Apa itu Bluetooth LE Audio? Apakah Benar Era Terbaru Bluetooth?

Jagad.id – Apa itu Bluetooth LE Audio? – Sejak Bluetooth muncul di akhir 90-an, ada banyak sekali standar nirkabel yang mengikutinya. Tetapi Bluetooth LE Audio bisa menjadi yang paling penting, dan berpotensi paling transformatif, sejak awal standar nirkabel.

LE Audio telah digembar-gemborkan sebagai generasi berikutnya dari audio nirkabel Bluetooth, menambahkan dukungan untuk berbagai fitur baru yang diklaim oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG) dapat mengubah cara kita menikmati audio dan terhubung secara nirkabel ke perangkat.

Ini adalah klaim yang tinggi tetapi mereka mungkin menyukai sesuatu. Bluetooth LE Audio dapat mengubah lanskap audio nirkabel di luar rumah.

Apa itu Bluetooth LE Audio?

Bluetooth ada di mana-mana, menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Banyak perangkat konsumen di rumah mendukungnya, mulai dari TV hingga speaker nirkabel; laptop dan printer. Berpetualang di luar dan mobil, ponsel cerdas, dan headphone nirkabel hanyalah beberapa perangkat yang menyertakannya.

Bluetooth adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan dua perangkat (atau lebih) terhubung satu sama lain.

Bluetooth LE Audio adalah kependekan dari Bluetooth Low Energy Audio. Bagian Energi Rendah telah ada selama beberapa tahun, dan mengacu pada bagaimana data ditransmisikan melalui koneksi energi rendah dengan konsumsi daya dan biaya yang lebih rendah, sambil mempertahankan kinerja yang serupa dengan standar Bluetooth ‘klasik’.

Anda mungkin menemukan perangkat Bluetooth hemat energi dalam bentuk suar, perangkat kebugaran, dan keamanan yang harus menyala dalam waktu lama tanpa menghabiskan banyak energi.

Bluetooth Low Energy Audio mencapai hasil yang sama tetapi untuk streaming audio. Ini menggunakan lebih sedikit daya tetapi bermaksud untuk memberikan suara berkualitas lebih baik dengan codec audio LC3 daripada yang dimungkinkan dengan SBC (Sub-Band Coding), dan bertujuan untuk melakukannya tanpa menghabiskan banyak bandwidth juga.

Apa itu codec audio LC3?

LE Audio memperkenalkan codec audio baru di LC3. LC3 adalah singkatan dari Low Complexity Communication Codec (maka L-C3) dan diperkenalkan dalam pembaruan Bluetooth 5.2 sebagai penerus SBC. Dukungan untuk LC3 akan bersifat wajib, tetapi produsen masih dapat menambahkan dukungan untuk codec lain, seperti aptX dan LDAC.

Apa manfaat dari Bluetooth LE Audio?

Buka situs web Bluetooth dan ada demonstrasi kualitas yang dibawakan Bluetooth LE Audio melalui codec SBC. Codec LC3 terdengar lebih baik daripada SBC pada 248, 192 dan 128kbps. Bahkan pada 128kbps, LC3 terdengar lebih baik daripada SBC pada 248kps di telinga penulis ini.

Namun, jangan mengambil lompatan ini sebagai langkah maju yang besar dalam kualitas audio nirkabel. LC3 tidak dimaksudkan untuk mengirimkan audio lossless atau High-Res. SBC dianggap sebagai codec audio Bluetooth dengan kualitas terendah, dan LC3 meningkatkannya tanpa menggunakan banyak energi.

Peningkatan kinerja codec LC3 seharusnya memungkinkan headphone, smartphone, dll. menggunakan lebih sedikit energi untuk mengirimkan audio, yang akan menguntungkan masa pakai baterai. Hal ini dapat memengaruhi desain perangkat karena baterai berpotensi lebih kecil tetapi tetap memiliki stamina yang sama, sehingga menghasilkan desain yang lebih kecil dan lebih ergonomis.

