Konten Marketing: Manfaat, Format Dan Strateginya

Jagad.id – Saat ini, Anda pasti pernah mendengar ungkapan “Konten adalah Raja”. Jauh dari ketinggalan zaman, konten marketing terus menjadi sama pentingnya bagi pemasar. Faktanya, menurut sebuah studi oleh DemandMetric, 78% CMO percaya bahwa konten khusus adalah masa depan pemasaran.

Jika Anda belum mengikuti rangkaian konten untuk merek Anda, saya ingin mendorong Anda untuk mulai melakukannya sesegera mungkin dengan panduan ini untuk memulai! Kami akan membahas konten bermerek dan bukan, manfaat, format yang paling banyak digunakan, serta beberapa strategi untuk menarik klien.

Tentang Konten Marketing

12 tahun yang lalu, Joe Pulizzi memberikan definisi “Konten Marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan pemirsa yang jelas — dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.”

Cukup sederhana, bukan? Hanya untuk memastikan Anda benar-benar memahaminya, mari kita lihat beberapa petunjuk tentang jenis pemasaran ini, dan apa yang bukan.

  • Nilai penawaran, gratis. “Beri dan Anda akan menerima” adalah salah satu moto besar pembuatan konten.
  • Investasi jangka panjang. Beberapa perusahaan mulai menulis blog dengan antusias, dan kemudian menyerah ketika mereka tidak dapat mengukur hasil setelah beberapa bulan.
  • Salah! Sebelum terjun, Anda perlu memahami sepenuhnya bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus konsisten, dan berpikir dalam jangka panjang.
  • Upaya seluruh tim. Jika Anda memikirkan semua orang berbeda yang bekerja di perusahaan Anda, Anda pasti akan menemukan bahwa setiap orang dapat menawarkan perspektif baru dan segar tentang konten Anda. Meskipun sebagian besar tanggung jawab ada di departemen pemasaran, melibatkan seluruh tim Anda akan membuat konten Anda jauh lebih menarik.

Manfaat Konten Marketing

Konten marketing adalah investasi jangka panjang, yang membutuhkan waktu dan sumber daya. Jadi mengapa repot-repot? Berikut adalah beberapa manfaat dari strategi konten yang baik:

Anda memenangkan kepercayaan pengguna Anda. Menerbitkan konten berkualitas secara teratur membuat pengguna tahu bahwa mereka dapat mempercayai merek Anda. Lagi pula, jika Anda bersedia membantu mereka secara gratis, apa yang tidak ingin Anda lakukan saat mereka membayar Anda?

Anda memposisikan diri sebagai ahli dalam industri Anda. Jika Anda dapat “berada di sana” ketika sebuah surat kabar menulis artikel tentang industri Anda, atau ketika seseorang menginginkan beberapa informasi tentang topik tertentu, Anda akan mendapatkan pengakuan dan otoritas, mengubah diri Anda menjadi pakar industri.

Ini meningkatkan strategi jangka panjang Anda. Dengan rencana konten yang dikembangkan dengan baik, Anda dapat merasa nyaman mengetahui arah pemasaran Anda dan apa yang akan Anda lakukan dan kapan.

Ini meningkatkan posisi mesin pencari Anda (SEO). Menerbitkan konten secara teratur adalah cara yang pasti untuk membuat Google menyukai Anda. Jika Anda dapat menempatkan konten Anda di antara hasil mesin pencari pertama, Anda akan memiliki akses ke sumber lalu lintas gratis yang luar biasa.

Ini menghasilkan klien dan penjualan. Sebagai konsekuensi dari semua hal di atas, penjualan Anda akan meningkat, dengan lebih banyak pengguna yang mengunjungi situs web Anda, dan yang lebih mempercayai Anda. Namun demikian, jika Anda ingin strategi Anda benar-benar berfungsi dan efektif, jangan lupakan langkah selanjutnya dalam corong konversi konten marketing yang kami sebutkan sebelumnya.

