Cara Memonetisasi Video YouTube Di Tahun 2023

Jagad.id – Cara Memonetisasi Video YouTube – Video marketing telah menjadi bentuk ekspresi favorit bagi jutaan pembuat konten dan sumber pendapatan penting bagi mereka. Selama tiga tahun terakhir (2019 hingga 2021), YouTube telah membayar lebih dari $50 miliar kepada pembuat konten, artis, dan perusahaan media di platformnya.

Program mitra YouTube telah banyak berubah sejak diluncurkan pada 2007, beradaptasi dengan kemajuan dunia pemasaran dan preferensi pengguna. Baru-baru ini, mereka mengumumkan 3 perubahan besar pada monetisasi YouTube di tahun 2023. Mari kita lihat apa saja perubahan tersebut!

3 Cara Memonetisasi Video YouTube Anda di 2023

Berikut merupakan penjelasan tentang cara untuk memonetisasi dari video Youtube anda dengan mudah di Tahun 2023.

Akses ke Program Mitra Youtube untuk Lebih Banyak Kreator

Salah satu perkembangan baru utama dalam monetisasi YouTube untuk tahun 2023 adalah perluasan Program Mitra YouTube, yang berarti bahwa lebih banyak pembuat konten dan artis akan memiliki kesempatan untuk memperoleh pendapatan di YouTube melalui konten dalam format yang berbeda.

Pembuat Shorts akan dapat mendaftar untuk bergabung dengan program mitra ketika mereka mencapai minimal 1.000 pelanggan dan 10 juta tampilan Shorts dalam 90 hari. Mitra baru akan dapat memanfaatkan berbagai format monetisasi YouTube.

Seperti sebelumnya, pembuat video standar akan dapat bergabung dengan program mitra setelah mereka mencapai 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tayang. Dengan demikian, pembuat konten akan dapat memilih jalur yang paling sesuai dengan jenis konten utama saluran mereka.

Selain cara memonetisasi video YouTube itu, YouTube telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat tingkat baru dalam program mitranya, yang dapat diakses oleh pembuat konten yang kurang berpengalaman. Persyaratan akses akan lebih rendah dan kreator hanya dapat mengakses fitur monetisasi berbasis penggemar seperti Super Thanks, Super Chat, Super Stickers, dan Channel Member.

Cara Baru untuk Memonetisasi Shorts

Saat pertama kali meluncurkan program mitra, video YouTube memiliki satu format materi iklan (video horizontal standar) dan satu sumber pendapatan utama: iklan. Saat ini, lanskap itu telah banyak berubah: format berkisar dari Shorts 15 detik hingga siaran langsung 15 jam, dan ada hingga 10 cara memonetisasi video YouTube yang berbeda:

  • Ads : Masih menjadi sumber pendapatan utama di YouTube.
  • The Shorts fund : pada tahun 2021, YouTube mengumumkan dana untuk mensponsori pembuat Shorts paling sukses dengan dana antara $100 dan $10.000.
  • YouTube Premium : sebagian besar pendapatan dari langganan Premium masuk ke mitra YouTube.
  • Channel Members : dengan fitur ini, pembuat konten dapat menawarkan manfaat dan konten kepada pelanggan saluran mereka.
  • Super Chat : Penonton siaran langsung dan Premiere dapat menggunakan fitur ini untuk menyoroti pesan mereka di chat.
  • Super Thanks : pemirsa dapat membeli Terima Kasih Super sebagai cara untuk berterima kasih kepada pembuat konten favorit mereka dan mendapatkan komentar unggulan sebagai balasannya.
  • Super Stiker: mirip dengan di atas, tetapi dalam hal ini hadiahnya adalah stiker.
  • Merchandising: kreator dapat mendesain merchandising mereka sendiri dan menawarkannya untuk dijual di channel mereka.
  • Penjualan tiket konser.
  • YouTube BrandConnect: platform untuk menghubungkan pembuat konten dengan merek dan memfasilitasi kolaborasi yang disponsori.

Iklan Short kini telah ditambahkan ke semua format ini. Mulai awal 2023 (sumber YouTube menyebutkan tanggalnya di bulan Februari), kreator yang tergabung dalam program partner YouTube akan dapat menerima pendapatan dari iklan Shorts.

Iklan Shorts akan ditempatkan di antara berbagai video di feed Shorts. Setiap bulan, pendapatan dari iklan ini akan digunakan untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten dan membantu menutupi biaya lisensi musik. Kreator akan menerima 45% dari pendapatan, dibagi berdasarkan total penayangan Shorts mereka. Jumlah yang diterima akan sama apakah mereka menggunakan musik atau tidak. Menurut perhitungan YouTube, pembuat konten akan menerima lebih banyak pendapatan dengan model baru ini dibandingkan dengan dana Shorts sebelumnya.

Mereka juga telah mengumumkan peluncuran Super Thanks on Shorts dalam versi beta untuk ribuan kreator. Kini, cara memonetisasi video YouTube penonton dapat menunjukkan apresiasinya atas Shorts favoritnya dan kreator dapat berinteraksi dengan penggemarnya melalui komentar unggulan Super Thanks.

Perpustakaan Musik Baru untuk Pembuat Konten

Lisensi musik adalah topik yang kompleks dalam pemasaran video. Hingga saat ini, pembuat video berdurasi panjang yang menggunakan musik berhak cipta dalam videonya tidak dapat memonetisasinya, meskipun musik bukanlah materi pokok utama (misalnya, dalam video olahraga).

Untuk mengatasi situasi ini, YouTube telah mengumumkan peluncuran Creator Music, sebuah tab baru di dalam YouTube Studio yang memungkinkan pembuat konten YouTube mengakses katalog musik yang terus berkembang yang dapat mereka gunakan dalam video mereka dengan mudah. Fitur ini saat ini dalam versi beta di AS dan akan diperluas ke lebih banyak negara pada tahun 2023.

Kreator memiliki dua opsi berbeda untuk dapat menggunakan musik dari koleksi ini dalam video yang dimonetisasi:

  • Beli lisensi untuk menggunakan musik dan tetap dapatkan persentase pendapatan yang sama seperti video tanpa musik.
  • Gunakan lagu tanpa membayar biaya lisensi dan bagikan pendapatan yang diperoleh dengan pencipta musik dan pemegang hak.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara memonetisasi video YouTube di Tahun 2023 yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengembangkan akun Youtube anda. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA