Peralatan Lengkap Menjadi Youtuber Sukses Bagi Pemula
5/5 (1)

Teknologi gadget yang canggih serta jaringan internet yang semakin meluas menjadikan seorang youtuber atau orang yang membuat dan mengkoleksi video-videonya di youtube harus memiliki beberapa peralatan yang dapat mendukung profesinya dalam membuat video. Membuat video yang banyak diminati masyarakat bukan hanya dilihat dari isinya, tetapi juga mulai dari segi pencahayaan dan pengambilan gambar yang harus pas.

Vlog atau blog yang ditampilkan dalam bentuk video sudah semakin mewabah di mana-mana, sehingga vloger sudah menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan di Indonesia sekarang ini. namun tentu anda butuh modal atau alat pendukung yang bisa membuat video anda sangat layak tonton dan menarik perhatian para penonton.

Peralatan Lengkap Untuk Pemula Dalam Membuat Video Yang Murah Meriah

1. Kamera

Kamera adalah satu elemen penting yang harus ada dalam menjadi youtuber, karena jika tidak ada kamera maka tidak akan ada video yang dihasilkan. Kamera DSLR adalah jenis kamera yang sering digunakan oleh para youtuber karena selain praktis, hasilnya juga sangat bagus. Tetapi sayang sekali harganya cukup mahal, karena tidak setiap orang mempunyai kamera ini maka anda bisa menggunakan action cam atau handphone pribadi anda sendiri. Walaupun hasilnya tidak sebagus kamera DSLR, tetapi kamera handphone ini dapat menjadi alternatif pilihan saat membuat video yang bagus.

2. Microphone

Alat yang bentuknya kecil tapi menghasilkan suara yang besar ini adalah salah satu alat yang juga harus ada saat anda akan membuat video. Agar suara anda terdengar dengan jelas saat videonya sudah jadi. Karena banyak viewer atau penonton youtube yang lebih memilih video yang kualitas audionya bagus dibanding dengan kualitas gambarnya yang bagus.

3. Tripod

Barang yang satu ini harus selalu anda bawa ke mana pun anda berada, karena dengan begitu anda dapat menggunakan tripod ini walaupun anda sedang sendiri di tempat yang sangat pas untuk membuat video. Karena anda memang memerlukan alat yang minim guncangan saat sedang merekam video. Pilih saja jenis tripod yang kualiatasnya bagus tetapi harganya tidak terlalu mahal.

4. Camera lighting

Alat ini juga dapat menunjang video anda menjadi lebih baik kualitasnya, misalnya saat anda membuat video di malam hari yang minim cahaya. Sebaiknya anda menggunakan camera lighting ini untuk hasil video yang memukau. Jadi walaupun merekam objek di malam hari tetapi tetap terlihat saat ditonton dan dengan pencahayaan yang baik.

5. Laptop yang berkualitas baik tetapi dengan harga yang sesuai

Jika anda belum memiliki laptop sebaiknya anda segera membeli jenis laptop yang tidak terlalu mahal tetapi tetap mengedepankan kualitas. Laptop dibutuhkan untuk mengedit video yang sudah anda rekam terlebih dahulu, kemudian diedit agar hasilnya lebih bagus dan lebih baik. Komputer juga bisa menjadi pilihan yang tepat selain laptop, anda bisa memilih jenis komputer atau laptop yang spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan edit mengedit.

6. Memori card pada kamera

Dalam pembuatan video, biasanya akan memakan tempat pada memori card anda. Memori sebanyak 8 Gb saja rasanya tidak akan cukup jika diisi dengan sejumlah video. Maka pilihlah memori card yang kapasitasnya besar dan tentu mencukupi dalam menyimpan video yang telah anda buat. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti misalnya file yang terhapus, sebaiknya anda membeli memori card cadangan yang kapasitasnya sama besarnya dengan yang pertama. Tak usah melihat merk yang terkenal, yang penting memori card tersebut sesuai dengan kebutuhan anda dalam menyimpan video.

7. Software untuk mengedit video

Software yang gratis dan tidak berbayar juga banyak tersedia, sehingga anda bisa memilih software yang gratis saja untuk kebutuhan mengedit video tersebut. Walaupun mungkin hasilnya tidak sebagus software premium tapi tidak apa-apa, anda bisa mengakalinya dengan jalan ceritanya mungkin atau isi dari video yang anda buat.

8. Faktor pendukung seperti lagu, musik, efek suara serta template video effect

Jika anda seorang vlogger pemula jangan khawatir dengan viewer yang jumlahnya masih sedikit, karena anda hanya perlu faktor pendukung yang pas seperti misalnya lagu atau musik yang anda pilih untuk membuat video enak ditonton dan setiap viewer suka dengan video yang anda buat. Bukan itu saja, template video effect juga bisa menjadi pelengkap video anda agar penonton nyaman menonton video anda.

9. Software untuk mengedit foto

Selain mengedit video, biasanya vlogger akan menampilkan beberapa potongan gambar untuk membuat video yang anda buat layak tonton. Software untuk mengedit foto ini juga bisa anda pilih sendiri, untuk menekan biaya agar tidak terlalu banyak modal sesuaikan semua yang anda butuhkan untuk kepentingan pembuatan video dengan kebutuhan itu sendiri.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.