Planet Uranus, Sejarah, Gambar, Diameter dan Penjelasan Lengkap

Planet Uranus, Sejarah, Gambar, Diameter dan Penjelasan Lengkap, Kembali lagi dengan Sekutu Keadilan ya guys. Ada hadist mengatakan, tuntutlah ilmu meski sampai ke negeri China. Maksudnya menuntut ilmu itu wajib dilakukan meskipun sampai ke tempat yang jauh. Tetapi, di era digital dan internet saat ini, menuntut ilmu bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja melalui Smartphone ataupun Laptop. Jadi, tidak perlu jauh – jauh ke suatu tempat untuk menuntut ilmu.

Bahkan menurut saya, kamu tidak kuliah atau sekolah pun asal mau belajar melalui internet kamu bisa memiliki pengetahuan seperti anak – anak sekolah lainnya. Karena memang, informasi di Internet telah lengkap dan terus berkembang. Bahkan ada banyak ebook ilmu pengetahuan yang bisa kamu download dan pelajari secara gratis. Bagi saya sekolah hanya menaikkan status kita di mata masyarakat saja. Ups hehehe.

Untuk menambah pengetahuan, Sekutu Keadilan menyajikan beragam informasi. Nah, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Planet Uranus yang merupakan objek atau benda luar angkasa yang bisa kita pelajari secara menyeluruh dan lengkap. Pastinya hanya di Sekutu Keadilan.

Jika dilihat urutan nya, Planet Uranus adalah planet ketujuh di dalam sistem tata surya. Nama Uranus diambil dari dewa langit Yunani Kuno. Dalam mitologi Yunani dewa Uranus adalah ayah dari Kronos (Saturnus) dan kakek nya Zeus (Yupiter).

Sejarah Uranus

Zaman dahulu, Planet Uranus tidak dianggap planet oleh para pengamat astronomi kuno. Hal itu dikarenakan Uranus memiliki kecerahan yang hampir tidak tampak dan redup. Tidak dianggap planet juga dipengaruhi karena orbitnya Uranus sangat lambat, dibanding dengan Planet yang lain.

Planet Uranus pertama kali diumumkan penemuannya pada tanggal 13 Maret 1781 oleh Sir Willian Herschel. Hal tersebut tentu saja menambah batas Tata Surya dalam sejarah modern. Planet Uranus juga menjadi planet pertama yang ditemukan melalui Teleskop.

Ciri Karakteristik Uranus

Struktur

Untuk soal komposisi, Planet Uranus memiliki komposisi hampir sama dengan Planet Neptunus. Dan berbeda komposisinya dari Planet raksasa Yupiter dan Saturnus.  Para astronom sering mengkategorikan Uranus dan Neptunus sebagai raksasa es.

Atmosfer Uranus

Tetapi, dalam hal komposisi atmosfer Planet Uranus memiliki komposisi yang hampir sama dengan atmosfer Yupiter dan Saturnus. Planet Uranus juga memiliki kandungan hidrogen dan helium pada atmosfernya. Tetapi juga mengandung lebih banyak unsur es seperti amonia dan metana serta sisa hidrokarbon. Hal tersebut tidak memungkinkan adanya makhluk hidup yang tinggal di Planet Uranus.

Atmosfer Planet Uranus adalah yang terdingin dalam sistem Tata Surya. Terdingin karena suhu Atmosfer Planet Uranus memiliki angka 49 K ( -224 derajat celcius ). Atmosfer Planet Uranus di ketahui mempunyai struktur awan yang berlapis – lapis serta kompleks. Para ilmuwan berpendapat bahwa lapisan awan terendahnya terdiri atas air dan lapisan awan tertinggi dari atmosfer Uranus tersusun dari Metana.

Cincin Uranus

Sama halnya dengan Planet raksasa yang lain. Planet Uranus juga memiliki sistem cincin. Sistem cinci yang saya maksud adalah lingkaran yang terdiri dari debu kosmik dan partikel kecil lain yang mengorbit suatu planet dalam daerah berbentuk piringan yang pipih.

Medan Magnet

Selain itu Planet Uranus juga memiliki sistem magnetosfer, yang berarti Uranus memiliki medan magnet yang menyelubungi nya. Hal yang unik dari Uranus adalah kemiringan dari sumbu nya adalah miring kesamping hampir sama pada bidang orbitnya. Sehingga jika planet lain itu adalah titik ekuatornya, maka Uranus tidak

Ukuran Planet Uranus

Diameter Planet Uranus sendiri adalah 50,724 kilo meter. Nah, setelah membaca penjelasan dari saya, semoga kamu bisa faham dan mengerti planet planet di Tata Surya, khususnya Planet Uranus dalam hal ini.

Oke, sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.