Pengertian Jaringan Komputer Sejarah, Jenis dan Manfaat

Saat ini perkembangan internet semakin maju dan masyarakat tidak bisa dipisahkan dari jaringan internet misalnya penggunaan wifi. Pada dasarnya, agar wifi lancar maka jaringan internet dan Komputer harus bisa berjalan atau berfungsi dengan baik. Jika salah satunya mengalami gangguan, maka jaringan tidak bisa dikontribusikan dan dipergunakan secara maksimal. Dengan jaringan internet yang lancar maka akan membuat pengguna lebih mudah berinternetan misalnya bermain media sosial atau berbagi informasi serta menonton video.

Dalam ilmu komputer networking atau yang lebih dikenal dengan jaringan adalah suatu jaringan telekomunikasi yang menghubungkan minimal 2 komputer sehingga bisa saling bertukar data untuk berkomunikasi. Dengan adanya jaringan tersebut maka informasi ataupun data yang diangkut server sebagai pengirim bisa masuk ke penerima atau receiver dengan lebih cepat dan akurat. Dalam penyalurannya, dibutuhkan media untuk mengalirkan/mengirimkan data, misalnya menggunakan kartu jaringan atau dengan hub dan router, dan software system jaringan untuk membangun jaringan komputer kecil.

A. Sejarah Jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer sendiri sudah ada sejak tahun 1940. Kala itu Universitas Harvard meneliti sebuah proyek komputer MODEL I di Laboratorium Bell yang diketuai oleh Profesor Howard Alken dengan tujuan awal yaitu agar komputer lebih mudah dipergunakan secara bersama-sama. Hal itu disebabkan karena dahulunya.

Penggunaan komputer dianggap membuang-buang waktu sebab butuh waktu yang tidak sedikit agar dapat menyelesaikan hal tertentu walaupun yang harus diselesaikan jumlahnya sedikit. Dari penelitian tersebut, pada akhirnya ditemukan proses beruntun (batch processing) untuk menjalankan program secara bergantian menggunakan system antrian atau queue.

Kemudian di tahun 1950, peneliti dharuskan menciptakan komputer yang dapat melayani beragam jenis program sekaligus dan dari penelitian tersebut ditemukanlah konsep yang disebut dengan time sharing system atau yang lebih dikenal dengan nama TSS. Sistem tersebut memungkinkan distribusi proses berdasarkan pada waktu pengerjaannya. Sehingga pada system ini, komputer-komputer akan dihubungkan ke komputer induk mengunakan rangkaian seri.

Setelah itu, jaringan komputer semakin lama semakin berkembang hingga muncullah kampanye penyeragaman alamat pada jaringan komputer yang kini lebih dikenal dengan DNS atau domain name system.

B. Jenis Jaringan Komputer

Ada beragam jenis jaringan komputer. Jenis tersebut ada yang dibedakan berdasarkan luas jangkauannya atau geografisnya, fungsi, topologi dan media transmisi.

1. Jaringan komputer berdasarkan luas jangkauannya:

  • Local Area Network (LAN) : jaringan komputer dengan jangkauan yang tidak terlalu luas dan biasanya hanya dipergunakan di dalam gedung, sekolah, bahkan ruangan dalam rumah.
  • Metropolitan Area Network (MAN) : jaringan komputer dengan jangkauan luas hingga 50 km dan umumnya dipergunakan oleh instansi dengan jarak yang cukup jauh misalnya instansi antar kota.
  • Wide Area Network (WAN) : jaringan komputer yang luas jangkauannya dapat mencangkup antar Negara.
  • Interconnected Network (internet) : jaringan komputer dengan akses yang tanpa batas sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dari belahan benua manapun untuk berkomunikasi.

2. Jaringan komputer berdasarkan fungsinya:

  • Client-server : jaringan komputer ini memerlukan perangkat komputer khusus yaitu komputer server dan komputer client yang mempunyai fungsi yang berbeda. Jika komputer server memiliki fungsi untuk menyediakan sumber data, maka komputer client berfungsi untuk mempergunakan data yang ada di server.  Computer yang dipergunakan untuk server harus memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan computer client, termasuk untuk HDD, RAM dan kecepatan prosesor.
  • Peer-to-peer : jaringan komputer yang selruh perangkatnya memiliki basis yang sama yang dapat menjadi client ataupun server di saat yang bersamaan. Sehingga komputer client bisa dipergunakan menjadi komputer server begitu pula sebaliknya. Pada umumnya, computer yang bisa disambungkan dengan jaringan computer ini adalah sebanyak 25 buah. Akan tetapi, walaupun bisa saling mendukung baik jenis computer client atau server, namun, jika terjadi permintaan layanan yang cukup banyak akan menyebabkan macet atau butuh waktu lama untuk mengeksekusi permintaan tersebut.

