Virtual Private Network Adalah Definisi Arti Kegunaan Fungsi Pengertian VPN, Gratis Cara Kerja dan Contoh Manfaat

Awalnya, Virtual Private Network atau disingkat VPN dibuat untuk menghubungkan jaringan antara gedung perkantoran satu dengan yang lain dengan aman dan bisa memakai jaringan kantor tersebut dari area lainnya. Namun untuk sekarang ini, VPN telah banyak dipakai pengguna internet di mana saja bahkan di seluruh dunia agar bisa mengakses internet secara aman atau akses jaringan secara remote.

A. Apakah Virtual Private Network?

Virtual Private Network merupakan layanan koneksi yang bisa memberi akses menuju website secara aman dan pribadi yakni dengan cara mengubah jalur koneksi lewat server serta menyembunyikan pertukaran data yang sedang terjadi.

Jika diartikan secara sederhana, VPN bisa menghubungkan tablet, smartphone dan juga PC ke komputer lain di area yang terhubung dengan internet dan nantinya bisa menjelajah di internet memakai jaringan komputer yang terenkripsi. Terkadang beberapa server memberikan batasan pengaksesan dari negara tertentu karena suatu alasan keamanan dan lainnya tapi hal ini dapat tetap diakses dengan bantuan VPN yang akan menyembunyikan lokasi pengguna.

B. Cara Kerja Virtual Private Network

Sebetulnya, cara kerja Virtual Private Network ini sangat sederhana yakni dengan melakukan enkripsi pertukaran data. Saat anda terhubung dengan internet memakai koneksi VPN, maka akan seperti mengakses internet memakai lorong khusus dan tidak memakai jaringan utama.

Server VPN ini nantinya akan meneruskan koneksi ke situs yang akan di akses. Untuk itu, koneksi yang dilakukan akan dikenal sebagai koneksi jaringan server VPN dan bukan dari jaringan yang dipakai ketika itu. Saat memakai jaringan tanpa Virtual Private Network, maka koneksi akan dilakukan secara langsung atau direct tanpa enkripsi. Sementara jika memakai VPN, maka koneksi akan terenkripsi serta dilewatkan lebih dulu ke VPN server.

C. Manfaat Virtual Private Network

Ada cukup banyak manfaat dari Virtual Private Network yang bisa didapatkan seperti salah satunya adalah untuk remote access. Remote access akan mengizinkan untuk mengakses internet memakai jaringan kantor di mana saja asalkan terhubung dengan internet.

Untuk itu meski memakai jaringan luar, namun ketika memakai VPN maka jaringan dapat dikenali jaringan internet memakai jaringan kantor. Tidak hanya itu, namun masih banyak manfaat dari VPN yang bisa didapatkan, seperti:

1. Sebagai ByPass

Pengguna nantinya bisa melewati batas geografi pada situs streaming atau video. Contohnya oleh pemerintah agar bisa mengakses situs yang dianggap bisa berbahaya dan lainnya. Server web yang memblokir koneksi dari suatu negara, juga bisa di Bypass dengan bantuan VPN ini.

2. Untuk Mengamankan Data Jaringan Publik

VPN juga melindungi pertukaran data dari WiFi atau dari jaringan yang tidak dipercaya. Tidak menutup kemungkinan ada orang jahat yang melakukan sniffing pada wifi publik sehingga data jaringan internet yang dilakukan dapat diketahui oleh pelaku, sehingga bisa berpotensi melihat password saat anda login dan mencuri akun yang dimiliki korban. Ini nantinya akan sangat membantu pada saat memakai jaringan publik seperti di bar, kafe dan lainnya.

3. Untuk Mengamankan Informasi Pribadi Dengan Cara Anonim

Virtual Private Network nantinya juga dapat menyembunyikan lokasi secara realtime sehingga tidak semua orang bisa mengetahui lokasi ketika mengakses. Umumnya, lokasi yang bisa terdeteksi adalah lokasi server Virtual Private Network tempat dimana server yang digunakan.

4. Data Akan Dienkripsi

Ketika proses pertukaran data pengguna serta web aplikasi online terjadi, maka data tersebut akan dienkripsi. Dengan begitu, meski orang melihat apa yang dikirimkan komputer, namun yang dilihat hanyalah informasi yang telah dienkripsi dan bukan dalam bentuk data mentah.

D. Kekurangan Serta Kelebihan Virtual Private Network

Tidak hanya untuk menyembunyikan identitas yang asli, namun Virtual Private Network juga bisa memberi batasan riwayat penelusuran ISP serta pemerintah. Namun, tetap ada kelebihan dan kekurangan dari Virtual Private Network yang sangat penting untuk diketahui sebelum menggunakannya, seperti :

1. Kelebihan Virtual Private Network

  • Kerahasiaan data pengguna bisa lebih aman.
  • Pengguna bisa mengakses meski website sudah diblok atau melakukan blok geografi.
  • Identitas IP yang asli tidak secara langsung bisa diketahui.
  • Bisa mengakses jaringan dari berbagai lokasi berbeda.

2. Kekurangan Virtual Private Network

  • Koneksi bisa dikatakan kurang stabil.
  • Untuk melakukan konfigurasi manual dikatakan lumayan sulit.
  • Ada batasan atau bandwidth dalam penggunaannya.

E. Keamanan Memakai Virtual Private Network

Sebenarnya, Virtual Private Network bisa mengamankan koneksi meski ini tergantung dari protokol yang dipakai ketika melakukan koneksi tersebut. Keamanan memakai Virtual Private Network ini bisa terhalang karena 2 faktor yang paling utama, yakni:

  1. Batasan teknologi: Limitasi teknologi yang dipakai untuk mengembangkan VPN seperti tipe protokol serta enkripsi yang dipakai.
  2. Batasan hukum: Kebijakan serta batasan hukum akan mempengaruhi yang dilakukan teknologi tersebut. Ada kalanya juga kebijakan perusahaan akan berpengaruh terhadap cara perusahaan dalam menerapkan teknologi di dalam layanan milik mereka.

F. Waktu Terbaik Memakai Virtual Private Network

Ada cukup banyak alasan bagus kenapa harus memakai teknologi Virtual Private Network ini, seperti:

  1. Mengenkripsi aktivitas pengguna pada situs web.
  2. Membantu agar bisa terkoneksi secara aman saat memakai WiFi publik.
  3. Untuk menyembunyikan aktivitas dari orang yang mencari tahu secara diam diam.
  4. Untuk menyembunyikan lokasi serta mengizinkan untuk akses geo blocked content atau konten yang diblok pada wilayah geografis.
  5. Untuk menggunakan identitas anonim pada sebuah situs web.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.