Sejarah Internet di dunia dan indonesia lengkap – Internet (interconnection-networking) adalah sebuah jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar suite (TCP/IP). Internet memiliki sejarah perkembangan yang panjang untuk di bahas. Apalagi internet di indonesia juga semakin sering digunakan.

Baca Juga : Penjelasan Sejarah Internet di Dunia Lengkap

Sejarah Internet

1. Awal perkembangan

Awal mulanya Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk sebuah jaringan komputer melalui proyek yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah hardware dan software berbasis UNIX mampu melakukan komunikasi dalam jarak tak terhingga melalui saluran telepon.

2. Lahirnya TCP/IP

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan beserta kehandalannya dan menguji seberapa besar paket informasi dapat dipindahkan. Akhirnya semua itu menghasilkan sebuah ketentuan standar yang disebut sebagai TCP (Transmission Control Protocol/Internet Prototcol).

Tujuan awal proyek ARPANET adalah untuk kepentingan militer. Sejarahnya adalah saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DARPA) membuat sebuah sistem jaringan komputer yang disebar pada daerah viral. Hal itu untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir serta berguna untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang dapat dihancurkan dengan mudah.

3.Β DARPA Internet

Setelah berkembang akhirnya DARPA membagi jaringan untuk Militer dan non militer. Jaringan militer dinamakan Milnet dan non militer dinamakan ARPANET yang menghubungkan universitas – universitas. Dua jaringan tersebut biasa disebut sebagai DARPA Internet atau biasa disebut Internet.

Baca Juga :Β Pengertian Internet Menurut Para Ahli Secara Umum

Sejarah internet di Indonesia

Sejarah awal internet di Indonesia mulai sejak 1990-an. Berdasarkan catatan WHOIS ARIN dan APNIC, protokol internet (IP) pertama dari indonesia berasal dari UI-NETLAB (192.41.206/24) yang didaftarkan oleh universitas indonesia pada tanggal 24 Juni 1988.

Baca Juga :Β Manfaat Fungsi Internet Secara Umum

Tokoh Legendaris awal perkembangan internet di Indonesia

Dedikasi para pengembang internet di Indonesia sudah muncul seperti RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo. Mereka adalah nama tokoh legendaris yang berkontribusi terhadap perkembangan internet di Indonesia. Ke 8 tokoh tersebut berkontribusi sejak tahun 1992 sampai 1994.

Baca Juga :Β Jenis Jenis Jaringan Internet Dan Fungsinya

Hingga saat ini, perkembangan internet di dunia dan di indonesia masih terus diperbaharui guna meningkatkan keamanan berkomunikasi dan bahkan bertransaksi.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.