3. Jaringan komputer berdasarkan topologinya:

  • Topologi bus : topologi dengan jaringan yang menggunakan kabel coaxial untuk menyambungkan antar komputer. Topologi jaringan sederhana ini juga menggunakan konektor yang berupa terminator, TNBC ataupun BNC yang terpasang di kabel coaxial untuk menghubungkan komputer.
  • Topologi star : topologi jaringan yang menggunakan hub atau switch dan membentuk pola bintang untuk menghubungkan komputer klien.
  • Topologi ring : jenis topologi jaringan yang menggunakan rangkaian melingkar seperti cincin untuk menghubungkan atau enyambungkan antar komputer. Umumnya jenis topologi ini hanya dipasang kartu LAN.
  • Topologi mesh : topologi jaringan yang dapat menghubunkan komputer yang satu dengan yang lainnya tanpa mempergunakan hub atau switch.
  • Topologi peer to peer : jenis topologi yang hanya mempergunakan 2 komputer saja dan mempergunakan kabel untuk menghubungkan keduanya dengan tujuan untuk saling mengirim ataupun menerima data.
  • Topologi tree : topologi jaringan yang merupakan perpaduan dari topologi star dan bus sehingga jenis topologi ini memiliki core, distribution, access layer.
  • Topologi hybrid : topologi jaringan yang memperpadukan beragam jenis topologi yang berbeda sehingga menghasilkan  rangkaian jaringan baru.
  • Topologi linier : jenis topologi jaringan yang menggunakan lebih dari 2 komputer yang disambungkan dengan menggunakan 1 kabel utama.

4. Jaringan komputer berdasarkan transmisinya:

  • Wired network (jaringan komputer berkabel): sesuai dengan namanya, jenis jaringan komputer ini menggunakan media transmisi yaitu yang berupa kabel agar dapat melakukan perturakan data antara komputer yang satu dengan yang lain. Kabel yang dipergunakan adalah jenis kabel UTP.
  • Wireless network (jaringan komputer nirkabel): jenis jaringan komputer ini tidak perlu mempergunakan kabel ketika melakukan pertukaran data ataupun informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Walaupun dalam proses pertukaran data tidak perlu kabel, namun untuk wireless network membutuhkan wireless adapter sebagai medianya.

C. Manfaat Jaringan Komputer

Peta Kabel Internet Bawah Laut Dunia
Peta Kabel Internet Bawah Laut Dunia

Dalam kehidupan sehari-hari, jaringan komputer memiliki banyak manfaat yang harus Anda ketahui. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Membantu seseorang agar dapat berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih mudah. Terutama jika orang tersebut berada di wilayah atau tempat yang jauh misalnya berbeda Negara. Karena hal tersebut, dengan adanya jaringan komputer, pengguna komputer termasuk Anda, dapat mengirimkan ataupun menerima jenis file dengan beragam ekstensi. Contohnya, audio, video, gambar, teks maupun aplikasi/software. 
  • Membantu Anda untuk dapat mengirimkan dan menerima file data dengan cara yang lebih sederhana, efisien dan cepat sehingga menghemat waktu.
  • Memungkinkan Anda untuk bisa mengakses informasi ataupun berita yang sedang terjadi dengan lebih cepat dan mudah dari internet. Sehingga Anda bisa mengetahui informasi yang dibutuhkan ataupun kebenaran (fakta) dari peristiwa yang terjadi.
  • Mempermudah Anda untuk bisa mencetak file dari soft copy ke hard copy. Misalnya, jika Anda bekerja di kantor yang hanya memiliki 1 printer saja, Anda ataupun rekan kantor Anda bisa mencetak file walaupun dari komputer yang berbeda asalkan komputer dan print yang dipergunakan disambungkan dengan jaringan komputer.
  • Menghemat biaya dan waktu. Jika dibandingkan dengan berkirim pesan menggunakan cara tradisional misalnya dengan surat yang berisi informasi yang sangat penting, penggunaan jaringan komputer jelas lebih cepat dan juga biayanya lebih hemat. Akibatnya, informasi yang ingin disampaikan, akan lebih cepat diterima oleh penerima (receiver).

Itulah pengertian, sejarah, jenis serta manfaat dari jaringan komputer yang hingga saat ini dinikmati oleh masyarakat. Anda bisa berbagi pesan atau informasi dan data lebih cepat terlebih saat ini jaringan internet memiliki kecepatan yang semakin lama semakin tinggi. Semoga informasi yang disampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.