar GuruGuru sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena jasanya yang besar dalam mendidik dan mengajarkan murid-murid agar bisa pintar dan sukses kelak. Selain mendidik dan mengajar, tugas lain dari seorang guru yaitu melatih, menilai, membimbing, mengarahkan, lalu mengevaluasi hasil atau ilmu yang sudah diajarkan pada muridnya.

3. Tukang cukur

Gambar Tukang CukurMenjadi tukang cukur tidak harus melewati pendidikan khusus tetapi pekerjaan yang berhubungan dengan jasa cukur rambut ini membutuhkan keahlian tertentu. Jasa yang diberikan oleh tukang cukur adalah memberikan pelayanan dalam mencukur rambut serta merapikan rambut sesuai keinginan pelanggan.

4. Sopir (pengemudi)

Gambar DriverJenis sopir yang bisa dijadikan profesi misalnya sopir angkutan umum atau sopir pribadi, sama halnya dengan tukang cukur, sopir juga memerlukan keahlian khusus yaitu menyetir kendaraan dengan baik dan mengantarkan penumpang ke tempat yang dituju. Lisensi mengemudi kendaraan bisa diperoleh secara otodidak atau pada tempat kursus mengemudi dengan kemudian nantinya mendapatkan SIM dari kepolisian. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan banyak juga anak-anak SMA yang menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan.

5. Polisi

Gambar PolisiPolisi disebut sebagai pengemban tugas negara dalam menegakkan hukum dan mencegah atau menghapus kejahatan yang sering kali terjadi di kehidupan sehari-hari . Jenis jasa yang diberikan polisi pada masyarakat adalah menjaga keamanan dan ketertiban kehidupan masyarakat, memberi pengayoman, perlindungan, dan pelayanan pada masyarakat.

6. Pramugari

Gambar Pramugari MuslimahPramugari merupakan salah satu kru pesawat yang bertugas melayani penumpang selama berada di dalam pesawat dan selama perjalanan. Pelayanan jasa yang biasa diberikan pramugari pada penumpang diantaranya menyediakan makanan dan minuman, memberi penjelasan mengenai prosedur keamanan di pesawat, dan lain-lain.

Macam – macam Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang

1. Nelayan

Gambar NelayanNelayan adalah orang yang menangkap ikan di lautan dan membawa ikan tersebut ke daratan untuk dijual kepada konsumen. Nelayan memiliki wilayah pekerjaan di sekitar perairan baik perairan tawar, laut, maupun air payau. Cara nelayan menangkap ikan di lautan bisa menggunakan alat manual ataupun modern.

2. Penulis

Gambar PenulisPenulis adalah seorang yang bekerja dengan cara menulis sebuah konten yang dapat diperjual belikan. Tetapi penulis juga bisa di kategorikan sebagai Pekerjaan Jasa karena penulis juga bisa disewa jika client meminta untuk dibuatkan tulisan sesuai permintaannya. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seorang yang mampu merangkai kata-kata sehingga enak dan menarik untuk dibaca.

3. Percetakan

Gambar Foto CopyJenis pekerjaan yang menghasilkan barang lainnya yaitu percetakan, pekerjaan ini berhubungan dengan memproduksi gambar ataupun tulisan menggunakan mesin cetak atau tinta. Pada umumnya barang yang dihasilkan oleh percetakan ini berupa buku, majalah, koran, poster, dan lain sebagainya.

4. Tukang kayu

Gambar Tukan MebelProfesi tukang kayu juga sedang mengalami peningkatan karena banyak sekali produk atau barang yang dihasilkan dari kayu yang digunakan oleh banyak orang misalnya lemari, tempat tidur, kusen, kursi, bahkan atap rumah. Hasil dari furnitur berbahan kayu ini juga bahkan ada yang sampai diimpor ke luar negeri karena memiliki corak dan bahan yang bagus.

5. Penjual makanan

Gambar RestoranDunia kuliner sudah sangat akrab di kehidupan kita karena semakin banyaknya jenis makanan yang beragam yang dijual oleh orang-orang. Menjajakan makanan juga termasuk pada pekerjaan yang mengasilkan barang dan barang yang dihasilkannya adalah makanan yang dikonsumsi pembelinya contohnya tukang siomay, tukang bakso, tukang gorengan atau ibu-ibu yang menjual masakan di warteg.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.