Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis di Tahun 2022

Jagad.id – Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis – Ketika Snapchat muncul pada tahun 2012, pengguna bersemangat dengan membiarkan mereka bercerita, menggunakan filter yang menyenangkan, dan membuat konten yang tidak biasa. Sejak saat itu, aplikasi lain seperti Instagram, Facebook, dan sekarang TikTok, telah membuat versi mereka sendiri dari gaya mendongeng ini. Meskipun Snapchat memelopori gaya konten ini, sepertinya semakin sedikit orang yang membicarakan platform ini akhir-akhir ini.

Jadi, di manakah posisi Snapchat sebagai platform media sosial dan alat marketing di tahun 2022?

Hingga akhir tahun 2021, Snapchat masih memiliki 319 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Meskipun sepertinya lebih sedikit orang yang menggunakan Snapchat untuk bisnis, Snapchat telah mengalami peningkatan penggunaan sebesar 20,5% sejak 2019. Dan jumlahnya terus meningkat.

Dibandingkan dengan Twitter dan Facebook, Snapchat adalah platform sosial yang paling banyak diperdagangkan di kalangan remaja dan dewasa muda. Dan pengguna Snapchat menghabiskan lebih dari 25 menit sehari di platform.

Siapa yang masih dapat memanfaatkan Snapchat untuk bisnis?

Jika merek Anda melayani Gen Z atau milenial yang lebih muda, Snapchat dapat berdampak besar pada bisnis Anda. Generasi ini memiliki miliaran dolar daya belanja langsung serta pengaruh atas pengeluaran rumah tangga.

Snapchat juga cenderung bekerja paling baik dengan langsung ke merek konsumen yang dapat menggunakan aplikasi untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web atau aplikasi e-niaga. Karena Snapchat memungkinkan bisnis membuat konten pendek dan sangat menarik, itu membuat pengguna banyak berinvestasi dalam cerita tersebut. Karena tingkat keterlibatannya yang tinggi, Snapchatter 60% lebih mungkin melakukan pembelian impulsif berdasarkan produk yang mereka lihat di aplikasi.

Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis

Jadi sebagai digital marketing, bagaimana Anda bisa menggunakan Snapchat dengan cara yang masuk akal dan memenuhi demografi yang aktif di platform? Berikut adalah beberapa cara merek dapat terus memasukkan Snapchat ke dalam strategi pemasaran mereka.

Promosikan (Cross-promote) konten dari platform lain

Agar berhasil menggunakan Snapchat, Anda harus memiliki pengikut di platform. Jika Anda memiliki banyak pengikut di platform lain, beri tahu pengikut tersebut tentang Snapchat Anda untuk mendorong mereka melihat konten Anda di sana. Ini membantu untuk memiliki sudut tertentu atau fokus pada konten Snapchat Anda atau membagikan hal-hal yang tidak Anda bagikan di platform lain.

Anda dapat memberi pengikut Anda di platform lain sekilas tentang konten asli yang Anda posting di Snapchat. Ini akan menciptakan kegembiraan dan mendorong orang untuk mengikuti Anda di platform itu juga.

Ikuti terus tren media sosial terbaru untuk memastikan bahwa Anda selalu membuat konten yang segar dan menarik. Ini sangat penting saat menargetkan generasi yang dikenal selaras dengan apa yang sedang tren.

Buat filter interaktif untuk merek Anda

Salah satu hal yang membuat Snapchat begitu populer adalah filter—atau Lenses, seperti yang disebut—dan geotag di aplikasi. Bisnis memiliki peluang untuk menyampaikan pesan mereka kepada pengguna Snapchat dengan membuat filter interaktif yang ingin digunakan Snapchatter.

Rata-rata pengguna Snapchat berinteraksi dengan Snapchat Lens setidaknya selama 20 detik dan cenderung membagikan gambar atau video mereka sendiri menggunakan filter tersebut. Cara menggunakan Snapchat untuk bisnis ini pada dasarnya membuat konten buatan pengguna yang mempromosikan merek Anda kepada audiens mereka.

Dengan geofilter, Anda dapat membuat filter khusus lokasi ketika pengguna menggunakan bisnis atau lokasi Anda. Ini bekerja sangat baik untuk toko, restoran, atau bisnis apa pun yang anda miliki. Saat seseorang menggunakan geofilter atau Lens di Snapchat, Anda mendapatkan paparan instan, iklan gratis, dan bukti sosial untuk pengikut mereka.

