Pengertian Media Sosial : Sejarah, Jenis, Ciri Ciri dan Fungsi Tujuan

Pengertian Media Sosial – Pada saat ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Sosial media merupakan salah satu kecanggihan yang bisa kita gunakan untuk berbagi pengalaman, mengirim pesan, atau bahkan melakukan Video Call kepada teman ataupun kerabat.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali sosial media baru yang bermunculan. Lantas, apakah anda tahu arti dari kata Sosial Media? Apakah Sosial Media itu? Bagaimana Ciri – Ciri dari Sosial Media? Mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Sosial Media merupakan sebuah media online yang para pengunanya bisa melakukan berbagai macam hal dengan mudah seperti berpartisipasi, berbagi, jejaring sosial, wiki, forum, dunia virtual, dan lain sebagainya.

1. Sejarah Dan Pengertian Media Sosial

Sosial media awalanya terbentuk ada tahun 1978 dari penemuan sistem papan buletin. Sistem papan buletin di temukan oleh Ward Chirtensen dan randy Suess yang merupakan pecinta komputer. Sistem papan buletin ini memiliki fungsi untuk mengunggah atau mengunduh ataupun berkomunikasi menggunakan surat elektronik yang harus di hubungkan melalui koneksi internet.

Pada tahun 1995, munculah situs bernama Geo Cites, situs yang menjadi tonggak dari berdirinya website – website lain. Situs ini melayani web hosting seperti penyewaan penyimpanan data – data agar bisa di akses dari mana saja.

Tahun 1997, muncul situs jejaring sosial pertam yaitu Sixdegree.com. setelah itu lahirlah situs untuk membuat blog pribadi yaitu Blogger pada tahun 1999. Situs ini menawarkan penggunanya untuk membuat sebuah halaman di situsnya sendiri. Kelebihannya, Anda bisa menulis hal tentang apapun, bahkan hal pribadi ataupun untuk pemerintahan.

Pada tahun 2002, berdirillah situs jejaring sosial bernama friendster. Disusul dengan Linkedln pada tahun 2003. Situs tersebut bukan hanya untuk bersosial, tapi juga untuk mencari pekerjaan. Ditahun yang sama juga hadir situ bernama MySpace.

Tahun berikutnya, muncul situs jejaring sosial yang masih eksis hingga saat ini yaitu Facebook. Dua tahun kemudian, muncul jejaring sosial bernama Twitter yang memilik keunikan tersendiri karena pengguna twitter hanya bisa mengupdate status maksimal 140 karakter. Pada tahun 2007, lahirnya Wiser yag bertepatan dengan peringatan Hari Bumi yaitu tanggal 22 April 2007.

Dan pada tahun 2011, lahirlah situs jejaring sosial bernama Google+. Namun, dulunya pada saat awal peluncuran google+ hanya sebatas pada orang yang memang telah di invite oleh google. Kemudian, google meluncurkan google plus secara umum.

2. Ciri – Ciri Media Sosial

Kebanyakan orang, tahu media soisal dari teman ataupun kerabat. Namun, media sosial memiliki ciri – ciri khusus yang bisa anda cermati pada ulasan beriut ini :

  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang, melainkan anda bisa mengaturnya sendiri seperti hanya kepada teman, kelompok tertentu, atau bahkan semua orang melalui internet.
  • Pesan yang di kirim lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya. Media sosial merupakan alat yang paling instan untuk mengirim pesan. Tidak seperti halnya mengirim pesan dan menuangkannya kedalam secarik surat, kemudian di kirim melalui kantor pos bisa memerlukan waktu berhari – hari atau bahkan berminggu- minggu.
  • Pesan yang kita sampaikan bebeas tanpa adanya syarat yang rumit. Namun, saat ini sudah ada undang – undang IT yang mengatur dan menentukan peraturan yang ada di dunia internet. Bebas disini bukan bebas melakukan sesuatu yang semena –mena, melainkan anda bebas mengirim pesan kepada siapapun dengan sikap yang sopan dan santun.

3. Jenis – Jenis Media Sosial

Banyak sekali media sosial yang bisa anda gunakan untuk keperluan tertentu. Namun, diabawah ini adalah media sosial yang paling populer dan banyak sekali penggunanya sehingga sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya.

4. Fungsi dan Tujuan Media Sosial

Media sosial memiliki peran penting bagi mayrakat yang sedang menekuni Bisnis Online. Pengguna sosial media yang aktif setiap harinya bisa mencapai ratusan juta pengguna. Hal tersebut bisa kita manfaatkan sebagai media promsi produk yang kita jual. Penguna sosial media bisa menjadi target utama anda untuk menghasilkan uang dengan cara berjualan di dunia internet.

Bukan hanya sebagai bisnis saja, media sosial juga bisa anda gunakan sebagai tempat pertemanan dengan orang lain yang ada di indonesia, atau bahkan di seluruh dunia, contohnya saja facebook. Facebook merupakan media sosial yang paling banyak di minati di seluruh dunia. Sehingga anda bisa berkenalan dengan pengguna Facebook lainnya melalui fitur pesan yang ada.

Selain daripada itu, media sosial juga berperan dalam membangun hubungan dengan teman, keluarga secara jarak jauh karena media sosial memiliki jangkauan yang luas atau global.

Sekian artikel dari Saya. Semoga bermanfaat dan termia kasih telah berkunjung.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.