Pengertian Hotspot Adalah Definisi Arti Fungsi, Perangkat, Cara Kerja dan Kelebihan

Hotspot merupakan istilah untuk semua area yang membuat user atau pengguna bisa mengakses jaringan internet memakai laptop, PC atau perangkat lain dengan fitur wifi sehingga bisa tetap mengakses internet tanpa memakai media kabel.

Hotspot merupakan area dimana seorang client bisa terhubung dengan internet secara nirkabel atau wireless dari laptop, PC, notebook dan juga smartphone di jangkauan radius sekitar beberapa ratus meter tergantung dari masing masing signal atau frekuensi.

A. Fungsi Hotspot

Dengan media Hotspot dapat difungsikan untuk melakukan koneksi internet seperti contohnya mengirim email, browser, chatting, transaksi bank, download dan masih banyak lagi. Wifi sendiri merupakan kependekan dari wireless fidelity yakni sebutan untuk standar jaringan atau network nirkabel dengan memakai frekuensi radio yang biasa disebut dengan radio frequency atau RF.

Pada awalnya, wifi hanya ditujukan untuk pemakaian perangkat nirkabel, akan tetapi sekarang ini juga sudah banyak dipakai untuk akses jaringan internet. Untuk itu, seseorang dengan komputer berisi fitur wireless card atau PDA [Personal Digital Assistant] bisa terhubung dengan internet memakai titik akses atau biasa disebut dengan hotspot.

B. Perangkat Keras Hotspot

Hotspot sendiri memiliki beberapa perangkat keras atau hardware yang terdiri sebagai berikut:

1. Komputer

Komputer menjadi komponen utama supaya bisa mengakses internet. Spesifikasi komputer yang dipakai untuk koneksi internet akan menjadi menentu cepat atau tidaknya kinerja internet. Jika spesifikasi semakin tinggi, maka kinerja akses internet akan semakin cepat begitu pun sebaliknya.

Spesifikasi minimal komputer untuk akses internet diantaranya:

  • Processor minimal Pentium III, 500 Mhz yakni otak dari komputer agar bisa menjalankan aplikasi.
  • RAM berguna untuk penyimpanan sementara setidaknya 64 MB.
  • Harddisk untuk menyimpan data secara magnetik minimal 10 GB.
  • VGA card: Perangkat keras untuk menampilkan gambar di monitor setidaknya 4 MB.
  • Monitor: Perangkat output untuk menampilkan proses kerja komputer.

2. Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator Demulator yakni bagian yang mengubah sinyal informasi ke sinyal pembawa sehingga siap dikirim. Sementara demodulator merupakan bagian yang memisahkan antara sinyal informasi berisi pesan atau data dengan sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi bisa diterima secara benar.

Modem ini adalah gabungan dari keduanya yakni alat komunikasi dua arah. Jika diartikan secara singkat, modem adalah alat yang dipakai untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan juga sebaliknya.

Komputer yang akan melakukan koneksi internet akan dihubungkan dengan saluran telepon lewat modem. Sedangkan berdasarkan fungsi, modem dibagi menjadi beberapa jenis yakni modem dial up, modem internat, modem eksternal, modem kabel dan modem ADSL.

C. Cara Kerja Hotspot

Hotspot merupakan sebuah bisnis internet broadband yang sangat diminati sekarang ini. Membangun hotspot merupakan konsep dimana beberapa komputer pada sebuah blok atau perumahan nantinya bisa saling terhubung dan berbagi data serta informasi.

Konsep lain dari sebuah hotspot adalah untuk memberdayakan pemakaian internet yang membuat fasilitas internet selama 24 jam sehari selama 1 bulan bisa dipakai supaya biaya yang nantinya dikeluarkan bisa lebih murah.

Seluruh biaya pembangunan infrastuktur, operasional dan juga biaya berlangganan akan ditanggung secara bersama sehingga konsepnya sama seperti warnet dimana pemilik akan membeli dan menyewa pulsa atau bandwidth dari penyedia internet. Sesudah itu akan dijual kembali ke pelanggan yang datang untuk menyewa komputer sehingga bisa memakai internet.

Perangkat hotspot nantinya akan memancarkan gelombang radio yang kemudian ditangkap perangkat seperti laptop atau personal digital assistant untuk menangkap wifi. Ketika pengguna membuka browser internet di kawasan hotspot, maka nantinya akan muncul halaman utama hotspot penyedia layanan. Sesudah itu, pengguna harus memasukkan username dan juga password untuk login sehingga nantinya bisa langsung terhubung dengan dunia maya.

D. Kelebihan Hotspot

Ada beberapa kelebihan hotspot yang membuatnya cukup banyak digunakan saat ini, seperti:

1. Minat Masyarakat yang Tinggi

Tingginya minat dari masyarakat pada jaringan nirkabel tidak lepas dari banyak area umum yang sudah menyediakan hotspot di mana saja sehingga pengguna bisa mengakses dan melakukan koneksi dengan mudah.

2. Lebih Mudah Diakses

Pengguna yang berada di satu area bisa mengakses internet dalam waktu bersamaan tanpa harus memakai kabel. Pengguna hanya perlu membawa PDA atau laptop yang memiliki kemampuan WiFi di tempat yang ada access point atau hotspot.

E. Kekurangan Hotspot

Selain memiliki beberapa kelebihan, hotspot juga mempunyai beberapa kekurangan tersendiri yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Mudah dihack para hacker untuk mencuri password para pengguna WiFi.
  2. Tidak tahan pada serangan flooding.

F. Cara Menggunakan Hotspot yang Aman

Jika anda ingin menggunakan hotspot, berikut adalah beberapa tips aman yang bisa anda lakukan.

  1. Jangan aktifkan file sharing folder PC atau laptop, jika terhubung dengan jaringan publik maka memungkinkan orang lain juga bisa mengakses folder yang sedang anda sharing.
  2. Matikan sharing printer PC atau laptop.
  3. Pastikan selalu aktifkan anti virus dengan update yang paling baru.
  4. Jangan pernah memberikan username serta password pada orang lain.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.