Inframerah Adalah Arti Pengertian Sejarah, Karakteristik, Sumber, Macam Jenis dan Manfaat

Inframerah atau dalam bahasa Inggris disebut dengan infrared merupakan salah satu bentuk gelombang elektromagnetik. Meski dinamakan dengan sinar, akan tetapi sebetulnya inframerah tidak bisa dilihat sebab panjang gelombangnya ada di luar daya tangkap mata manusia.

A. Sejarah Inframerah

Sekitar 200 tahun yang lalu, inframerah merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik yang tidak dicurigai. Penemuan inframerah terjadi secara tidak sengaja oleg Herschel tahun 1800 ketika ia sedang mencari bahan baru untuk optik. Sir William Herschel yang terkenal dengan penemuan planet Uranus sedang mencari bahan penyaring optik untuk mengurangi tingkat kecerahan gambar dari matahari pada tata surya teleskop.

Ketika sedang menguji sampel dengan kaca berwarna yang bisa memberikan pengurangan tingkat kecerahan, ia kemudian menemukan jika beberapa sampel melewatkan sangat sedikit panas matahari, sedangkan untuk yang lain mengalirkan banyak panas yang dapat menyebabkan risiko kerusakan mata sesudah diamati beberapa detik.

Ia meyakini jika ia harus mendirikan percobaan sistematis untuk mencari 1 bahan yang bisa menghasilkan pengurangan panas serta kecerahan yang dikehendaki. Ia kemudian memulai percobaan dengan mengulangi percobaan prisma Newton namun lebih fokus untuk mencari efek pemanasan dibandingkan distribusi visual intensitas di dalam spektrum.

Pertama, ia menghitamkan bola lampu merkuri sensitif dalam kaca termometer dengan tinta yang digunakan sebagai detektor radiasi. Ia kemudian mulai menguji efek pemanasan dari banyak spektrum warna yang terbentuk di atas meja dengan sinar matahari yang lewat di kaca prisma. Sedangkan termometer lain diposisikan di luar sinar matahari yang berfungsi sebagai kontrol.

Selama termometer hitam bergerak perlahan di sepanjang spektrum warna, maka suhu bacaan memperlihatkan peningkatan stabil dari ujung ungu ke ujung merah. Ini sebenarnya sudah diduga sebab seorang peneliti Italia bernama Landriani juga menemukan efek yang sama dalam percobaan tahun 1777.

Akan tetapi, Herschel menjadi yang pertama yang mengakui jika harus ada sebuah titik di mana efek pemanasan bisa maksimal dan pengukuran terbatas di bagian yang terlihat dari spektrum gagal untuk menemukan titik tersebut. Dengan memindahkan termometer ke dalam area gelap di luar ujung merah spektrum, ia menegaskan jika pemanasan terus meningkat dan menemukan jika titik maksimum terletak jauh melebihi akhir merah yang sekarang ini dikenal dengan panjang gelombang infra merah.

Pada saat ia mengungkapkan penemuan tersebut, ia mengatakan bagian dari spektrum elektromagnetik dengan thermometrical spectrum. Radiasi tersebut terkadang dinamakan dengan panas gelap atau sinar tak kasat mata. Kata ini mulai ada di media cetak sekitar 75 tahun kemudian dan masih belum jelas mengenai siapa yang harus menerima kredit originator. Pemakaian kaca prisma di percoban Herschel tersebut menimbulkan kontroversi dengan orang lain di zamannya mengenai keberadaan aktual gelombang inframerah.

B. Karakteristik Inframerah

Inframerah memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya berbeda dengan bentuk gelombang elektromagnetik lainnya, yakni:

  1. Tidak bisa dilihat oleh mata manusia.
  2. Tidak bisa tembus materi yang tidak transparan atau tembus pandang.

C. Sumber Inframerah

Dalam sinar matahari mengandung 93 lumens per watt flux radian yakni 47% inframerah, 46% cahaya tampak serta 6% cahaya ultraviolet. Inframerah ada di cahaya api, radiator kendaraan, cahaya matahari, cahaya api serta pantulan jalan aspal yang terkena panas. Saraf di kulit bisa merasakan perbedaan suhu yang terjadi pada permukaan kulit, akan tetapi kita tidak bisa merasakan inframerah.