Format Konten Paling Populer

Sebelum mulai memikirkan berbagai format yang dapat Anda gunakan, rekomendasi saya adalah untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda fokuskan: nilai apa yang dapat Anda tawarkan kepada klien potensial Anda, dan bagaimana Anda menyampaikan pesan tersebut.

Menurut ini, Anda akan menemukan diri Anda condong ke beberapa format atau lainnya. Bagaimanapun, perlu diingat bahwa selalu merupakan ide bagus untuk membuat berbagai jenis konten, untuk melihat mana yang paling berhasil, dan untuk menawarkan beberapa tingkat variasi.

Yang sedang berkata, berikut adalah format paling populer, yang efisiensinya dalam konten marketing telah terbukti berkali-kali:

  • Blog. Meskipun telah ada selama beberapa dekade, mereka masih menjadi salah satu cara favorit kami untuk mengonsumsi konten. Kunci blog yang sukses adalah menerbitkan secara teratur dan konsisten, memiliki kategori dan tag yang terorganisir dengan baik, dan berinvestasi dalam artikel berkualitas tinggi.
  • Reports, Papers, dan PDF lain yang dapat diunduh. Jenis konten ini menawarkan banyak nilai bagi orang-orang yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, dan sangat membantu dalam memposisikan Anda sebagai pakar industri. Mereka juga merupakan cara yang sangat efisien untuk mendapatkan email klien potensial Anda dan detail kontak dasar.
  • Buletin. Setelah Anda dapat mengumpulkan database orang-orang yang berpotensi tertarik dengan merek Anda, buletin adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan konten terbaik blog Anda.
  • Video. Video terus menjadi tren dan semakin populer di kalangan pengguna. Format seperti tutorial video sangat efektif dalam memosisikan merek Anda, sedangkan video langsung adalah cara yang hebat dan inovatif untuk menjangkau pemirsa dan memamerkan spontanitas Anda.
  • Infografis. Tambahan sempurna untuk blog Anda agar mudah dibagikan di media sosial.

Strategi Menarik

Saat merencanakan strategi pemasaran konten Anda, Anda dapat fokus pada banyak hal. Saran utama saya adalah memulai dengan sederhana, selalu mengingat empat langkah yang kami sebutkan di atas. Berikut adalah beberapa ide:

Buat konten sebaik mungkin. Jika Anda akan melakukan investasi jangka panjang yang dibutuhkan oleh pemasaran semacam ini, lakukanlah dengan baik! Anda membutuhkan konten Anda untuk mengesankan pengguna Anda, sedemikian rupa sehingga mereka merekomendasikannya kepada teman-teman mereka dan memandang Anda sebagai titik referensi.

Jangan hanya fokus pada lalu lintas, tetapi juga pada konversi. Lalu lintas dan pengunjung, dengan sendirinya, tidak akan banyak menguntungkan Anda. Prospek, di sisi lain, sangat bermanfaat bagi Anda. Itulah mengapa Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki strategi untuk membuat pengunjung meninggalkan detail kontak mereka kepada Anda, dan menawarkan sesuatu yang berharga sebagai gantinya.

Berinvestasi dalam SEO. Secara konsisten membuat konten berkualitas tinggi membuat mesin pencari sangat senang… tetapi ini bukan satu-satunya hal terkait SEO yang harus Anda ingat. Agar konten Anda mudah ditemukan dan relevan, konten tersebut harus diberi tag dengan baik dan mengikuti semacam pedoman pemosisian (yang tidak menyertakan pengulangan kata kunci yang tidak masuk akal). Jika Anda berhati-hati dengan ini sejak awal, Anda akan mulai melihat efek konten Anda lebih cepat.

Pikirkan jangka panjang. Saya tidak akan bosan mengatakannya: perencanaan adalah setengah dari pertempuran. Agar penerbitan Anda konsisten dan dapat diandalkan, Anda perlu mengatur kalender konten Anda terlebih dahulu.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang konten marketing yag bisa anda terapkan dalam strategi bisnis anda. Dengan menggunakan ini, tentu bisnis anda akan mendapatkan angin segar dalam perjalanannya. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA