Pengertian Bluetooth Adalah Arti Definisi Manfaat Fungsi, Teknologi dan Cara Kerja

Secara umum definisi atau pengertian Bluetooth adalah sebuah perangkat teknologi komunikasi data tanpa memakai kabel atau biasa disebut dengan wireless. Fungsi dari bluetooth sendiri adalah untuk media saling bertukar data di antara beberapa perangkat elektronik seperti contohnya mobile phone, mobile PC, Personal Digital Assistant atau PDA, kamera, headset, router, printer dan masih banyak lagi. Bluetooth ini akan beroperasi di pita frekuensi 2.4 GHz dan kecepatan transfer data tidak kurang dari 1 Mb/s.

A. Fungsi Bluetooth

Bluetooth sendiri memiliki beberapa fungsi seperti mengirim dan menerima data atau file, audio bluetooth handsfree dan headphone serta masih banyak lagi seperti berikut ini:

1. Untuk Mengirim dan Menerima Data atau File

Fungsi pertama dari bluetooth adalah untuk mengirimkan serta menerima data atau file. Pengguna bisa memakai bluetooth agar bisa mengirim file berupa dokumen, lagu, gambar serta data lain antar handphone, handphone ke komputer atau komputer ke handphone.

Untuk cara mengirimnya juga sangat mudah dilakukan yakni dengan mengaktifkan bluetooth di setiap perangkat kemudian cari perangkat bluetooth yang sudah tersedia lalu hubungkan. Sesudah berhasil terhubung, maka anda bisa dengan bebas untuk bertukar file atau data di antara berbagai perangkat tersebut.

2. Audio Bluetooth Handsfree Serta Handphone

Fungsi bluetooth berikutnya adalah untuk handsfree serta headphone. Dengan semakin berkembangnya keyboard serta mouse wireless, maka juga semakin memudahkan anda untuk bekerja dengan memakai komputer dan tidak perlu mengatur kabel lagi.

3. Untuk Mencetak Dokumen Memakai Wireless Printer

Tidak hanya keyboard serta mouse wireless, namun sekarang juga hadir wireless printer yang bisa dipakai hanya dengan mengaktifkan bluetooth. Dengan wireless printer ini, maka pengguna bisa semakin mudah dan menghemat waktu ketika bekerja tanpa harus memasang kabel saat ingin mencetak dokumen.

4. Digunakan Sebagai Modem

Bluetooth juga bisa dipakai sebagai modem. Ini sangat membantu pengguna yang sering mengakses sosial media, browsing di internet atau untuk chatting. Untuk menggunakan bluetooth sebagai modem, pengguna hanya perlu setting di komputer dan sudah bisa terhubung ke internet memakai media bluetooth tersebut.

B. Teknologi Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi nirkabel di pita frekuensi ISM 2.45 GHz yang bisa digunakan untuk membentuk sebuah jaringan skala kecil. Sedangkan untuk bluetooth generasi pertama bisa bekomunikasi pada jangkauan sampai 10 m kategori class 2. Sementara untuk generasi yang kedua mempunyai jangkauan sampau 100 m kategori class 1. Berikut akan kami jelaskan tentang beberapa teknologi bluetooth:

1. Bluetooth Protocol Stack

Supaya segala peralatan bluetooth dari banyak vendor bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, maka tidak cukup hanya dengan melakukan spesifikasi sistem radio saja. Spesifikasi bluetooth harus memuat protocol stack yang lengkap supaya bisa memastikan jika berbagai peralatan bluetooth bisa salng mencari atau inquiry, bisa mengekplorasi layanan yang sudah disediakan serta saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

