Apa itu Google Cast? Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Jagad.id – Apa itu Google Cast? Google Cast adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna terhubung ke perangkat seperti TV dan speaker dan mentransmisikan konten audio atau video.

Dengan Google Cast, pengguna dapat melakukan streaming audio dan video ke berbagai perangkat melalui Wi-Fi, daripada menggunakan teknologi seperti Bluetooth atau sarana transmisi fisik seperti HDMI.

Jadi, bagaimana cara kerja Google Cast? Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Google Cast?

Google Cast adalah perpanjangan alami dari apa yang dimulai Google dengan Chromecast. Chromecast adalah adaptor media streaming yang memungkinkan pengguna mengalirkan (atau mentransmisikan) konten video atau audio ke perangkat lain, seperti TV atau speaker nirkabel. Namun, Chromecast menggunakan dongle yang dicolokkan ke port HDMI.

Google Cast tidak perlu dicolokkan ke dukungan TV karena berfungsi secara nirkabel dengan perangkat lain yang kompatibel. Ini didukung oleh banyak aplikasi seperti iHeart Radio, iPlayer, YouTube, Tidal Connect dan Netflix dan bekerja hanya dengan menekan tombol di perangkat sumber Anda dan mentransmisikan konten ke perangkat lain. Selama Google Cast diinstal pada perangkat seluler Anda dan didukung oleh perangkat penerima, Anda siap untuk melakukan streaming.

Dengan menghubungkan secara nirkabel untuk menghasilkan ini, misalnya, memungkinkan musik diputar di berbagai speaker di sekitar rumah Anda atau menayangkan acara TV favorit Anda ke layar lebar dengan satu sentuhan tombol, tanpa perlu membeli perangkat keras tambahan untuk melakukannya.

Bagaimana Cara Kerja Google Cast Dengan Audio?

Selama ponsel dan perangkat yang ingin Anda sambungkan berada di jaringan Wi-Fi yang sama, Anda dapat mentransmisikannya. Ada beberapa aplikasi audio streaming musik seperti TuneIn dan Tidal yang kompatibel dengan Google Cast. Cara kerjanya adalah ketika Anda ingin melakukan streaming konten, katakanlah dari Tidal, klik ikon speaker di sudut kanan atas dan itu akan memunculkan produk apa pun yang saat ini tersedia untuk ditransmisikan.

Setelah Anda mengetuk perangkat, Google Cast akan mengambil alih, dan alih-alih streaming dari ponsel Anda, itu akan terhubung ke layanan langsung dari server layanan itu sendiri. Ini lebih ideal daripada Bluetooth, dengan lebih sedikit ruang untuk interferensi dan mengurangi pengurasan baterai pada ponsel Anda. Ini pada dasarnya mengubah ponsel Anda menjadi remote control yang cerdas.

Ponsel apa yang mendukung Google Cast?

Sebagian besar ponsel cerdas memiliki dukungan untuk Google Cast, didukung pada ponsel Android yang menjalankan Android 4.1+ atau lebih tinggi, dan iPhone yang menjalankan iOS 7.0+ atau lebih tinggi.

Semua perangkat Mac, ChromeOS, atau komputer Windows dapat memanfaatkan Google Cast asalkan memiliki ekstensi browser Chrome. Keragaman produk memperluas ekosistem untuk mentransmisikan konten, membuatnya semakin nyaman untuk streaming.

Perangkat Audio Mana Yang Mendukung Google Cast?

Kami tidak dapat menjalankan setiap perangkat yang dilengkapi dengan dukungan Cast (kami akan berada di sini untuk waktu yang sangat lama), tetapi kami dapat menunjukkan beberapa merek paling populer yang menggunakan protokol streaming seperti Bang & Olufsen , Braun Audio, Sony, Philips dan LG semua fitur produk dengan dukungan Google Cast, dengan lebih banyak di antara jajaran.

Google Cast memiliki banyak fitur positif, dengan dukungan untuk audio berkualitas tinggi (hingga 24-bit/192kHz, tergantung pada perangkat), serta kemampuan untuk menerima panggilan di ponsel cerdas Anda tanpa mengganggu koneksi, itu telah menjadi yang dicari -setelah fitur di perangkat audio.

Anda perlu memeriksa apakah speaker atau TV Anda memiliki dukungan transmisi, dan Anda mungkin menemukan bahwa beberapa perangkat hanya memiliki dukungan Google Cast untuk audio dan bukan untuk video. Dalam kasus seperti ini, Anda harus memeriksa perangkat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan jika menurut Anda, Anda perlu Cast audio dan video ke perangkat Anda.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu Google Cast yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengetahui cara menggunakan Google Cast. Semoga bermanfaat!

error: This content is protected by DMCA