Definisi MAN Metropolitan Area Network Adalah Pengertian Arti Sejarah, Implementasi, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh

Metropolitan Area Network atau disingkat MAN merupakan jaringan yang lebih luas dibandingkan dengan Local Area Network atau LAN. Untuk area yang dipakai dalam jaringan MAN ini adalah di dalam suatu negara. Jaringan komputer yang menghubungkan beberapaΒ  jaringan LAN dilakukan ke dalam lingkungan area yang lebih besar.

Beberapa Local Area Network atau LAN akan menjadi satu jaringan yang disebut dengan Metropolitan Area Network atau MAN. MAN bisa ada dalam satu universitas atau wilayah yang lebih luas seperti satu kota dan biasanya tidak dimiliki hanya oleh satu organisasi saja.

Sama seperti LAN, MAN juga mempunyai wireless dengan kekurangan serta kelebihan yang bisa dikatakan sama. Metropolitan Area Network juga bisa menunjang suara serta data teks dan bahkan bisa berhubungan dengan jaringan gelombang radio atau TV kabel.

A. Sejarah Metropolitan Area Network [MAN]

Di sekitar tahun 1940-an, di Amerika dilakukan sebuah penelitian dengan memanfaatkan suatu perangkat komputer secara bersamaan. Di tahun 1950-an, jenis komputer mulai berkembang sebab harga perangkat komputer yang semakin mahal sehingga ada tuntutan sebuah komputer harus melayani beberapa terminal.

Dari sini, timbul konsep distribusi proses atas dasar waktu yang disebut dengan Time Sharing System [TSS] yakni bentuk pertama kali jaringan atau network komputer yang diaplikasikan. Pada sistem TSS tersebut, beberapa terminal akan terhubung secara seri ke suatu host komputer.

B. Implementasi Metropolitan Area Network [MAN]

Beberapa teknologi yang dipakai untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode [ATM], FDDI serta SMDS. Teknologi tersebut di dalam prosesnya digantikan dengan koneksi berbasis ethernet seperti contohnya Metro Ethernet di berbagai daerah.

Metropolitan Area Network hubungan antara jaringan area lokal sudah dibangun tanpa kabel baik itu memakai radio, microwave atau infra merah. Kebanyakan perusahaan sewa atau menyewa sirkuit dari operator umum sebab peletakkan kabel panjang yang membentang harganya cukup mahal.

Distributed Queue Dual Bus atau DQDB merupakan eilayah metropolitan jaringan standar untuk komunikasi data. Ini sudah ditentukan dalam standar IEEE 802.6. Untuk beberapa jaringan terkenal yang dimulai sebagai MAN adalah Internet peering points MAE-West, MAE-East serta media jaringan Sohonet.

C. Kelebihan dan Kekurangan MAN

1. Kelebihan Jaringan MAN

  • Pertukaran data serta informasi bisa terjadi lebih akurat dan lebih cepat.
  • Pengembangan di bidang ilmu pengetahuan untuk perguruan tinggi atau sekola sekolah.
  • Membantu komunikasi antar perguruan tinggi atau sekola atau karyawan di sebuah kantor bisa dilakukan lewat chatting atau email.
  • Proses backup data dari banyak area bisa dilakukan lebih cepat dan lebih mudah.
  • Bisa membuat sarana diskusi untuk sekolah atau perguruan tinggi.
  • Bisa dijadikan alat untuk mempersatukan kekompakan karyawan atau mahasiswa serta siswa.
  • Bisa dijadikan sebagai sarana promosi yang cepat serta tepat.
  • Bisa memakai program aplikasi atau permainan secara bersamaan.
  • Cakupan wilayah jaringan akan lebih luas dibandingkan dengan jaringan LAN.

2. Kekurangan Jaringan MAN

  • Biaya operasional lebih tinggi.
  • Biaya perawatan terbilang mahal.
  • Sering dijadikan sasaran cracker untuk memperoleh keuntungan pribadi.
  • Untuk memperbaiki jaringan MAN dibutuhkan waktu yang lama.
  • Cukup rumit jika terjadi trouble jaringan.

D. Fungsi dan Tujuan Metropolitan Area Network

Seperti beberapa jaringan lainnya, Metropolitan Area Network juga memiliki fungsi serta tujuan dan berikut beberapa diantaranya:

1. Membangun dan Implementasi Sistem Jaringan

Dengan Metropolitan Area Network, membangun serta implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antara server bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan serta pemerintah dalam berkomunikasi jaringan bisa dilakukan dalam kegiatan seperti video, chat, messenger dan masih banyak lagi dengan bandwidth lokal.

2. Bisa Digunakan Untuk Menghubungkan Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer Metropolitan Area Network bisa dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer dari sebuah kota ke kota lainnya. Untuk bisa membuat sebuah jaringan MAN, maka umumnya harus ada operator telekomunikasi untuk menghubungkan di antara jaringan komputer.

3. Komunikasi Bisa Lebih Efisien

Jaringan komputer Metropolitan Area Network memiliki cakupan wilayah jaringan yang lebih luas sehingga berkomunikasi bisa terjadi lebih efisien, bisa mempermudah dalam urusan bisnis serta keamanan dalam jaringan semakin baik.

E. Contoh Teknologi yang Dipakai Pada Metropolitan Area Network

Ada beberapa jenis teknologi yang dipakai dalam Metropolitan Area Network seperti asynchronous transfer mode, fiber distributed data interface serta switched multi megabit data service.

1. Asynchronous Transfer Mode [ATM]

Ini adalah standar internasional untuk cell relay di mana multiple tipe layanan seperti suara digital, video atau data akan disampaikan dalam fixed length 53 byte cells.

Fixed length cells memungkinkan proses sel berlangsung di dalam hardware sehingga bisa mereduksi keterlambatan ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti SONET, T3 dan E3. ATM ini berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti contohnya Ethernet.

2. Fiber Distributed Data Interface [FDDI]

Ini merupakan protokol memakai topologi lingkaran fiber optik ganda yang dinamakan dengan lingkaran primary serta lingkaran secondary. Kedua lingkaran ini bisa dipakai untuk mengirimkan data, akan tetap hanya lingkaran primary yang digunakan sebagai jaringan utama. Lingkaran secondary baru bisa berfungsi ketika lingkaran primary rusak.

3. Switched Multi megabit Data Service [SMDS]

SMDS merupakan layanan connectionless yang dipakai untuk menghubungkan LAN, MAN serta WAN untuk menukar data. Di awal tahun 1990-an yakni di Eropa, layanan ini dikenal dengan Broadband Connectionless Broadband Data Service atau CBDS. Tujuan dari connectionless adalah untuk mengatur koneksi lewat jaringan sebelum data dikirimkan.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.