Algoritma Youtube Terbaru

Saat ini banyak orang berlomba lomba membuat konten di Youtube. Mayoritas dari para Youtuber baru memiliki target untuk mendapat penghasilan dari Adsense karena hasil dari ngyoutube tidaklah sedikit. Banyak youtuber sukses yang mampu membeli mobil mewah dan juga rumah yang tentunya dengan harga ratusan juta. Jika dilihat hampir semua orang berpikir menjadi Conten Creator sangatlah mudah hanya membuat Video yang menarik dan menguploadnya. Namun ternyata tidak semudah itu, banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten sehingga video yang dibuat dan diupload tidak sepi viewer.

Banyak para conten creator yang dibilang belum sukses dan berhenti karena sudah merasa gagal dalam berusaha. Kegegalan sendiri pada dasarnya terjadi saat orang telah berhenti untuk memperjuangkannya. Tidak serta merta video youtube sepi viewer karena kualitas editing video jelek ataupun isi konten yang tidak menarik, bisa jadi teknik yang dilakukan kurang benar sehingga video youtube tidak ramai seperti yang seharusnya. Dalam sistem youtube terdapat algoritma yang mana sistem bekerja untuk memilah dan memilih konten dari youtuber yang mana yang akan ditampilkan dan direkomendasikan di posisi perta a ataupun teratas.

Rahasia Algoritma Youtube Terbaru

Algoritma dalam ilmu komputer memiliki definisi yaitu sebuah prosedur langka demi langkah untuk penghitungan atau penyelasaian suatu masalah. Sama seperti Google Search Engine yang memiliki algoirtma untuk mementukan memilah dan memilih website mana yang akan ditampilkan pada halaman utama Google dalam sistem youtube jugalah demikian. Sehingga selain bekerja keras juga diperlukan bekerja cerdas untuk kesempurnaan dalam sebuah usaha yang dilakukan sehingga bisa mencapai kesuksesan di Youtube.

Bagi yang masih bingung sederhananya Algoritma Youtube mengatur video mana saja dan milik siapa yang akan ditampilkan pada halaman utama ataupun posisi teratas untuk direkomendasikan. Dalam sistem youtube sendiri sedikit berbeda tetapi intinya hampir sama seperti algoritma Google Search Engine. Jika dalam Website menggunakan Pagination di youtube menggunakan Load More (Scroll Down) dalam pemosisian rank video di youtube.

Beberapa Hal Penting yang harus diperhatikan content creator untuk bekerja cerdas sehingga mampu mendapatkan viewer yang cukup banyak di Youtube.

1. Niche Konten

Niche YoutubePastikan anda menentukan konten apa yang ingin di isi dalam channel yang dibuat. Isilah dengan satu Niche saja semisal, Daily Vlog dalam kategori Entertainment, Gaming dalam kategori Hiburan, Video Pengetahuan dalam kategori pendidikan. Tidak mencampur adukan konten sangat diperlukan karena Sistem Youtube memberikan point lebih pada Channel yang konsisten mengisi kontennya dengan video yang relevan dengan mayoritas isi videonya. Sehingga sistem youtube mengenal channel anda dengan isi konten tersebut yang akan lebih merekomenasikan video anda di sidebar youtube saat seseorang sedang menonton video terkait lainnya.

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Pemula – Tips Teknik Terbaru

2. KeyWord (Kata Kunci)

Bagi anda yang masih pemula dengan channel baru yang belum dikenal maka ada baiknya membuat konten dengan Keyword perasingan rendah sesuai dengan niche yang dibuat masing masing. Bagaimana mengetahui Keyword (Kata Kunci) yang memiliki persaingan rendah? Anda bisa mengira-ngiranya sendiri, apakah memang keyword tersebut banyak dicari orang di youtube’ Buatlah Konten Dengan KeyWord yang Ramai namun hanya di isi oleh channel yang juga belum populer.

Agar lebih mudah dalam melakukan riset keyword sebaiknya analisa menggunakan tools untuk pencarian keyword. Banyak tools yang tersedia gratis untuk melakukan riset dan berburu keyword yang layak dicoba. Sebagai contoh berikut ini, dalam kata kunci resep maka Total pencarian pengguna youtube pada kata kunci “resep masakan” sangatlah tinggi,

KeyWord YoutubeNamun karena dalam hasil rekomendasi pencarian terdapat perasaingan dengan channel populer ada baiknya melakukan riset keyword lagi untuk mencari keyword turunan yang tetap ramai namun sedikit persaingan.

Cara Cari Keyword YoutubeSetelah menemukan keyword yang pas dengan volume pencarian yang cukup banyak maka anda bisa membuat video dengan judul tersebut.