D. Macam Jenis Inframerah

Inframerah terdiri dari beberapa jenis dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini:

  1. Inframerah jarak dekat: Memiliki panjang gelombang 0.75 hingga 1.5 ยตm. Contoh aplikasi sederhananya adalah untuk near infra red dipakai untuk pencitraan pandangan malam seperti nightscoop.
  2. Inframerah jarak menengah: Memiliki panjang gelombang 1.50 sampai 10 ยตm. Contoh aplikasi sederhananya adalah untuk mid infrared seperti sensor alarm.
  3. Inframerah jarak jauh: Memiliki panjang gelombang 10 hingga 100 ยตm. Contoh aplikasi sederhana untuk far infrared diantaranya adalah pada alat alat kesehatan.

E. Manfaat Inframerah Dalam Kehidupan

Salah satu bentuk gelombang elektromagnetik bernama inframerah ini memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari hari meski tidak bisa dilihat oleh manusia. Beberapa kegunaan dari inframerah diantaranya adalah:

1. Dalam Bidang Kesehatan

a). Mengaktifkan Molekul Air Dalam Tubuh

Manfaat pertama inframerah dalam bidang kesehatan adalah untuk mengaktifkan molekul air dalam tubuh. Ini disebabkan karena inframerah memiliki getaran yang sama seperti molekul air. Untuk itu pada saat molekul pecah, maka akan membentuk molekul tunggal yang bisa meningkatkan cairan tubuh.

b). Meningkatkan Sirkulasi Mikro

Bergetarnya molekul air serta pengaruh dari inframerah nantinya bisa menghasilkan panas yang membuat pembuluh kapiler membesar dan meningkatkan temperatur kulit, memperbaiki sikulasi darah serta untuk mengurangi tekanan jantung.

c). Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Apabila sirkulasi mikro di dalam tubuh mengalami peningkatan, maka racun bisa dibuang dari dalam tubuh lewat metabolisme. Ini nantinya bisa mengurangi beban dari liver dan juga ginjal.

d). Mengembangkan pH Dalam Tubuh

Sinar inframerah juga bermanfaat untuk membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit sekaligus mencegah rematik yang diakibatkan karena asam urat yang tinggi.

e). Untuk Alat Kesehatan

Pancaran panas berbentuk sinar inframerah dari organ tubuh bisa dijadikan sebagai informasi kondisi kesehatan organ. Ini tentunya sangat berguna bagi dokter ketika ingin mendiagnosis pasien sehingga dapat membuat keputusan tindakan yang sesuai dengan kondisi pasien. Selain itu, pancaran panas di intensitas tertentu juga dipercaya bisa dipakai dalam proses penyembuhan penyakit seperti contohnya cacat.

2. Dalam Bidang Kedokteran

a). Diagnostik Medis

Near Infrared Spectroscopy atau NIRS biasanya digunakan untuk diagnostik medis khususnya untuk mengukur kadar oksigen darah atau kadar gula darah. Meski memang bukan teknik yang sangat sensitif, NIRS ini tidak akan menakutkan subjek atau pasien sebab tidak butuh pengambilan sampel serta dilakukan langsung dengan ditempelkannya sensor ke permukaan kulit.

3. Bidang Industri

a). Lampu Inframerah

Ini adalah lampu pijar dengan kawat pijar bersuhu di atas 2500oK. Ini menyebabkan sinar inframerah yang dipancarkan lebih banyak dibandingkan lampu pijar biasa. Lampu inframerah sendiri biasanya dipakai untuk proses pemanasan dalam bidang industri.

b). Pemanasan Inframerah

Ini adalah kondisi pada saat energi inframerah tentang sebah objek dengan kekuatan energi elektromagnetik yang dipancarkan di atas -2730C. Pemanasan ini umumnya akan digunakan dalam beberapa alat seperti pemanggang serta bola lampu.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.