Cara Promosi Podcast Dengan Benar! Ini Cara Deddy!

Jagad.id – Cara Promosi Podcast – Podcasting telah meledak baik sebagai platform pengiriman konten maupun sebagai alat pemasaran. Saat ini ada lebih dari 2.000.000 podcast, 48.000.000 episode, dan 50% rumah tangga menyertakan setidaknya satu pendengar podcast. Angka-angka ini hanya bertambah karena semakin banyak orang beralih ke podcast sebagai sumber konten eksklusif mereka.

Dan di Indonesia, Deddy Corbuzier mungkin merupakan salah satu podcaster yang sangat terkenal. Dan tidak bisa dipungkiri, anda bisa melakukan cara yang dilakukannya untuk melakukan promosi podcastnya. Dan dibawah, anda akan mendapatkan poin strategi yang bisa anda gunakan.

Banyak merek telah menambahkan podcasting ke dalam rencana pemasaran mereka, tetapi bagaimana Anda memasarkan podcast itu sendiri? Baca terus karena kami telah mengumpulkan cara terbaik untuk mempromosikan podcast Anda di tahun ini.

9 Cara Promosi Podcast

Seperti halnya produk, layanan, atau acara apa pun, ada banyak metode promosi yang dapat Anda gunakan. Memulai podcast bisa menjadi pekerjaan yang menakutkan, tetapi begitu Anda mendapatkan momentum dan mengatasi kekusutan, itu bisa menjadi cara terbaik untuk menghasilkan prospek baru.

Itu karena podcast memposisikan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan otoritas jika dilakukan dengan benar. Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan Anda mengirimkan konten yang hebat dan menarik pendengar aktif.

Buat Konten Podcast Hebat

Cara promosi podcast Ini mungkin tidak perlu dikatakan lagi, tetapi podcast Anda harus menarik dan memberikan nilai kepada audiens target Anda. Anda dapat mempromosikan podcast Anda sampai maksimal, tetapi jika tidak menghibur atau mendidik, Anda bisa melupakan pendengar.

Pertama dan terpenting, Anda perlu mengidentifikasi ceruk khusus yang dapat Anda buat sendiri. Kedua, Anda harus bersemangat tentang topik Anda. Ketiga, Anda perlu melakukan riset tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens target Anda.

Dengan terus memperbarui tren industri Anda, Anda dapat terus menghasilkan konten yang memenuhi permintaan audiens Anda. Apa yang relevan sekarang? Mengapa orang tertarik untuk mendengarkan?

Memiliki suara dan gaya yang unik juga dapat memisahkan Anda dari konten biasa, jadi jadilah diri sendiri dan bagikan pendapat Anda. Anda juga perlu fokus pada kualitas, terutama dalam hal suara. Podcast yang konsisten, menarik, dan dibuat dengan baik sepadan dengan usaha ekstra dalam jangka panjang.

Jangkau Podcasters

Anda sendiri mungkin memiliki beberapa podcaster favorit. Identifikasi yang tidak bersaing langsung dengan Anda tetapi memiliki produksi dan struktur yang sangat baik. Jangkau dan minta beberapa cara promosi podcast tentang peralatan suara, perangkat lunak, dan alat lain apa yang mereka gunakan. Anda mungkin terkejut betapa terbuka dan siapnya beberapa orang untuk membantu. Anda bahkan mungkin berakhir sebagai tamu di podcast mereka atau memilikinya di podcast Anda.

Hasilkan Beberapa Podcast sebelum Meluncurkan

Sebelum menerbitkan podcast pertama Anda, buat beberapa episode (5-10). Ini mengurangi tekanan pada Anda untuk mengikuti jadwal awal dan berarti Anda memiliki simpanan konten. Beberapa orang ingin mendengarkan secara berlebihan, jadi pastikan mereka bisa! Bagikan episode pertama Anda dengan beberapa audiens target Anda untuk mendapatkan umpan balik, lalu gabungkan saran ke depannya.