Kata Kunci Turunan GoogleMungkin anda bertanya’ nyatanya banyak youtuber populer yang ngak perhatikan keyword banyak viewer nya. Hal tersebut dikarenakan mereka sudah memiliki banyak subcriber yang berlangganan untuk datang kembali dan menonton video terbaru dari pemilik chanel tersebut. Begitu juga pada seseorang yang pernah viral, karena pernah terkenal karena hal yang viral maka kebanyakan orang akan mencari dia daripada dia yang mencari orang untuk view.

Sebenarnya anda juga bisa bermain feeling dalam menentukan Judul ataupun Keyword pada video yang ingin di buat tanpa harus susah payah riset keyword, yaitu dengan memperkirakan apakah judul tersebut akan banyak yang menonton atau tidak. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu jangan hanya tertaut pada riset keyword jika hanya membuat anda enggan membuat video karena persaingan dan volume pencarian kurang memungkinkan, selama anda yakin maka Nothing to lose untuk mengerjakan apa yang diyakini.

3. Video CTR

CTR pada video sangat diperlukan karena bisa menaikan posisi rank video yang diupload di youtube. Dengan terklik nya video anda di hasil penelusuran youtube ataupun video terkait lainnya yang direkomendasikan youtube maka bisa meningkatkan point anda untuk lebih terindex oleh Youtube. Namun CTR tinggi tidak serta merta menaikan posisi video menjadi yang teratas saja, CTR yang tinggi bisa berbahaya jika diiringi dengan Bounce Rate yang terkontrol.

CTRLalu bagaimana cara meningkatkan CTR Video supaya pengguna youtube lebih memilih meng klik video kita daripada yang lain ? nah ternyata judul dan tumbali yang menarik sangat penting bagi suatu video untuk mendapatkan CTR yang tinggi. Istilah yang umum digunakan yaitu teknik Clickbait. Clickbait merupakan suatu cara yang digunakan untuk membuat seseorang lebih memilih konten yang kita publikasi dengan beberapa teknik yang menarik dan membuat penasaran pengguna internet. Clickbait pada dasarnya boleh dan sah sah saja, yaitu dengan cara menonjolkan Judul dan Tumbali menarik yang berada di Video tersebut. Clcikbait menjadi tidak etis ketika menggunakan Tumbali yang tidak sesuai atau tidak nyambung dengan isi konten serta menggunakan judul yang menipu.

Lebih lanjut mempelajari CTR bisa anda lihat secara langsung di :

Youtube Creator Academy

4. Bounce Rate

Bounce Rate adalah kondisi dimana pengunjung beralih dari video yang di lihat saat itu. Bounce Rate yang tinggi mengindikasikan bahwa terdapat banyak aktifitas viewer yang beralih dari video yang sedang dilihatnya. Pada dasarnya bounce rate yang terjadi jika beralih ke konten lain ataupu aktifitas pengguna saat menutup youtube karena telah selesai view video sampai tuntas hal tersebut masih di batas normal. Bounce Rate tinnggi akan jadi masalah ketika CTR tinggi namun viewer hanya beberapa detik membuka video anda kemudian menutup atau langsung beralih ke video lain. Bounce rate juga terjadi saat pengunjung men skip video anda dan hanya menonton sesaat saja.

Bounce RateTeknik Klik Bait yang memanipulasi sehingga viewer merasa tertipu yang kemudian kesal dan langsung meninggalkan video anda maka akan jadi masalah besar karena sistem youtube akan mendeteksi bahwa video yang anda buat tidak relevan sehingga dalam pencarian ataupun rekomendasi video terkait lainnya rank video anda akan berada di bawah dari video channel channel lainnya. Beda halnya jika viewer menonton video anda dari awal sampai selesai kemudian melihat video anda lainnya ataupun mengunjungi channel anda, maka saat itu sistem youtube akan menganggap konten yang anda buat menarik dan mendapatkan point lebih untuk dimunculkan dalam rekomendasi video di youtube.

Bounce rate sendiri bisa dikendalikan sehingga channel anda mendapat reputasi bagus di sistem algoritma youtube dengan beberapa cara sebagai berikut :

  • Membuat konten atau video yang berkualitas, sehingga pengunjung berlama-lama menonton hingga selesai dan mau mengklik konten yang lain, karena menganggap konten lain yang anda buat juga berkualitas.
  • Menambah Element pada ending video berupa tautan video menarik anda lainnya dengan tumbali yang membuat penasaran. Hal ini dilakukan sehingga viewer penasaran dan akan mengklik konten anda yang lainnya.