Koordinasikan pengambilalihan (takeover) merek di akun Anda

Jika Anda bekerja dengan pemberi pengaruh, Anda dapat memasukkan pengambilalihan Snapchat ke dalam perjanjian konten Anda. Membiarkan influencer mengambil alih akun Snapchat Anda selama sehari akan mendorong audiens mereka untuk mengikuti akun Anda. Influencer juga kemungkinan akan mempromosikan pengambilalihan itu di akun mereka, membantu mengarahkan lalu lintas ke halaman Anda.

Saat melakukan pengambilalihan Snapchat, cobalah menjadikannya eksklusif untuk platform. Sepertinya ide yang bagus untuk memposting ulang cerita dari pengambilalihan Instagram ke Snapchat, tetapi Anda ingin mendorong orang untuk mengikuti Anda di Snapchat serta Instagram untuk mendapatkan dampak penuh dari platform. Buat pengambilalihan yang khusus untuk Snapchat dan bekerja sama dengan influencer yang sudah aktif di aplikasi.

  • Tetapkan sasaran spesifik untuk platform yang berkontribusi pada sasaran pemasaran Anda secara keseluruhan.
  • Menetapkan tujuan pemasaran media sosial tertentu dapat membantu Anda memahami bagaimana Snapchat dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Jika tujuan Anda adalah meningkatkan lalu lintas, Snapchat dapat membantu mengarahkan pengguna ke situs web Anda. Platform baru-baru ini menambahkan kemampuan untuk menambahkan tautan ke Snaps Anda, yang berfungsi sangat baik saat mempromosikan produk atau penawaran di situs web Anda.

Setiap akun bisnis Snapchat memiliki akses ke analitik akun mereka melalui alat analitik asli platform, Snapchat Insights.

Metrik ini mencakup demografi penayangan cerita Anda, termasuk usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat umum. Anda juga akan melihat siapa yang menonton cerita Snapchat Anda hingga akhir dan jumlah orang yang melihat cerita Anda.

Investasikan dalam iklan berbayar

Jika Anda memiliki anggaran iklan dan audiens yang besar di Snapchat, maka iklan Snapchat dapat menjadi bagian yang menguntungkan dari strategi pemasaran media sosial Anda.

Berikut adalah jenis iklan utama yang dapat Anda gunakan di Snapchat.

  • Iklan koleksi (Collection ads)

Iklan koleksi menggunakan latar yang dapat diketuk untuk ditautkan ke produk yang dapat dibeli pengguna langsung dari aplikasi. Iklan yang dapat dibeli ini ideal untuk bisnis e-niaga. Saat menguji jenis iklan ini terhadap iklan Snap standar, eBay melihat keterlibatan lima kali lebih banyak saat menggunakan iklan Koleksi pada produk yang sama.

  • Filter dan Lensa

Kami telah menyebutkan bagaimana filter dan lensa dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek pada aplikasi. Fitur Snapchat ini juga termasuk dalam platform periklanannya. Selain biaya pembuatan filter atau lensa, Anda juga dapat membayar filter atau lensa bersponsor yang akan didistribusikan oleh Snapchat ke audiens target Anda. Semakin tinggi anggaran distribusi Anda, semakin banyak orang yang akan Anda jangkau dengan filter atau lensa Anda.

  • Iklan cerita (Story ads)

Iklan cerita muncul di bagian Temukan Snapchat dan sebagai iklan bermerek. Dengan iklan cerita, Anda dapat membuat 3 hingga 20 iklan gambar atau video. Ini biasanya langsung, iklan layar penuh yang berisi ajakan bertindak. Sebagian besar iklan ini berisi lampiran yang memungkinkan pengguna menggesek ke atas dan membuka situs web lain.

  • Iklan

Iklan ini tidak dapat dilewati setidaknya selama 6 detik dan muncul dalam konten kurasi Snapchat. Iklan komersial sangat bagus untuk membangun kesadaran merek pada aplikasi dan menjangkau pemirsa baru.

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup besar, dan audiens target Anda cocok dengan target demografis Snapchat, ada baiknya bereksperimen dengan menjalankan iklan komersial di platform.

Akhir Kata

Meskipun menarik audiens tertentu, masih ada cara menggunakan Snapchat untuk bisnis yang dapat membantu mengembangkan merek Anda. Saat Anda menggunakan Snapchat sebagai saluran pemasaran yang disengaja dan strategis, ini dapat membantu Anda mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan penjualan di kalangan milenial dan Gen Z secara lebih efektif daripada platform lain.