Home Teknologi Android Sejarah Internet di Dunia Lengkap

Sejarah Internet di Dunia Lengkap

Sejarah Internet

Sejarah Internet – Internet merupakan salah satu aspek penting yang mana dalam beberapa tahun terakhir ini sudah banyak dijadikan sebagai salah satu kebutuhan atau konsumsi oleh sebagian besar masyarakat diseluruh dunia, termasuk bagi diri anda sendiri. Pasalnya, internet akhir-akhir ini lebih disikapi secara menyeluruh dengan eksistensinya sebagai aspek yang bersifat semi-primer, atau hampir disamakan dengan beberapa objek pokok yang sering digunakan banyak orang.

Baca Juga : Pengertian Internet

Selain itu, internet tentunya memiliki sejumlah persamaan dengan beberapa objek lainnya didalam kehidupan manusia sekitar. Hal ini dikarenakan keberadaan dari jaringan komputer tersebut tersimpan beberapa sejarah, sekaligus catatan penting yang harus dicerna dan diketahui secara menyeluruh oleh semua penggunanya, baik dari kalangan belia maupun lanjut sekalipun tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk dari kemunculan internet dan jaringan tersebut.

Baca Juga : Fungsi Internet

Sejarah Internet Secara Umum dan Kehadiran Jaringan di Indonesia Dunia Lengkap Secara Singkat

Secara umum, internet merupakan salah satu jaringan komputer yang dalam beberapa tahun terakhir diimplementasikan kedalam lingkungan sosial yang ada diseluruh dunia, baik dari kaum muda maupun tua sudah tidak asing lagi dengan kehadiran dari salah satu objek yang ada didalam jaringan komputer tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena banyak sekali sejarah dan catatan penting yang terangkum secara ringkas yang perlu anda ketahui lebih jelas.

Pertamakali Internet Di Dirikan

Internet pada awalnya merupakan sebuah jaringan yang ada didalam komputer, serta keberadaannya merupakan salah satu ide pemikiran matang yang dianalisa oleh beberapa orang yang ada didalam Departemen Pertahanan yang ada di Amerika Serikat. Selain itu, kemunculannya pertama kali diperkenalkan dan dimulai tahun 1969, dimana pada saat itu diluncurkan melalui sebuah hasil rancangan yang bernama ARPA, yang menjadi cikal bakal dari kehadiran internet.

Selain itu, ARPA tersebut lebih dikenal dengan nama ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network, yang mana beberapa dari pihak pencetusnya lebih dominan untuk menjalankan sistem komputer dan internet dengan berbasis UNIX. Hal tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan, dimana sistem UNIX tersebut bertujuan untuk memberikan jangkauan yang jauh lebih mudah dalam komunikasi, termasuk dari jaringan telepon sekalipun.

Tujuan Awal Internet

Kemudian, kehadiran dari internet tersebut pertama kali diciptakan hanya untuk membangun, sekaligus mempertahankan proyek yang didasari untuk keperluan militer, baik di Amerika Serikat (sebagai Negara penciptanya) maupun negara-negara lainnya diseluruh dunia. Keberadaan dari internet pada saat itu bukan hanya dijadikan sebagai sistem komunikasi untuk mengakses jaringan dunia maya saja (tentunya tidak secanggih sekarang).

Saat itu, keberadaan dari internet lebih dominan untuk digunakan sebagai sarana penghubung antara sistem kinerja dari militer, misalnya dengan proyek nuklir yang dirancang sebagai alat tempur untuk perang, yang dilandasi dari Departemen Pertahanan di Amerika Serikat, atau yang dikenal dengan nama USA Department of Defense. Selain itu, kinerjanya saat itu masih disangkut pautkan dengan ARPANET sebagai menjadi jaringan utamanya

Lalu, jaringan internet yang pertama kalinya populer di Amerika Serikat merupakan salah satu kinerja yang berlandaskan dari ARPANET. Dimana, pada saat itu keberadaannya sudah terakses ke seluruh jagat raya, termasuk di Indonesia yang mana beberapa waktu awalnya hanya bisa mengakses sekitar 4-5 situs saja. Β Internet terdahulu ini sistemnya sudah terakses pada mulai pada tahun 1969.

Namun, disamping itu perlu diketahui lebih menyeluruh jika ARPANET pada tahun-tahun tersebut masih dijadikan sebagai β€˜primadona’ atau jaringan internet pertama yang membuat gempar dunia. ARPANET mulai diperkenalkan ke sejumlah Negara di dunia secara itensif selama 3 tahun berselang atau ketika mulai tahun 1972, tepatnya pada bulan Oktober. Keberadaan dari ARPANET ini sudah mulai berkembang dan menguat dibeberapa daerah diseluruh kawasan Amerika Serikat.

Tersebarnya penggunaan Internet Dunia

Kemudian, setelah mendunianya ARPANET, penggunaannya tidak hanya di bidang militer saja, namun kini mendunia menjadi kebutuhan diluar dunia militer. Sebelum Namanya menjadi internet, ARPANET terpecah terlebih dahulu menjadi MILNET dan ARPANET, meskipun begitu kedua jaringan ini saling berhubungan/interkoneksi. Kemudian, lama kelamaan jaringan yang saling berhubungan itu disebut dengan nama DARPA hingga sekarang disebut dengan istilah internet.

Internet pada saat ini menjadi peranan yang sangat penting dalam dunia informasi dan komunikasi. Hal tersebut dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan membuat jejaring sosial seperti Facebook dan juga membuat situs informasi seperti Wikipedia dan sejenisnya. Bisa dilihat sendiri masyarakat sekarang ini sudah terbantu dengan adannya internet, hal tersebut membuat internet juga bisa dijadikan sumber bisnis yang menguntungkan.

Baca Tutorialnya : Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Sangat direkomendasikan sekali jika anda juga ikut berperan dengan menyumbangkan konten di internet. Karena keuntungan tidak hanya bermanfaat bagi orang lain tetapi anda juga bisa mendapatkan hasil materi yang banyak dan saling menguntungkan dari internet.

5/5 (1)

Please rate this