Internet, Intranet, Ekstranet Pengertian dan Perbedaan

Di era serba modern sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang umum digunakan hampir semua orang. Sedangkan jaringan intranet adalah jaringan privasi atau privat network yang berguna untuk komunikasi data serta berbagi informasi di area tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diberikan ulasan tentang internet, intranet dan juga ekstranet selengkapnya.

A. Pengertian Internet

Internet diambil dari kata Interconnection Networking yang berarti hubungan komputer dengan banyak tipe yang kemudian membentuk sistem jaringan untuk seluruh dunia atau jaringan komputer global dengan jalur telekomunikasi seperti radio link, telepon, satelit dan sebagainya.

Untuk mengatur integrasi serta komunikasi, maka dipakai protokol TCP/IP. Transmission Control Protocol atau TCP berfungsi untuk memastikan jika seluruh hubungan bisa bekerja dengan baik. Sementara Internet Protocol atau IP berguna untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.

TPC/IP jika dilihat secara umum berguna untuk memilih mana rute transmisi data yang paling baik, memilih rute alternatif apabila sebuah rute tidak bisa dipakai, mengatur serta mengirimkan paket pengiriman data.

Supaya bisa memakai fasilitas internet, maka umumnya pengguna harus berlangganan ke salah satu ISP [internet Service Provider] di kota yang ditempati. ISP tersebut umumnya dinamakan dengan penyelenggara jasa internet atau sebagai contohnya pengguna juga bisa memakai fasilitas dari Telkom bernama Telkomnet Instan.

Dengan menggunakan internet, maka penggunaan komputer di seluruh dunia bisa terjadi sehingga akan saling berkomunikasi serta memungkinkan pemakaian bersama dengan cara mengirim email, menghubungkan ke komputer lain, mengerim serta menerima file, membahas sebuah topik di newsgroup dan masih banyak lagi.

1. Kegunaan Internet

Jika dilihat secara umum, internet memiliki banyak manfaat untuk mendukung aktivitas sehari hari, seperti:

a). Memberikan Informasi Untuk Kebutuhan Pribadi

Kegunaan pertama dari internet adalah untuk memberikan informasi untuk kehidupan pribadi seperti rekreasi, kesehatan, hobi, pengembangan pribadi, sosial, rohani dan sebagainya.

b). Mempermudah Proses Sistem Akademik

Internet tidak hanya sebatas dunia hiburan atau komunikasi, namun juga dipakai dalam bidang pendidikan khususnya untuk mengaturan sistem administrasi. Nantinya, internet bisa mempermudah proses mengurus data serta dokumen akademik di semua lembaga pendidikan.

c). Membantu Bisnis dan Usaha

Internet juga memiliki kegunaan penting yang biasa disebut dengan Internet of Things. Ini merupakan konsep baru untuk memperluas fungsi serta manfaat jaringan internet. Fokus utamanya adalah mencakup hampir semua aspek kehidupan bersifat nyata seperti dipakai untuk bisnis dan usaha.

2. Contoh Internet

Beberapa contoh dari internet diantaranya adalah:

  • Email: Surat elektronik yang berguna untuk mengirim surat dan menjadi layanan internet pertama di dunia yang berguna untuk memudahkan proses mengirim surat.
  • E-Commerce: Internet yang dipakai untuk kepentingan ekonomi seperti toko online sehingga anda bisa tetap berbelanja dengan cara online.
  • E-Banking: Berguna untuk membantu proses transfer uang secara cepat dan aman dan kapan saja.
  • E-Learning: Sistem pembelajaran elektronik sehingga peserta didik dan guru tidak harus bertemu langsung namun dilakukan dari jarak jauh.
  • E-Government: Bentuk layanan pemerintah untuk masyarakat dengan cara memanfaatkan teknologi informasi.

B. Pengertian Ekstranet

Ekstranet merupakan jaringan pribadi memakai protokol internet serta sistem telekomunikasi publik untuk berbagi sebagian informasi bisnis atau operasi dengan cara yang aman pada penyalur atau supplier, penjual atau vendor, mitra atau partner dan berbagai pelanggan lain.

