Pengertian Wifi Adalah Definisi Arti Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Wifi merupakan sebuah teknologi yang dipakai untuk bertukar data memakai gelombang radio secara nirkabel dan juga menggunakan banyak peralatan elektronik. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah tablet, komputer, smartphone termasuk juga video game console yang dikoneksikan ke jaringan komputer termasuk internet melewati wifi.

Peralatan elektronik ini juga harus ada di sebuah titik akses atau hotspot di jaringan nirkabel supaya bisa terhubung dengan wifi. Di jaringan wifi, biasanya titik akses tersebut memiliki jangkauan hingga 20 meter pada sebuah ruangan meski ada juga yang memiliki jangkauan hingga ke luar ruangan.

A. Pengertian Wifi

Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang umumnya bisa terkoneksi dengan sebuah perangkat elektronik memakai gelombang radio pada rentang 2.4 GHz hingga 5 GHz. Dengan semakin berkembangnya jaman, maka internet berubah dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan primer.

Secara umum definisi atau pengertian Wi-Fi adalah protokol jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi tanpa koneksi kabel langsung. Secara teknis ini adalah istilah industri yang mewakili jenis protokol jaringan area lokal nirkabel berdasarkan standar jaringan IEEE 802.11. Untuk itu, ada banyak pebisnis yang mulai muncul untuk menyediakan wifi agar para pelanggan bisa menikmati waktu lebih lama di cafe atau restoran milik mereka. Frekuensi wifi atas dasar Electrical and Electronics Engineers atau IEEE dibagi menjadi 4 bagian, yakni:

  • 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
  • 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz B, G
  • 802.11a 54 Mb/s 5 GHz A
  • 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz B, G, N

Untuk jenis B merupakan produk wifi pertama, sedangkan G dan N adalah salah satu produk yang memiliki angka penjualan sangat diminati masyarakat di tahun 2005.

Dari bentuk fisik, wifi juga bisa dibedakan menjadi dua bagian yakni:

  • Bentuk PCI.
  • Bentuk USB.

Jenis PCI biasanya digunakan dalam sebuah PC atau Personal Computer, sedangkan untuk jenis USB penggunaannya lebih portabel yaoti dipakai pada laptop atau PC karena memang didesain dengan jenis colokan USB untuk memudahkan para user.

B. Manfaat WiFi

Ada beberapa fungsi dan manfaat wifi yang bisa dirasakan dalam kegiatan sehari hari, seperti:

1. Berbagi Folder dan File

Dengan memakai jaringan wifi, maka perangkat yang terhubung dapat dengan mudah saling bertukar data dan juga file secara aman.

2. Menghubungkan Dengan Internet

Dengan menggunakan wifi, anda nantinya bisa saling berbagi internet dengan lebih mudah dan bisa terkoneksi dengan internet hanya dengan menalakan perangkat wifi yang disediakan pada perangkat.

3. Sinkronisasi Hanphone Tanpa Memakai USB

Dengan menggunakan wifi, memungkinkan untuk menyambungkan handphone di laptop secara mudah tanpa harus menggunakan USB atau kabel. Pengguna hanya perlu mengaktifkan wireless di dalam perangkat handphone anda.

4. Mentransfer Video Serta Video dari Kamera Digital

Dengan menggunakan jaringan wifi, maka sesudah mengambil gambar atau video pengguna bisa langsung mengirimkan hasilnya di laptop ketika terkoneksi dengan wifi.

5. Mencetak di Printer

Dengan menggunakan jaringan wifi, maka juga dapat mencetak data secara mudah dari laptop ke printer yang sudah memiliki jaringan wifi. Dengan begitu, maka tidak perlu memasang USB dari printer hanya untuk mencetak dokumen saja.

C. Cara Kerja Wifi

Jika dilihat secara sederhana, maka wifi bekerja dengan memakai gelombang radio. Berbagi data yang dikirim atau diminta pengguna nantinya akan sampai dengan menggunakan gelombang radio.

Agar data atau dokumen yang sudah dikirim lewat gelombang radio dapat diterjemahkan, maka sebuah komputer harus memiliki adaptor wireless supaya bisa terkoneksi dengan wifi. Gelombang radio tersebut berbentuk sinyal yang nantinya akan dikirimkan ke router sebagai decoder atau penerjemah kode.

Sesudah diterjemahkan, maka data akan dikirim ke jaringan memakai koneksi ethernet. Jaringan wifi tersebut akan bekerja di dua arah dan masing masing data yang diterima lewat tersebut terjadi dalam waktu bersamaan lewat router dan kemudian dijadikan kode di setiap paket data.

Kemudian, data akan dikirimkan kembali ke dalam bentuk sinyal radio yang sudah diterima adaptor di komputer nirkabel.

D. Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Seperti teknologi lainnya, wifi juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti yang akan kami jelaskan berikut ini:

1. Kelebihan Wifi

  • Bisa lebih menghemat biaya.
  • Bisa dikatakan awet dan tahan lama dari segala macam gangguan.
  • Bisa mengurangi penggunaan kabel khususnya ketika kabel tidak dapat digunakan pada tempat atau ruangan tertentu.
  • Lebih praktis pada saat mengakses internet, mengerjakan sharing file dan lain sebagainya kapan saja asal masih berada di radius tertentu yang bisa dijangkau hotspot.
  • Tidak banyak konfigurasi seperti contohnya di kantor yang memiliki beberapa ruangan yang hanya butuh satu konfigurasi jaringan wifi di setiap ruangan.

2. Kekurangan Wifi

Berikut adalah beberapa kekurangan yang ada pada wifi:

  • Dari segi keamanan dikatakan tidak terlalu baik sehingga jaringan wifi harus diamakan seperti contohnya memakai password untuk menghindari orang yang tak berkepentingan mengakses jaringan wifi.
  • Proses penyaluran sinyal terjadi tidak merata yang dipengaruhi batasan jarak.
  • Sinyal wifi cenderung sangat terpengaruh dengan kondisi iklim dan cuaca.
  • Tidak cocok dipakai untuk kegiatan transfer data terlalu besar.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.