Ada juga Multi-Stream Audio, yang memungkinkan transmisi beberapa aliran audio antara perangkat sumber dan penerima. Diperkirakan dapat membantu menghasilkan pengalaman pencitraan stereo yang lebih baik, layanan kontrol suara yang lebih mulus, dan peralihan yang lebih mulus di antara berbagai sumber.

Apakah kelemahan dari Bluetooth LE Audio?

Kami telah menyebutkan bagaimana itu tidak benar-benar menangani file audio lossless atau Hi-Res dengan cara yang sama seperti LDAC Sony, LHDC atau Qualcomm’s aptX Lossless karena tidak dibuat untuk itu.

Selain itu, manfaat yang kami sebutkan tentang desain ergonomis hanya akan benar-benar berfungsi untuk perangkat yang hanya menggunakan audio LC3 untuk mengirimkan audio. Interpretasi kami adalah bahwa itu tidak akan mengubah masalah untuk perangkat yang mendukung LDAC, LHDC, atau aptX.

Apa dampak Bluetooth LE Audio pada alat bantu dengar?

Audio Bluetooth LE dimulai pada tahun 2013 sebagai tanggapan terhadap pengembangan spesifikasi Bluetooth Low Energy untuk streaming audio. Ini sangat relevan dengan alat bantu dengar mengingat masalah kualitas audio, masa pakai baterai, dan kemampuannya untuk menyaring suara yang dapat mengalihkan perhatian, dan pemecahan masalah ini mendorong penelitian lebih lanjut ke audio Bluetooth LE.

Teknologi yang menggerakkan alat bantu dengar kembali ke tahun 1950-an dan spesifikasi baru akan membantu membawanya ke zaman modern. Keuntungan menggunakan Bluetooth dibandingkan teknologi telecoil adalah bahwa hal ini akan membantu menstandardisasi teknologi, yang mengarah pada kompatibilitas yang lebih luas dan ketersediaan alat bantu dengar Bluetooth.

Alat bantu dengar juga akan dapat menerima sinyal stereo dan mono pada saat yang bersamaan, sangat berguna bagi mereka yang hanya memiliki satu alat bantu dengar atau orang lain yang memerlukan penggunaan sepasang.

Bluetooth LE Audio juga menghadirkan teknologi siaran Auracast yang menurut Bluetooth SIG akan “memungkinkan jenis baru Sistem Pendengaran Bantu yang canggih dengan kualitas audio yang lebih tinggi dan privasi yang lebih besar”, dengan teknologi yang digambarkan secara signifikan lebih mudah digunakan dan lebih murah untuk diintegrasikan daripada induktif. loop (sistem komunikasi elektromagnetik).

Apa itu Auracast?

Dalam istilah yang paling sederhana, Auracast memungkinkan perangkat sumber untuk menyiarkan satu atau lebih aliran ke perangkat audio sink dalam jumlah yang tidak terbatas (sink audio mengacu pada penerima Bluetooth seperti earbud nirkabel).

Auracast dapat mengubah TV atau layar lain di ruang publik sehingga orang dapat mendengar apa yang sedang dikatakan. Misalnya, alih-alih suara dibisukan di TV di gym, orang dapat mendengar apa yang dikatakan melalui koneksi Bluetooth. Contoh lain termasuk mendengarkan pengumuman di bandara atau alat bantu di bioskop untuk memungkinkan mereka yang sulit mendengar untuk mendengarkan apa yang dikatakan.

Kapan Bluetooth LE Audio diluncurkan?

Bluetooth LE Audio belum memasuki pasar sehingga tidak ada produk pada saat publikasi. Produk pertama diharapkan pada bulan-bulan menjelang akhir tahun.

Diharapkan perangkat perlu mendukung spesifikasi Bluetooth 5.2 agar kompatibel dengan Bluetooth LE Audio, yang menunjukkan bahwa produk yang sudah memilikinya dapat diperbarui melalui firmware untuk menyertakan Bluetooth LE. Kami akan segera mengetahui perangkat apa yang kompatibel dengan standar nirkabel baru.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan penjelasan tentang Apa itu Bluetooth LE Audio yang bisa anda ketahui. Dengan teknologi ini, menunjukkan perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu yah!

error: This content is protected by DMCA