Definisi Pengertian LAN Local Area Network Adalah Arti Contoh Komponen, Prinsip Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Local Area Network atau disingkat LAN adalah sebuah jaringan di mana membuat perangkat keras serta perangkat lunak saling berkomunikasi di area yang terbatas seperti contohnya hanya untuk satu gedung saja. Dengan menggunakan teknologi LAN, nantinya anda bisa membagikan data yang sudah disimpan dalam folder sharing serta memakai satu printer secara bersama pada satu jaringan komputer lokal.

Biasanya, Local Area Network memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet serta kecepatan transfer data sampai 1000 Mbps yang disambungkan lewat perantara switch serta router. Akan tetapi, beberapa jaringan lokal sekarang ini memakai teknologi 802.11b yang biasa disebut dengan WiFi.

WiFi adalah teknologi wireless atau nirkabel yang memiliki instalasi lebih praktis jika dibandingkan dengan LAN yang berbasis etherrnet sebab pengguna tidak perlu menarik kabel untuk menyambungkan satu komputer dengan komputer lain. Sementara untuk tempat yang menyediakan koneksi LAN memakai teknologi WiFi disebut dengan hotspot seperti kampus, cafe, hotel, taman hiburan dan masih banyak lagi.

A. Komponen Local Area Network

Local Area Network memiliki dua komponen utama yakni link dan juga node.

  • Node: Node merupakan titik yang bisa menghasilkan input data serta menerima data atau bahkan keduanya. Selain itu, node juga merupakan komputer yang saling terhubung.
  • Link: Link merupakan jalur transmisi data atau informasi antar node berbentuk hubungan antara node satu dengan node lain di dalam suatu jaringan.

B. Prinsip Kerja Local Area Network

Sedangkan untuk prinsip kerja Local Area Network akan tergantung dari topologi atau polanya. Apabila jaringan memakai pola tidak terpusat, maka setiap komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut dinamakan dengan host. Akan tetapi jika jaringan terpusat, makadisebut dengan workstation dan server. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Server

Server merupakan suatu komputer yang berguna untuk mengendalikan jaringan. Dari komputer tersebut, nantinya tidak hanya bisa mengendalikan, namun juga mengirim serta menerima data dari komputer workstation tersebut. Apabila LAN terhubung dengan suatu modem, maka pada server tersebut anda dapat mengatur bandwidth yang dapat dipakai oleh setiap komputer workstation ketika mengakses internet.

Selain itu, anda juga bisa memblokir beberapa situs yang tidak diinginkan seperti kekerasan, cybercrime dan masih banyak lagi. Umumnya, data yang dipakai secara bersama atau share akan tersimpan di folder komputer server. Selain itu, perangkat yang dipakai bersama umumnya bekerja pada komputer server tersebut seperti disk, printer dan lainnya.

2. Workstation

Workstation merupakan suatu sistem komputer yang terhubung dengan server. Workstation bisa berbentuk beberapa komputer yang saling berhubungan atau juga bisa sebuah komputer besar seperti sistem minikomputer.

Untuk workstation yang berbentuk beberapa komputer disebut dengan client yang akan saling terhubung memakai bantuan hub atau switch lalu dihubungkan kembali dengan komputer server. Untuk itu, antara client yang satu dengan yang lain atau antara client dengan server bisa bertukar data yang dilakukan secara langsung.

Sesudah komputer server serta workstation saling terhubung, maka akhinrya terbentuk sebuah jaringan atau link. Link tersebut akan dijadikan media bertukar data di antara komputer. Sesudah seluruh node saling terhubung, maka akan terbentuk link yang menyatu. Selain itu, printer yang ada di komputer server juga bisa dipakai komputer client dengan bantuan hub.

C. Kelebihan dan Kekurangan Local Area Network

Berikut ini, akan jelaskan apa saja kelebihan yang bisa anda rasakan dan kekurangan yang dialami mengenai Local Area Network.

1. Keuntungan:

  • Bisa melakukan control jaringan.
  • Untuk saling bertukar file bisa dilakukan dengan sangat mudah.
  • Proses backup data juga akan lebih mudah.
  • Sistem kerjanya jauh leih efektif.
  • Dengan fasilitas sharing maka bisa terjadi efisiensi biaya serta waktu.

2. Kekurangan:

  • Apabila ada salah satu komputer yang terkena virus, maka juga akan berpotensi menimbulkan infeksi untuk komputer lain dalam jaringan.
  • Memperbesar munculnya peluang pencurian data dari pihak yang tak bertanggung jawab.

D. Topologi Local Area Network

Toplogi merupakan bentk atau pola hubungan diantara node dengan sebuah jaringan. Sementara Local Area Network sendiri memiliki beberapa jenis topologi di dalam LAN:

1. Topologi Mesh [Point to Point]

Topologi komputer yakni topologi mesh merupakan jaringan yang menghubungkan komputer secara titik ke titik atau point to point. Ini artinya, semua komputer akan saling terhubung satu per satu tanpa ada yang terputus. Di dalam topologi mesh, untuk jaringan memakai pola yang tidak berpusat.

2. Topologi Bintang [Star Topologi]

Topologi bintang merupakan jaringan yang menjadi penghubung seluruh komputer dengan konsentrator beruba hub atau juga bisa switch. Di dalam topologi ini, jringan memakai pola terpusat sehingga ada komputer yang berfungsi sebagai server dan juga ada yang bertindak sebagai workstation.

3. Topologi Cincin

Topologi cincin merupakan jaringan menjadi penghubung antara satu host dengan host lainnya di dalam lingkaran tertutup. Host sendiri merupakan komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan dan topologi ini memakai pola jaringan yang tak terpusat.

4. Topologi Bus

Topologi bus merupakan jaringan yang memakai sebuah kabel untuk menghubungkan seluruh komputer sehingga seluruh host bisa terhubung langsung dengan kabel tersebut. Topologi ini memakai pola jaringan yang tak terpusat.

5. Topologi Pohon

Topologi pohon merupakan jaringan komputer terpusat yang memiliki tingkatan simpul atau node. Simpul yang berada di atas bisa mengatur simpul yang berada di bawahnya dan data yang menuju simpul bawah juga harus melewati simpul atas terlebih dahulu begitu pun sebaliknya.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.