Kirim Podcast Anda ke Direktori

Anda ingin orang dapat menemukan podcast Anda di direktori tempat mayoritas orang mencari konten. Apple adalah pemain besar dalam hal langganan dan unduhan podcast. Google dan Spotify juga mendapatkan daya tarik. Stitcher dan TuneIn lebih kecil, tetapi tidak boleh diabaikan. Mengirimkan podcast Anda ke direktori ini adalah proses yang gratis dan cukup mudah. Penyedia hosting podcast seperti Buzzsprout dapat mengotomatiskan pengiriman direktori podcast Anda.

Bagikan Podcast Anda dengan Audiens yang Ada

Daftar pelanggan email Anda yang sudah ada, pengikut Anda di Instagram dan Facebook—audiens ini cenderung tertarik dengan cara promosi podcast Anda. Anda dapat menggoda mereka dengan pratinjau, menanyakan tamu atau topik apa yang mereka minati, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menghasilkan buzz seputar peluncuran Anda dan memberikan nilai besar dengan episode pertama Anda. Ini bisa dengan cuplikan suara atau klip video yang dibagikan di Instagram, Facebook, TikTok, dll. Minta pengikut untuk berkomentar atau mengajukan pertanyaan di saluran sosial, lalu sebutkan di podcast untuk membuat percakapan dan mendorong lebih banyak keterlibatan. Teknik ini juga dapat menumbuhkan pemirsa saluran sosial Anda secara bersamaan.

Konversi Audio ke Video YouTube

Anda dapat merekam video podcast Anda saat merekam audio, atau mengonversi audio Anda menjadi video YouTube dengan gambar dan bahkan anotasi. Bagaimanapun, Anda sekarang memiliki tautan YouTube yang dapat dibagikan untuk saluran lain. Ini juga berarti Anda juga dapat memanfaatkan SEO melalui kata kunci yang digunakan di YouTube. Deskripsi video Anda sangat penting dan dapat menjadi sumber manfaat peringkat yang bagus jika dilakukan secara konsisten.

Jadilah Tamu Podcast

Menjadi tamu di podcast lain dalam ceruk atau industri pelengkap Anda adalah cara terbaik untuk memasarkan podcast Anda dan menyiapkan tamu masa depan Anda sendiri. Podcaster selalu mencari tamu untuk membantu membuat konten baru bagi audiens mereka.

Di halaman daftar podcast iTunes, Anda dapat mencari podcast yang menurut Anda cocok. Kemudian tentang menjadi proaktif dan terhubung dengan podcaster tersebut dan menanyakan apakah mereka akan mengundang Anda sebagai tamu. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda mungkin akan mendapatkan tamu berikutnya juga!

Minta Orang untuk Berlangganan

Semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, semakin terlihat Anda di direktori dan semakin menarik bagi pelanggan baru (bukti sosial adalah motivator yang kuat). Peringkat Anda di Apple Podcast terkait langsung dengan jumlah pelanggan Anda. Anda dapat meminta orang untuk berlangganan melalui email, postingan sosial, dan di podcast Anda sendiri.

Buat Halaman Arahan Podcast

Arahkan semua lalu lintas pemasaran podcast Anda ke halaman arahan yang menghosting episode Anda. Iklan Facebook dapat bekerja dengan sangat baik untuk menarik pendengar yang tertarik. Dengan Google Analytics, Anda kemudian dapat menganalisis dan melacak semua interaksi pengguna dan sumber lalu lintas. Berdasarkan data ini, Anda dapat memodifikasi upaya pemasaran Anda untuk fokus pada apa yang berhasil.

Podcasting sedang dalam perjalanan untuk menjadi strategi pemasaran utama. Orang-orang menikmati konten tanpa naskah berdurasi panjang dan wawasan yang lebih dalam tentang hal-hal yang mereka minati dan pedulikan. Membuat podcast dapat mendorong merek Anda maju sebagai otoritas industri dan membantu menciptakan lebih banyak kepercayaan di antara audiens target Anda. Coba terapkan kiat-kiat ini untuk mempromosikan podcast Anda dan dapatkan imbalan dari salah satu jenis konten yang paling menarik.

Akhir Kata

Nah, demikian merupaka ulasan tentang cara promosi podcast yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan pengunjung anda. Semoga dari ulasan diats dapat membantu anda meningkatkan rafik dari channel anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA