Bagaimana Netflix Menghasilkan Uang, Simak Selengkapnya!

Jagad.id – Sekarang, jawaban yang lebih mudah untuk pertanyaan ini adalah biaya berlangganan. Ya, itulah salah satu faktor yang membuat Netflix menghasilkan. Tapi bukan itu. Model pendapatan Netflix mencakup banyak faktor menghasilkan uang yang akan kita bahas lebih lanjut di blog ini. Namun sebelum kita bahas bagaimana Netflix menghasilkan uang itu, mari kita lihat sejarah singkat Netflix.

Pertumbuhan Netflix telah mengalami perkembangan pesat bahkan sejak awal abad ke-21. Ketika Netflix memasuki pasar, video Netflix vs Blockbuster menjadi salah satu studi kasus penting dari salah satu layanan streaming terbaik. Netflix ingin bergandengan tangan dengan Blockbuster, tetapi kesepakatan itu tidak pernah terjadi. Dengan demikian, Netflix melanjutkan perjalanannya sebagai platform independen dan berupaya memperluas model bisnisnya yang berteknologi maju dibandingkan dengan video Blockbuster.

Platform Dengan Rilis Berbasis Langganan

Awalnya, model berbasis langganan ini memungkinkan pengguna untuk menyewa DVD sebanyak yang mereka inginkan dalam masa berlangganan tanpa biaya tambahan. Belakangan, algoritma peringkat pengguna juga diperkenalkan, yang berdampak positif pada jumlah pengguna yang dimiliki Netflix.

Berapa penghasilan Netflix? – Wawasan Pendapatan

Untuk memahami bagaimana Netflix menghasilkan uang, mari kita lihat jumlah pelanggannya terlebih dahulu. Pada tahun 2000, Netflix memiliki 300.000 pelanggan, yang hanya tumbuh dua kali lipat pada tahun 2002. Itu berarti 600.000 pelanggan dari 300.000 dalam dua tahun. Kemudian, pada tahun 2005, dipastikan bahwa Netflix telah membangun jaringan 4,2 juta pelanggan dengan aman.

Sekarang, mari selami detail pendapatan. Pada kuartal pertama 2011, Netflix melaporkan total pendapatan sebesar $719 juta. Selain itu, pada kuartal terakhir tahun yang sama, jumlahnya mencapai $876 juta. Pertumbuhan pendapatan sejak itu telah melihat peningkatan eksponensial dalam jumlahnya.

Menurut Statistik, Netflix menghasilkan total pendapatan sebesar $7,16 miliar pada kuartal pertama tahun 2021. Pada kuartal sebelumnya, pendapatan ini dibatasi hingga $5,8 miliar. Selain itu, data lain dari Backlinko menunjukkan bahwa saat ini, Netflix menghasilkan pendapatan rata-rata $10,82 per pengguna secara global. Data menyaksikan kenaikan 25,66% sejak 2016. Sementara di AS & Kanada, pendapatan per pelanggan adalah $13,51, 89,74% lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan pelanggan Amerika Latin.

Berapa Penghasilan Netflix Setahun? – Tren Pendapatan Bersih

Sekarang, mari kita bahas real deal. Penghasilan bersih yang dihasilkan Netflix setiap tahun. Untuk itu, mengacu pada pernyataan resmi Netflix untuk mengumpulkan data keuangannya. Untuk kuartal terakhir tahun 2020, data menunjukkan bahwa Netflix menghasilkan pendapatan bersih sebesar $542 juta bersama dengan pendapatan operasional sebesar $954 juta.

Namun, dibandingkan kuartal ketiga tahun yang sama, masih lebih sedikit. Pada kuartal ketiga, Netflix telah menghasilkan $790 juta sebagai pendapatan bersih bersama dengan $1315 juta pendapatan operasional.

Sumber Pendapatan

Nah, informasi yang kita bahas tadi akan membantu kita dalam memahami posisi Netflix sebagai layanan streaming global. Satu-satunya sumber pendapatan Netflix adalah pelanggannya. Netflix tidak mendukung iklan. Juga tidak menjual data pengguna ke pihak ketiga. Protokol keamanan data pengguna Netflix adalah alasan lain mengapa Netflix memimpin pasar sebagai platform streaming.

Rata-rata, Netflix menghasilkan antara $8 hingga $15 per langganan dalam sebulan. Data juga bervariasi sesuai dengan lokasi. Di AS, biaya berlangganan Netflix termurah adalah $8,99 per bulan. Paket tersebut mencakup streaming satu layar di perangkat apa pun. Namun, fitur ULTRA HD tidak ditawarkan dalam paket berlangganan ini. Di sisi lain, paket termahal hadir dengan biaya $17,99. Ini juga mendukung streaming empat layar.

Sekarang, ambil negara lain seperti Indonesia sebagai contoh. Di pasar Indonesia, paket Netflix termurah mulai dari $2,70 per bulan. Namun, paket tersebut hanya mendukung layanan streaming Netflix di satu perangkat ponsel atau tablet. Paket termahal di Indonesia dengan fitur yang sama dengan paket Netflix termahal di AS dikenakan biaya $10,28 per bulan.

Bagaimana Netflix Menghasilkan Uang?- Pertanyaan Umum

Lebih jauh lagi, kami membahas beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan orang di Internet.

1.Bagaimana Netflix menghasilkan uang dari yang asli?

Jawab- Beberapa tahun yang lalu, Netflix biasa melakukan streaming acara dengan membeli lisensi dari perusahaan produksi lain. Namun, itu berubah dan sekarang, Netflix mulai memproduksi acaranya juga. Netflix juga bermitra dengan perusahaan pemilik konten lain seperti Sony.

2. Bagaimana film Netflix menghasilkan uang?

Jawab- Film Netflix biasanya didasarkan pada apa yang mungkin disukai pengguna. Jadi, Netflix mencoba mendapatkan lisensi berbayar untuk streaming film ini atau memproduksinya. Penghasilan sepenuhnya didasarkan pada biaya berlangganan. Oleh karena itu, tujuannya adalah mendorong konten yang mungkin memengaruhi jumlah langganan secara positif.

Untuk menyimpulkan- Tidak ada keraguan bahwa model pendapatan Netflix sempurna. Tingkat kepuasan pengguna karena tidak menggunakan iklan adalah sesuatu yang membuatnya unik dan juga pilihan yang disukai. Selain itu, selain sebagai layanan streaming terbaik, Netflix juga tahu bagaimana memainkan peran sebagai salah satu agen pemasaran aplikasi terbaik untuk aplikasi selulernya.

Jika Anda mengikuti Netflix melalui platform media sosialnya, Anda akan melihat Netflix sangat aktif di Facebook, Instagram, dan Twitter dengan meme dan postingan favorit penggemar. Jadi, seseorang dapat mempelajari banyak hal dari model bisnis luar biasa yang diikuti Netflix secara internasional.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang bagaimana Netflix menghasilkan uang yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda memberikan wawasan yang ingin anda ketahui. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA