Cara Membuat Infografis Beserta Aplikasi Untuk Membuatnya

Jagad.id – Infografis adalah cara visual untuk memberikan informasi dengan cepat dan mudah. Karena itu, mereka telah menjadi elemen penting dari konten marketing. Namun, membuat bahan jenis ini bisa rumit jika Anda tidak memiliki alat (tool) atau aplikasi yang tepat. Nah, kali ini Jagad.id akan memberikan ulasan tentang cara membuat infografis dengan menggunakan aplikasi terbaik.

Langsung saja, kami akan menjelaskan alat apa yang dapat Anda gunakan untuk membuat infografis dan apa yang perlu diingat saat membuatnya.

Cara Membuat Infografis Dengan Baik

Infografis yang baik dengan jelas menampilkan pesan Anda dengan cara visual yang sederhana, itulah sebabnya mereka menjadi elemen kunci dalam konten marketing. Namun, agar infografis benar-benar efektif, serangkaian poin penting harus diperhitungkan.

Konten Ringkas dan Terstruktur dengan Baik

Cara membuat infografis harus mengomunikasikan pesan Anda dengan jelas, sehingga semua informasi yang dikandungnya harus tertata dan terstruktur dengan cara yang koheren. Idealnya, pesan harus langsung dan ringkas, karena jika infografis terlalu berlebihan, akan lebih sulit bagi pembaca untuk memahaminya.

Penggunaan Citra Perusahaan

Jika logo atau merek Anda menggunakan warna, tipografi, atau elemen desain tertentu, gabungkan ke dalam infografis Anda. Ini adalah kunci untuk meningkatkan identitas merek. Ketika semua konten memiliki gaya yang sama, publik menghubungkan warna, tipografi, dll. dengan perusahaan Anda.

Mengoptimalkan Metadata untuk SEO

Semua konten Anda harus dioptimalkan untuk SEO, termasuk infografis. Ini seharusnya tidak memperlambat waktu pemuatan situs web atau blog Anda. Selain itu, judul dan deskripsi tidak boleh mengandung aksen, koma, tanda kurung, atau elemen serupa lainnya.

Ketika semua konten Anda dioptimalkan untuk SEO, akan lebih mudah untuk menentukan peringkat di mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu semua yang Anda publikasikan harus diformat sesuai.

Sesuaikan Format untuk Setiap Platform

Jika cara membuat infografis yang sama akan diterbitkan pada platform yang berbeda, penting untuk memastikan bahwa itu disesuaikan dengan format agar tidak terputus dan informasi tidak hilang.

Setiap jejaring sosial memiliki formatnya sendiri sehingga penting untuk memeriksa apakah gambar Anda ditampilkan dengan benar di masing-masing jejaring sosial. Jika infografis akan dipublikasikan di postingan blog atau di halaman web, itu juga harus disesuaikan.

Sertakan Elemen Visual

Elemen visual adalah kunci dalam infografis karena membantu pembaca menyimpan informasi dengan cepat dan mudah. Anda dapat menggunakan ikon, peta, foto, gambar, dll. Elemen visual apa pun yang tidak membebani dan menambah nilai konten dapat digunakan. Namun, penting untuk tidak menggunakan teks atau elemen visual secara berlebihan.

Konten Interaktif

Menambahkan konten interaktif dalam infografis memiliki banyak keuntungan, karena mengundang pengguna untuk terlibat dan karenanya menghasilkan keterlibatan yang lebih besar. Sayangnya, jenis konten ini tidak berfungsi di semua infografis, jadi lakukan riset tentang apakah aspek interaktif menambah nilai konten. Konten interaktif harus terkait dengan subjek infografis dan tidak boleh berlebihan.

Aplikasi Atau Tool Terbaik untuk Membuat Infografis

Infografis membutuhkan waktu dan upaya untuk membuatnya, tetapi ada alat yang dapat membuat ini lebih mudah dan memberi Anda hasil yang luar biasa.

Canva

cara membuat infografis

Canva adalah alat desain grafis yang sangat intuitif dan menggunakannya tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya. Ini memungkinkan Anda membuat desain khusus dan menggunakan template. Di Canva, Anda dapat membuat gambar untuk jejaring sosial dan infografis, yang semuanya beradaptasi dengan sempurna untuk setiap format yang berbeda.

Piktochart

Piktochart adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat infografis tanpa pengetahuan desain grafis sebelumnya. Cara membuat infografis ini menawarkan banyak template sehingga membuat konten sangat sederhana, tetapi yang terbaik, semuanya dapat dimodifikasi. Artinya, Anda dapat menggunakan warna dan tipografi tanpa masalah.

Genially

Alat hebat lainnya untuk membuat infografis adalah Genially. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat presentasi, berkas, gambar interaktif dan, tentu saja, infografis. Tidak perlu memiliki pengetahuan dalam pemrograman atau desain grafis karena, seperti yang lain, ini adalah platform yang sangat intuitif. Beberapa perusahaan besar seperti Unilever dan McDonalds telah menggunakan aplikasi ini.

Powtoon

Nama Powtoon lahir dari perpaduan PowerPoint dan kartun, karena alat ini dirancang untuk membuat presentasi dan video animasi. Ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat video dengan infografis. Semua materi dapat dibuat dengan gambar, musik, atau rekaman suara yang diimpor.

Flourish

Flourish adalah platform gratis, meskipun memiliki versi premium berbayar. Ini adalah salah satu alat terlengkap karena memungkinkan Anda membuat segalanya: grafik, tabel, peta, infografis interaktif, dll. dengan hasil berkualitas tinggi. Beberapa brand internasional ternama telah menggunakan aplikasi ini, seperti Shopify, Disney, Google, dan Revolut.

Datawrapper

cara membuat infografis

Terakhir, alat lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat infografis dan konten lainnya adalah Datawrapper. Berbeda dengan yang lain, aplikasi ini dirancang khusus untuk membuat tabel dan peta. Ini juga memungkinkan Anda membuat infografis dengan cepat dan mudah.

Seperti yang Anda lihat, infografis memberikan informasi dengan cara yang jelas dan menarik. Namun, penting untuk memperhatikan detailnya. Misalnya, yang terlalu kelebihan beban atau yang tidak menyesuaikan dengan format halaman tempat mereka diterbitkan, cenderung tidak berfungsi. Jika Anda ingin infografis Anda sukses, ikuti saja tips kami!

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara membuat infografis yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda membuat infografis yang baik dan menarik. Semoga membantu!

error: This content is protected by DMCA