Ekstranet bisa diartikan juga sebagai intranet di dalam perusahaan yang diperbesar untuk pengguna di luar dari perusahaan. Untuk perusahaan yang membangun ekstranet bisa saling bertukar data bervolume besar dengan Electronic Data Interchange atau EDI dan berkolaborasi dengan perusahaan lainnya dalam sebuah jaringan kerjasama dan lainnya.

1. Kegunaan Ekstranet

Ekstranet merupakan model sukses untuk semua jenis bisnis, baik itu besar atau kecil. Manfaat atau kegunaan dari ekstranet sendiri tidak hanya bisa dirasakan para karyawan, namun juga untuk penyalur atau supplier, mitra bisnis dan juga pelanggan, seperti:

  • Memudahkan pertukaran informasi.
  • Untuk file server.
  • Sebagai media informasi perusahaan.
  • Untuk membangun kemitraan bisnis digital.
  • Untuk membangun sebuah industri ekstranet.
  • Untuk meningkatkan efektivitas bisnis.
  • Untuk memperluas jaringan lokal perusahaan.

2. Contoh Ekstranet

Untuk contoh penggunaan ekstranet adalah di rakan kongsi perniagaan sebab pemakaiannya memperbolehkan terjadinya pertukaran maklumat bisa dilakukan secara efisien. Sementara untuk contoh aplikasi yang bisa dipakai untuk ekstranet adalah Lotus Notes.

Contoh Internet, Ekstranet, Intranet

C. Pengertian Intranet

Intranet merupakan suatu jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, namun dipakai pada internal perusahaan, kantor dan juga untuk warnet. Di antara intranet, nantinya bisa saling berkomunikasi lewat sambungan internet sebagai inti dari komunikasi jarak jauh. Namun untuk intranet tidak diperlukan sambungan luar ke internet supaya bisa berfungsi dengan baik.

Intranet memakai seluruh protocol TCP/IP, alamat IP serta beberapa protokol lain seperti SMTP, FTP atau POP3 yang menjadi komponen protokol yang paling sering dipakai. Sebuah intranet bisa diartikan sebagai jaringan internet versi pribadi atau versi internet sebuah organisasi.

Apabila sebuah institusi, badan usaha atau bisnis ingin mengekspos sebagian internal jaringan ke komunitas di luar, maka ini dinamakan dengan ekstranet. Badan usaha atau perusahaan bisa memblokir akses ke intranet lewat router serta meletakkan firewall.

Firewall sendiri adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang berguna untuk mengatur akses seseorang ke intranet. Proteksi akan dilakukan lewat banyak parameter jaringan baik itu IP address, nomor port dan masih banyak lagi.

1. Kegunaan Intranet

Pada dasarnya, fungsi dari intranet tidak jauh berbeda dengan internet. Di intranet juga dipakai Web, email dan sebagainya sama seperti internet. Berikut adalah beberapa kegunaan dari intranet:

  • Meningkatkan produktivitas kerja: Dengan memakai intranet, maka semua orang yang ada di dalam perusahaan atau organisasi bisa memperoleh informasi sehingga bisa menunjang peran mereka di dalam organisasi atau perusahaan.
  • Lebih efisien biaya dan waktu: Karena produktivitas kerja yang semakin baik, maka akan ada juga penghematan dari segi waktu dan biaya karena semuanya berjalan dengan efektif.
  • Memudahkan komunikasi: Intranet juga bisa membantu dalam proses komunikasi antar divisi di dalam perusahaan atau organisasi baik itu secara vertikal atau horizontal.
  • Operasi dan manajemen: Intranet juga akan sangat membantu dalam proses operasional dan pengambilan keputusan secara internal atau organisasi.

2. Contoh Intranet

  • General Intranet Homepage [Beranda Intranet Umum]: Selain bisa mewakili branding korporat organisasi, intranet bisa digunakan sebagai general intranet homepage yang bisa digunakan para karyawan untuk melihat berbagai tool yang dibutuhkan karyawan dalam satu tampilan saja. Tombol utama merupakan call to action yang bisa dipakai karyawan untuk mengakses chat secara online.
  • Jaringan komputer antara kampus.
  • Jaringan antar komputer di sekolah.
  • Jaringan antara komputer di perusahaan atau perkantoran.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.