Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot, Ada banyak factor yang mempengaruhi kinerja Laptop. Laptop menjadi lemot itu karena mungkin kamu menjalankan aplikasi secara bersamaan. Atau mungkin kamu memainkan game yang sangat berat dan membebani RAM atau processor Laptop. Untuk itu gunakan Laptop sesuai dengan spesifikasi jangan memaksakan !

Berikut ini saya berikan tips agar kamu bisa menikmati kinerja Laptop yang lancar dan memudahkan pekerjaan. Bukan malah membuat stress akibat Laptop lemot atau hang.

Memelihara Laptop Agar Tidak Lemot

1. Bersihkan Chace

Chace adalah sebuah file sampah dari sisa pemrosesan data. Bersihkan secara rutin agar Laptop bekerja dengan baik dan lancar. Gunakan aplikasi pembersih sampah untuk Laptop seperti CC Cleaner atau yang lain. Sesuaikan juga dengan spesifikasi OS kamu Windows 32 atau 64 bit. Tentunya saat membersihkan Cahce harus berhati hati, jika salah menghapus bukan memperbaiki malah akan membuat masalah lebih.

2. Defragmen Harddisk

Salah satu perangkat Laptop paling penting dan sensitif adalah Harddisk. Jika harddisk rusak yasudah wassalam 😀 Karena apa ? Tanpa Harddisk Laptop tidak bisa bekerja, semua data termasuk Operating System disimpan didalam Harddisk. Untuk rawatlah harddisk dengan mendefrag Harddisk minimal 3 bulan sekali.

Fungsi Defrag adalah untuk mengecek kerusakan kecil pada Harddisk, seperti bad sector. Bad sector yang sudah parah akan sulit diperbaiki, apalagi jika dicek dengan aplikasi Harddisk sentinel kesehatan dibawah 20% harddisk sudah tidak bisa untuk memproses data.

3. Menghindari Pematian paksa

Saat laptop lemot, karena membuka aplikasi yang banyak, bersabar dulu sampai Laptop merespon. Jangan sering mematikan Laptop secara paksa dengan menekan tombol power karena bisa mempengaruhi kesehatan harddisk. Jika ngehang tetapi kamu sangat butuh dalam waktu yang mendesak, alternative lain adalah dengan mematikan paksa. Lakukan cara ini jika memang keadaan mendesak.

Menurut pengalaman saya, Laptop ngehang jangan diapa-apakan, biarkan saja hingga 15 menit. Jika dalam 15 menit tidak merespon dan waktu kamu mendesak langsung saja matikan. Kalaupun kamu sabar Laptop pasti akan merespon kok ya mungkin membutuhkan waktu yang lama 30-60 menit, tergantung dari aplikasi dan proses apa saja yang sedang dijalankan.

4. Mengunakan Kipas Pendingin

Gunakan kipas pendingin saat anda sedang menggunakan laptop yang akan membuat laptop lebih awet karena suhu selalu dingin dan stabil sehingga tidak ada hardware yang panas dan terbebani yang akan membuat cepat rusak nantinya. Letakan laptop di tempat yang lancer sirkulasi udarnnya semisal meja, jangan gunakan diatas kain yang meningkatkan panas suhu laptop.

5. Menghapus Aplikasi Tidak Berguna

Banyak sekali laptop yang memiliki aplikasi tidak berguna karena terinstal melalui Adware. Jika anda tidak pernah merasa menginstal suatu program tetapi tiba tiba sudah terpasang di laptop anda nah penjelasan sederhananya begitulah cara adware bekerja. Copot pemasang aplikasi yang tidak berguna tersebut apalagi jika aplikasi berjalan dan menggunakan sebagian kinerja laptop sehingga pemrosesan menjadi tidak efektif. Dengan Uninstal Aplikasi tidak diperlukan maka Laptop akan lebih bisa bekerja secara efisien dan lebih cepat dalam memproses aplikasi program yang sedang anda jalankan.

6. Setting Program Startup

Laptop yang Lemot saat dinyalakan bisanya disebabkan karena terlalu banyak memuat program pada saat Startup. Melakukan pengaturan aplikasi atau program mana saja yang akan aktif jika Laptop melakukan booting akan lebih membantu kinerja laptop lebih optimal. Dimana program yang diperlukan saja untuk aktif dan mematikan program yang tidak sering digunakan agar tidak ikut aktif. Dengan pengaturan StartUp maka RAM akan bekerja secara optimal dan laptop terasa lebih cepat saat baru saja dinyalakan. Setiap versi OS mungkinn berbeda-beda dalam pengaturan program yang dijalankan pada saat startup, kamu bias cari tutorial sesuai OS yang digunakan semisal Windows XP, Windows 7, 8, 10 ataupun Linux.

7. Membersihkan Dalaman Laptop

Jika kamu memiliki keahlian dalam bongkar pasang atau reparasi Laptop maka kemungkinan juga bisa membersihkan Hardware Laptop dari debu yang lama tidak dibersihkan. Dengan membersihkan debu dari laptop maka sirkulasi dan fentilasi udara pada dalam laptop akan lebih lega dan laptop tidak cepat panas. Selain kamu juga bisa mengganti thermal pad dan thermal pasta jika memang sudah layak diganti. Tetapi untuk melakukan ini pastikan kamu sudah ahli di bidangnya jangan asal bongkar dan ganti, buka malah jadi lebih baik bias jadi lebih parah jika salah dalam melakukan pembersihan dan penggantian.

Baca Juga : Cara Memilih Laptop Yang Baik Untuk Mahasiswa

8. Gunakan Laptop Sesuai Kemampuan Spesifikasinya

Tentunya cara agar computer tidak lemot dan membuat laptop menjadi lebih cepat harus dibarengi juga dengan penggunaan yang baik sehingga laptop tidak cepat rusak. Jangan paksakan untuk menjalankan program jika memang spesifikasi tidak cukup untuk menjalankan aplikasi tersebut. Bijaklah dalam menggunakan laptop untuk menjalankan program sesuai dengan kemampuannya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.