Nama Nama Virus Pada Komputer
No ratings yet.

Nama Nama Virus Pada Komputer, Sudah tak asing ditelinga kita mengenai virus yang menyerang computer. Ada banyak hal yang merugikan saat computer terserang virus, seperti kehilangan file atau bahkan virus itu merusak system operasi. Virus pada perangkat ini juga biasa disebut Malware (Perangkat Lunak Perusak) yang dimanfaatkan untuk merugikan calon korban dari virus ini.

Fungsi Virus Komputer diciptakan oleh seorang yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil virus yang meyerang perangkat korban. Data yang tersimpan pada perangkat pengguna menjadi salah satu inti dari sasaran sebuah virus. Tujuannya sendiri dimanfaatkan pelaku untuk merusak pengangkat korban dan mencuri data untuk meminta tebusan atau mengambil asset data dari korban. Tetapi hal ini jarang ditemukan pada masyarakat umum, biasanya target yang dicari adalah Perusahaan besar atau Data milik orang kaya yang dapat dimintai tebusan untuk mengembalikan data tersebut, ataupun juga bisa mengambil uang secara paksa.

Karena virus inilah para pengembang aplikasi membuat aplikasi antivirus yang didalamnya bisa mendeteksi keberadaan virus berbahaya. Seperti anti virus AVAST, BIT DEVENDER, AVIRA, PANDA, SMADAV (buatan anak bangsa) dll bisa mendeteksi berbagai macam virus. Nah, apa saja virusnya ?

Macam Jenis Virus Pada Komputer :

  1. Virus Trojan

Virus yang satu ini banyak sekali meresahkan pengguna computer, karena virus ini mampu mencuri data – data pribadi (Baca Juga: Spyware Pengertiannya, Contoh dan Cara Kerja). Sebenarnya ini bukan virus, tapi karena program ini mampu menyebar melalui email dan situs yang tidak dipassword maka orangΒ  orang menggolongkan Trojan sebagai virus.

  1. Virus Worm

Tersebar melalui jaringan internet dan email. Virus ini tergolong berbahaya, karena mampu menggandakan diri didalam drive atau penyimpanan computer. Jika computer sudah terserang virus worm dengan kurun waktu yang lama, maka memory drive di computer akan penuh dikarenaka Virus Worm akan terus berkembang.

  1. Virus Resident Memori

Sangat pas dengan namanya, virus ini menyerang komponen RAM pada computer. Virus resident memori akan aktif ketika computer diaktifkan. Karena virus ini computer yang biasanya berjalan lancar akan menjadi lag atau lemot, karena RAM telah diserang oleh virus ini.

  1. Virus Multipartite

Virus ini berdiam diri di dalam RAM computer yang sewaktu – waktu bisa menginfeksi komponen computer. Bahkan bisa menginfeksi Harddisk computer. Tipsnya, lakukan scan bad sector dan disk defragment (jika kamu gunakan windows).

  1. Overwrite Viruses

Virus yang satu ini cukup unik. Karena virus ini mampu menyerang file di dalam harddisk computer tanpa mengubah ukuran filenya. Misal ukuran gambar 50KB dan bisa dibuka, setelah terinfeksi gambar akan rusak dan ukuran tetap tertulis 50KB.

Itulah virus yang paling umum biasa ditemukan oleh kebanyakan pengguna computer. Kebanyakan virus tersebar memalui media Internet wifi yang dapat membuat koneksi dan terhubung dengan virus, dan juga bisa melalui file yang disalin dari luar computer melalui FlashDisk. Ke lima virus diatas bisa kamu cegah dengan berhati hati saat berseancar di dunia maya. Jika terinfeksi jangan lupa bersihkan dengan antivirus, banyak kok yang free.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.