  • Bluetooth radio adalah layer yang berguna untuk modulasi serta demodulasi data untuk kebutuhan komunikasi.
  • Bseband link controller adalah layer yang berguna untuk mengatur koneksi fisik atau flow control serta error correction serta sinkronisasi frequency hopping. Layer Baseband akan mengatur koneksi Synchronous Connection  Oriented atau SCO untuk audio serta Asynchronous Connections atau ACL yang digunakan untuk data.
  • LMP adalah layer yang berguna untuk mengatur serta konfigurasi koneksi menuju peralatan bluetooth lain termasuk juga otentikasi serta enkripsi.
  • HCL adalah layer untuk memisahkan perangkat keras dari perangkat lunak serta diimplementasikan berupa perangkat lunak.
  • L2CAP adalah layer yang berguna untuk melakukan mulyiplexing, segmentasi paket dan juga reassembly.
  • SDP adalah layer yang berguna untuk melakukan pencarian layanan di peralatan bluetooth yang lain.
  • RFCOMM adalah layer yang berguna untuk antarmuka serial sama seperti RS-232.
  • OBEX adalah layer yang berguna untuk menyiapkan fasilitas transfer file atau objek.
  • TCS adalah layer yang berguna untuk menyediakan call control signalling untuk panggilan suara serta data diantara peralatan bluetooth.
  • PPP, TCP, IP, WAP dan UDP adalah layer yang dipakai untuk kebutuhan koneksi ke internet.
  • AT Command adalah layer yang dipakai untuk mengontrol modem atau telepon.

2. Topologi Jaringan Bluetooth

Topologi jaringan bluetooth yang paling kecil disebut dengan piconet yang hanya terdapat sebuah peralatan yang berfungsi sebagai server atau master. Sementara untuk yang lain berguna untuk client atau slave.

Selain itu, ada juga kumpulan beberapa piconet yang akan membentuk jaringan lebih besar lagi yang disebut dengan scatternet yakni peralatan yang berguna sebagai master jika peralatan itu menginisiasi komunikasi serta mendaftarkan layanan aplikasi sehingga bisa dieksplor peralatan lain. Sementara peralatan yang mencari tempat master dan mengeksplorasi layanan yang disediakan oleh master bernama slave.

3. Mode Operasi Bluetooth

Peralatan bluetooth bisa beroperasi pada beberapa mode. Sebelum koneksi terjadi, maka semua peralatan akan ada di mode standby yang akan tetap siaga setiap 1.28 detik untuk menerima page atau inquiry.

Koneksi menuju peralatan yang dituju dilakukan di mode page di mana mode inquiry akan dibutuhkan apabila alamat tujuan tak diketahui.  Saat proses paging terjadi, maka peralatan yang bersangkutan harus sudah mengetahui alamat serta system clock peralatan yang dituju untuk menentukan access code paket data di mana kedua informasi tersebut tersedia dalam proses inquiring.

C. Cara Kerja Bluetooth

Bluetooth sebetulnya berguna untuk mengatasi beberapa kendala dalam komunikasi data antarperanti  elektronik yang terlebih dahulu hadir. Hal yang paling utama adalah memang untuk berkomunikasi antar peralatan elektronik tanpa memakai kabel.

Akan tetapi, bluetooth juga berfungsi sebagai jembatan komunikasi one to one menjadi one to many. Selain itu, bluetooth juga bisa mengeliminasi campur tangan pengguna ketika mengonfigurasi koneksi. Untuk itu, koneksi diantara peralatan elektronik lewat bluetooth terjadi otomatis.

Bluetooth bekerja dengan memakai frekuensi radio berbeda dengan inframerah yang bekerja memakai gelombang cahaya. Untuk jaringan bluetooth bekerja di frekuensi 2.402 Giga Hertz hingga 2.480 Giga Hertz yang dibangkitkan oleh daya listrik yang kecil supaya bisa membatasi daya jangkau hanya 10 meter saja.

Penetapan frekuensi tersebut sudah distandarisasi taraf internasional yang digunakan untuk keperluan industri, medis serta ilmiah. Untuk kecepatan transfer data bluetooth rilis 1.0 adalah 1 mega bit per detik atau Mbps. Sementara untuk yang versi 2.0 bisa menangani pertukaran data sampai 3 Mbps.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.