Definisi Personal Area Network Adalah Arti Pengertian, Karakteristik, Manfaat, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan

Personal Area Network atau disingkat PAN merupakan jaringan komunikasi dalam satu perangkat lain dengan perangkat lainnya di jarak yang sangat dekat atau hanya beberapa meter. PAN adalah titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti telepon, komputer, televisi sistem keamanan rumah berbasis data atau perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol di PAN dilakukan memakai authoritas pribadi, sedangkan teknologi yang dipakai adalah Bluetooth dan juga Wireless Application Protocol [WAP]. PAN tersebut dihubungkan dengan bus di komputer seperti Firewire serta USB.

PAN merupakan jaringan komputer yang dipakai untuk komunikasi antara perangkat komputer dan jangkauannya umumnya hanya beberapa meter saja. Selain itu, PAN juga bisa dipakai untuk komunikasi di antara perangkat pribadi sendiri atau komunikasi intrapersonal.

A. Karakteristik Jaringan Personal Area Network

Ada beberapa karakteristik dari jaringan PAN dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini:

  1. Untuk kontrol akan dilakukan memakai authoritas pribadi.
  2. Data yang ditransmisikan memiliki sifat khas serta personal sebab hanya dipakai untuk kepentingan pribadi saja.
  3. Merupakan titik akses untuk berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telepon, laptop, ponsel, atau perangkat komunikasi publik seperti internet.
  4. Teknik serta protokol yang dipakai di jaringan PAN diantaranya adalah Wifi, Wireless Application Protocol, Infrared, Bluetooth dan lainnya.
  5. Untuk jangkauan PAN umumnya hanya sejauh beberapa meter saja.

B. Kelebihan Personal Area Network

Ada beberapa kelebihan dari Personal Area Network atau PAN dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini:

1. Lebih Hemat Biaya

PAN dianggap sebagai teknologi jaringan yang hemat biaya sebab tidak ada jenis kawat atau kabel. Tidak ada biaya tambahan yang berlaku ketika menjelajah internet sehingga akan lebih murah jika dibandingkan dengan teknologi jaringan lainnya.

2. Jauh Lebih Aman

Jaringan ini juga bisa dikatakan lebih aman jika dibandingkan dengan jaringan lain sebab masing masing perangkat atau sinyal diotorisasi sebelum membagikan file atau data. Untuk itu, tidak mungkin peretasan perangkat atau gangguan dari pihak ketiga bisa terjadi.

3. Ada Banyak Perangkat yang Terhubung di Satu Titik Waktu

Akan ada banyak perangkat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain secara bersamaan di Personal Area Network. Anda nantinya bisa menghubungkan ponsel anda ke lebih dari satu perangkat printer, ponsel, keyboard dan sebagainya. Inilah sebabnya fila atau data anda akan dibagikan ke banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

C. Kekurangan Personal Area Network

Selain memiliki beberapa kelebihan, Personal Area Network juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

1. Bisa Mengganggu Masalah Kesehatan

Personal Area Network akan melepaskan sinyal atau sinar yang berbahaya dari perangkat nirkabelnya. Sinyal tersebut nantinya bisa berbahaya untuk manusia dan juga hewan dan bisa menyebabkan banyak penyakit kesehatan atau masalah otak.

2. Tranfer Data yang Lambat

Jenis teknologi jaringan ini juga mempunyai kecepatan transfer data yang lambat dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Bluetooth akan berbagai file dengan kecepatan yang lambat dibandingkan dengan jaringan lain seperti contohnya LAN.

3. Kisaran Jarak yang Lebih Sedikit

Kekurangan berikutnya dari Personal Area Network dan juga sangat penting adalah jarak untuk menstransfer data yang hanya sekitar 10 meter saja sehingga tidak bisa digunakan untuk berbagi data jarak jauh.

D. Manfaat Personal Area Network

Personal Area Network ditujukan untuk pemakaian individu sehingga mungkin akan lebih mudah dipahami dibandingkan dengan sistem wilayah yang luas seperti MAN dan WLAN. Berikut adalah beberapa manfaat dari Personal Area Network:

1. Mudah Digunakan

Personal Area Network yang nirkabel bisa memudahkan pengguna sebab tidak butuh kabel yang seringkali kusut atau bisa terlihat berantakan dan memenuhi sebuah ruangan.

2. Memudahkan Mengelola Perangkat

Personal Area Network Bluetooth akan memudahkan para pengguna dalam mengelola perangkat dan peralatan. Ini memungkinkan anda untuk memperbaiki kesalahan tanpa masalah yang berarti.

3. Akses yang Mudah

Akses dan juga kontrol perangkat nirkabel juga bisa memudahkan anda untuk melihat peningkatan hasil. Sebagai contoh, perusahaan bisa mengirim serta mengumpulkan informasi pada karyawan dengan memakai perangkat pintar yang semuanya hanya terhubung ke dalam satu Personal Area Network.

E. Contoh Personal Area Network

Untuk lebih memahami bagaimana PAN (Personal Area Network) memungkinkan koneksi di antara perangkat yang berbeda, berikut kami berikan beberapa contohnya:

1. Jaringan Offline

Personal Area Network atau PAN memungkinkan koneksi antara beberapa perangkat lewat bluetooth atau Wi-Fi. Perangkat yang sudah terpasang di komputer anda termasuk speaker, mouse, televisi, printer dan peralatan lainnya tidak memanfaatkan internet terintegrasikan ketika anda memakai PAN. Untuk itu ketika memakai Personal Area Network, anda bisa membentuk rute komunikasi antara seluruh perangkat yang dipakai di dalam satu ruang.

2. Body Area Network

Personal Area Network memungkinkan anda sebagai pengguna untuk membuat beberapa koneksi memakai satu perangkat yang anda miliki. Ini mengartikan pada saat anda menghubungkan smartphone dengan PAN, maka anda bisa berbagi koneksi dengan lebih banyak perangkat yang anda pakai termasuk tablet, speaker bluetooth atau smartphone lainnya.

3. Home Office

Dengan bantuan PAN, anda sebagai pengguna bisa mengatur jaringan yang lebih kecil terpisah untuk kebutuhan kerja. Jaringan yang terpisah tersebut berfungsi seperti tubuh baru dengan beberapa perangkat lain yang terhubung.

PAN merupakan jenis jaringan yang bisa memenuhi kebutuhkan beberapa orang dalam jarak kecil. Alasan lain kenapa banyak orang yang tertarik dengan jaringan ini adalah karena biaya yang rendah serta teknologi yang dipakai tidak terlalu rumit sehingga mudah diperbaiki.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.