Home Teknologi Android Pengertian Software : Macam Jenis, Fungsi dan Contoh

Pengertian Software : Macam Jenis, Fungsi dan Contoh

Pengertian Software Macam Jenis, Fungsi dan Contoh

Pengertian Software atau perangkat lunak adalah salah satu komponen yang penting pada komputer. Sederhananya, pengertian software yaitu sebuah data yang sudah diprogram dan disimpan secara digital tapi tidak terlihat secara fisik namun ada di dalam komputer. Perangkat lunak atau software ini bisa berupa program dalam menjalankan perintah melalui dengan melalui sofware ini maka komputer dapat beroperasi.

Baca Juga :
Apa Itu Linux ? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Software juga memiliki peranan penting pada komputer, karena dengan adanya software maka hardware dapat digerakkan atau dikontrol dengan baik. Software ini dibuat menggunakan bahasa pemrogaman yang diciptakan dan ditulis oleh seorang programmer yang selanjutnya dikompilasi oleh sebuah aplikasi bernama kompiler agar menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware.

Macam Jenis Sofware Pada Komputer

1. Freeware

Yaitu sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya. Namun jika aplikasi pengembang berhenti mengembangkan produk kepada freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan bersama-sama, maka freeware akan memberi kode sumbernya .

2. Shareware

Merupakan suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya ketersediaan, fungsinya, serta kenyamanan yang sayangnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perangkat lunak uji coba ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga trialware.

3. Firmware

Yaitu sebuah perangkat lunak yang letaknya berada pada ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh listrik, dan tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di ROM namun tetap bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROMnya seperti EEPROM atau flashROM. Semua itu masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga : Pengertian Firewall – Fungsi Dan Cara Kerjanya

4. Commercial software

Yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada para pengembang software, pendistribusi dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software. Tetapi syaratnya, pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara gratis atau tanpa izin penerbitnya. Beberapa contoh commercial software adalah adobe photoshop, corel draw, microsoft visual NET, dan sebagainya. Commercial software tersebut sudah dlindungi oleh Undang-Undang hak cipta.

5. Free software

Adalah jenis perangkat lunak yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya. Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat mengkomersialkan serta mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu, software ini juga dapat disebarluaskan secara gratis.

6. Open source software

Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan. Karena sifat software yang satu ini terbuka, sehingga pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak dengan sumber terbuka.

7. Malware

Malware adalah Salah satu perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya. Kata lain dari malware ini adalah virus komputer, jenis-jenis perangkat yang terdapat pada virus komputer ini yaitu kuda troya, perangkat iklan, cacing komputer, rootkit, dan perangkat lunak jahat lainnya.

Baca Juga : Cara Mencegah Virus Pada Android Tanpa Antivirus

Fungsi Software

Fungsi Software Secara Umum

  1. Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan-kebutuhan komputer yang yang dibagi lagi menjadi sistem operasi atau hanya sistem pendukung.
  2. Mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama.
  3. Sebagai penghubung antara software yang lain dengan hardware.
  4. Sebagai penerjemah software lain dalam instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
  5. Sebagai pengidentifikasi program.

Baca Juga : Pengertian Spyware – Contoh dan Cara Kerja

Contoh Software

Contoh Software (Perangkat Lunak) Yang Ada Pada Komputer :

  1. Google chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet)
  2. Mozila firefox (fungsinya untuk masuk ke jaringan online).
  3. Microsoft office word (fungsinya untuk mengedit atau mengetik sebuah dokumen).
  4. Microsoft office powerpoint (fungsinya untuk membuat suatu presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain).
  5. Microsoft excell (fungsinya kurang lebih sama dengan microsoft word untuk membuat atau mengedit sebuah dokumen).
  6. Format factory (fungsinya untuk mengubah format pada foto, video atau musik/lagu).
  7. VCL media player (fungsinya untuk memutar video/film).
  8. AIMP3 (fungsinya untuk memutar musik/lagu).
  9. Faststone capture (fungsinya untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar).
  10. Recyle bin (fungsinya untuk melihat atau mengambil file yang sudah dihapus).
  11. Coreldraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar).
  12. Photoshop (fungsinya untuk mengedit foto/gambar).
  13. Opera mini (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet).
  14. Java (fungsinya untuk mencari aplikasi atau game).
  15. Ccleaner (fungsinya untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu).

Baca Juga : 
Browser Android Terbaik Ringan – Free Download Apk Gratis 5/5 (2)

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.