Baca Juga : Berhenti Jadi Youtuber – Peluang Alternatif

5. Konisten Upload Video Baru

Dalam membangun channel usahakan mengatur jadwal yang mana memiliki target untuk mempublikasi konten baru yang segar secara konsisten. Sistem Youtube akan memberikan penilaian yang baik bagi channel yang selalu aktif sehingga akan membuat channel tersebut mendapatkan point lebih di algoritma youtube. Walaupun nampak sepele pada dasarnya konsisten membuat konten akan terasa sulit jika sudah dijalani.

Konten Video BaruSebagaimana algoritma Google Search Engine yang menyukai konten konten baru karena bisa memberikan hal yang baru bagi pengguna sehingga tidak akan hanya itu itu saja video yang ditampilkan oleh youtube. Walaupun tidak sedikit konten konten lama yang masih ditampilkan dan dijadikan rekomendasi youtube kepada pengguna, tetapi bisa anda lihat banyak konten konten baru yang lebih banyak direkomendasikan. Hal ini menjadi kesempatan bagi para pendatang baru untuk berani mencoba mempublikasikan karyanya di youtube. Algoritma youtube yang cerdas selain selalu memberikan konten yang segar untuk ditampilkan kepada pengguna, juga akan memberikan peluang besar bagi calon conten creator kreatif baru lainnya untuk berani berkarya.

6. Kualitas Konten

Kualitas Resolusi VideoBekerja keras memang sangat diperlukan semua orang untuk menggapai kesuksesan, namun hal itu harus diimbangi dengan bekerja cerdas juga kerna dengan tergabungnya dua hal tersebut maka akan efektif dan efisien. TernyataΒ  Youtube juga memiliki kriteria video video yang mana yang akan diunggulkan oleh sistem youtube. Beberapa hal hal yang membuat video dinilai berkualitas diantaranya yaitu :

  • Youtube lebih menggunggulkan video dengan High Resolution atau biasa disebut HD Video. Hal ini dikarenakan fitur youtube yang memberikan fasilitas mengubah resolusi video memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk memilih resolusi mana yang diinginkan. Jika konten yang kita miliki tidak memiliki resolusi HD maka tentunya beberapa pengguna youtube akan kecewa karena tidak mendapatkan pengalaman yang maksimal. Oleh sebab itu demi memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna youtube lebih menyukai video yang memiliki resolusi HD.
  • Kualitas Audio Video yang bagus sangat diperlukan untuk kebaikan video yang dibuat. Bahkan Youtube profesionalpun menggunakan kamera yang baik hampir disemua videonya. Hal ini dikarenakan banyak viewer yang ingin menyaksikan video yang indah dilihat dan nyaman didengar. Oleh sebab itu maka kualitas audio dan video tidak bisa disepelakan begitu saja.

Baca Juga : Peralatan Lengkap Menjadi Youtuber Sukses

7. Kolaborasi

KolaborasiHampir sama dengan backlink di dunia blogger, kolaborasi sendiri bisa meningkatkan kepercayaan publik akan keasilan suatu channel. PenjelasanyaΒ  sebagai contoh si A adalah channel yang populer dan sudah dipercaya oleh publik dan mempromosikan si B di channlenya yang kemudian menuliskaan link channel B di deskripsi video si A sehingga dari hasil klik yang menuju channel si B akan membantu membangun reputasi B, baik bagi youtube dan viewer. Tetapi tidak sampai di situ, Bounce Rate akan terdeteksi bagaimana perilaku pengguna saat menuju channel B yang tadi direkomendasikan. Jika memang terdapat interaksi yang bagus oleh pengguna yang mengunjungi channel B maka hal ini bisa membuat channel B lebih cepat berkembang dan lebih direkomenadikan oleh sistem youtube nantinya.

Beberapa hal diatas bisa anda terapkan bagi yang ingin membangun youtube dari awal ataupun meneruskan channel yang sudah dibuat. Jangan hanya terpaut memikirkan algoritma youtube yang selalu diupdate. Selama video yang anda buat berkualitas dan memang dicari oleh orang tentunya sistem youtube lama kelamaan akan mendeteksi channel anda yang layak untuk direkomendasikan. Algoritma Google dan Youtube dibuat sangatlah cerdas yang memberi kesempatan bagi pendatang baru yang kreatif.

Baca Juga : Cara Mengunci Youtube Agar Tidak Bisa di Buka Anak

oh iya, Artikel ini dipublikasikan pada 14 Maret 2019 yang tentunya akan berada di halaman belakan serach engine google. Jika anda saat ini sudah menemukan artikel ini di halaman utama Pencarian Google berarti saya sendiri sudah memanangkan Algoritma Google.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.