Apa Itu Linux Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Linux ? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Linux adalah salah satu System Operasi PC open source (sumber terbuka) yang sudah banyak dikenal dunia. System Operasi Linux dibawah lisensi GNU (Gnu Not Unix). Lisensi GNU memberikan kebebasan kepada seluruh pengguna Linux untuk menyalin, atau bahkan mengubah source code sekalipun, semua itu adalah legal dibawah lisensi GNU.

Diawal perkembangannya, Linux dirancang oleh mahasiswa Finlandia yang terinspirasi oleh System Operasi UNIX (OS yang kecil). UNIX sendiri dipopulerkan oleh Andrew pada tahun 1990an.

Jadi pengertian lengkap dari OS Linux adalah Sebuah system operasi UNIX yang sangat kompleks, memungkin pengguna untuk mengembangkan perangkat lunak, atau bahkan melakukan pekerjaan sehari – hari. OS ini berkembang sangat cepat dibandingkan dengan OS close source, karena para pengembang dari seluruh pengguna di dunia.

Lalu Apa kelebihan OS Linux ?

Kelebihan System Operasi Linux

  1. Gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memilikinya.
  2. Banyak aplikasi windows yang juga ada di OS Linux.
  3. Bisa dual mode.
  4. Lebih stabil dan jarang lag.
  5. Memiliki komunitas diseluruh dunia.
  6. Pengaman virus lebih unggul
  7. Terdapat banyak pilihan seperti Centos, Fedora, Ubuntu, OpenSuse, dll

Diatas adalah beberapa kelebihan dari OS Linux, buat kamu yang tertarik silakan coba saja. Bisa dual boot dengan windows jika kamu hanya ingin merasakan OS Linux.

Dibalik itu OS Linux juga memiliki beberapa kekurangan, Nah apa saja kekurangannya silakan simak berikut ini.

Kekurangan System Operasi Linux

  1. Banyak Pengguna yang belum familiar dengan Linux.
  2. Pengguna atau user yang sudah biasa dengan windows akan kebingunan dengan system dan struktur direktori pada OS Linux.
  3. Installasi tidak semudah Windows.
  4. Belum banyak aplikasi Linux yang sebaik aplikasi di windows.
  5. Perlu belajar keras untuk mempelajari Linux supaya terbiasa.

Nah, bagaimana masih minat dengan OS Linux ? Jika kamu orang yang sibuk dengan pekerjaan dan tak ada waktu mempelajari Linux, lebih baik tinggalkan. Tetapi jika kamu memiliki waktu setidaknya sebulan untuk belajar Linux ya silakan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.