Apa itu Chrome OS ? Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?

Jagad.id – Apa itu Chrome OS ? Mempertimbangkan untuk membeli Chromebook tetapi tidak yakin dengan apa yang dimaksud dengan Chrome OS? Kami di sini untuk merinci apa itu Chrome OS dan apakah itu akan berhasil untuk Anda.

Chrome OS adalah sistem operasi, menyaingi orang-orang seperti Windows 11 dan macOS. Jika Anda berpikir untuk membeli Chromebook maka Anda perlu memahami semua hal positif dan negatif dari sistem operasi yang dijalankan Google.

Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang Chrome OS. Dan jika anda merasa penjelasan dibawah kurang lengkap, anda bisa membaca artikel lainnya yang kami ulas sebelumnya dalam situs Jagad.id ini. Jadi, anda tidak perlukhawatir informasi yang ingin anda ketahui akan kami berikan sesuai kebutuhan anda.

Apa itu ChromeOS?

Chrome OS dikembangkan oleh Google dan berbasis Linux, menjadikannya open-source dan gratis untuk digunakan. Dibandingkan dengan sistem operasi lain, ini sangat ringan, hanya menghabiskan seperenam puluh ruang seperti Windows 7.

Ini paling sering digunakan pada tablet dan laptop, terutama Chromebook. Ini sangat mudah digunakan dan karena dikembangkan oleh Google, ini memberikan penekanan besar pada penjelajahan web, dengan aplikasi Google seperti Drive dan Foto sebagai intinya.

Kelebihan Chrome OS

Salah satu keuntungan terbesar dari Chrome OS betapa sederhananya penggunaannya. Banyak Chromebook dapat dimuat dalam hitungan detik, dan keseluruhan UI sangat mudah dipahami, terutama dibandingkan dengan sistem seperti macOS.

Selain itu, jika anda bertanya apa itu chrome OS, setiap perangkat Chrome OS yang dirilis setelah tahun 2017 dilengkapi dengan akses ke Google Play Store, yang berarti bahwa sebagian besar aplikasi Android tersedia di perangkat seperti Chromebook.

Model yang lebih baru juga dapat menjalankan aplikasi Linux, artinya perangkat Chrome OS dapat menjalankan banyak program tingkat desktop.

Selain itu, fakta bahwa Chrome OS sebagian besar berbasis cloud berarti layanan Google seperti Dokumen, Drive, dan Foto dapat diakses dengan mudah. Ini memastikan bahwa Anda dapat mengakses file Anda dari perangkat yang berbeda, selama Anda masuk ke akun Google Anda.

Terakhir, desain yang sederhana membuat Chromebook biasanya sangat ringan dan dilengkapi dengan masa pakai baterai yang hebat, menjadikannya perangkat hibrida dan produktivitas yang ideal.

Kekurangan dari Chrome OS

Kelemahan utama Chrome OS adalah bahwa versi lengkap dari beberapa perangkat lunak populer tidak tersedia. Itu berarti aplikasi seperti Adobe Photoshop dan Microsoft Office akan dibatasi, dengan aplikasi besar lainnya harus tersedia di Linux agar dapat diakses sepenuhnya.

Siapa pun yang ingin membeli Chromebook harus memastikan sebelumnya bahwa perangkat lunak apa pun yang mereka perlukan untuk dijalankan akan didukung.

Selain itu, karena Chromebook sangat fokus pada penyimpanan berbasis cloud, penyimpanan internal yang diberikan biasanya cukup kecil. Chromebook dapat hadir dengan 128GB atau kurang, meskipun akses ke fitur seperti Google Drive membuat ini tidak menjadi masalah.

Chromebook juga terbatas dalam hal permainan karena Anda hanya dapat memainkan game yang ditampilkan di Play Store. Banyak game AAA tidak akan didukung, dan kurangnya daya secara keseluruhan juga akan menghambat tugas yang lebih intensif kinerja.

Perangkat apa yang menggunakan Chrome OS?

Setiap Chromebook berjalan di Chrome OS, jadi perhatikan merek Chromebook jika Anda ingin mencoba sistem operasi ini.

Lihat daftar Chromebook di bawah ini untuk mendapatkan gambaran tentang laptop mana yang tersedia, dan lihat daftar lima Chromebook teratas kami untuk mengukur perangkat Chrome OS terbaik di pasar.

  • Acer Chromebook Spin 513
  • Lenovo Chromebook Duet
  • Acer Chromebook 314
  • Acer Chromebook 514
  • Acer Chromebook Spin 714
  • Lenovo 500e Chromebook 2nd Gen

Jika anda mencari Laptop yang menyediakan sistem Chrome OS anda bisa menggunakan daftar diatas yah! Namun, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli atau memakai sistem ini.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu chrome OS yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan kami diatas dapat membantu anda dalam memahami dan dapat menggunakannya dengan benar di PC atau laptop anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA