Tips Membuat Komentar Raport Terbaik Untuk Murid Anda

Jagad.id – Memberi siswa kritik yang membangun adalah salah satu tugas terpenting yang dihadapi seorang guru. Mungkin sulit untuk mengetahui cara terbaik untuk berkomunikasi dengan siswa tentang kemajuan mereka, terutama dalam hal komentar di raport. Panduan ini akan membantu Anda menulis komentar raport terbaik efektif yang jelas, ringkas, dan akurat.

Dengan memberikan penjelasan raport yang baik, murid atau orang tua murid akan mudah memahami hasil pembelajaran yang diperoleh oleh siswa. Namun tidak semudah itu kan! Ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan untuk membuatnya. Jadi mari kita mulai!

Apa Itu Komentar Raport Terbaik?

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat menulis komentar rapor. Inilah yang membuat komentar rapor bagus:

1. Positif dan Berfokus pada Solusi

Penting untuk fokus pada hal positif saat menulis komentar rapor. Untuk setiap komentar negatif, setidaknya harus ada dua komentar positif. Templat komentar kartu laporan ini adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda menyertakan umpan balik positif dan negatif dalam komentar Anda.

2. Jelas dan Ringkas

Komentar raport terbaik harus jelas dan singkat. Ini berarti menghindari hal-hal umum dan menggunakan contoh-contoh spesifik dan konkret. Ini akan membantu siswa (dan orang tua mereka) memahami apa yang perlu mereka kerjakan.

3. Akurat

Komentar raport harus akurat. Ini berarti memastikan komentar Anda selaras dengan nilai yang diperoleh siswa. Tidak ada gunanya menutupi nilai buruk – itu hanya akan membingungkan siswa dan orang tua mereka.

Sekarang kita telah membahas apa yang membuat komentar raport terbaik, mari kita lihat beberapa tips untuk menulis komentar raport yang efektif.

Tips Menulis Komentar Rapor yang Efektif

Berikut tips yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat raport anak didik anda:

1. Gunakan Contoh Spesifik dan Konkrit

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat menulis komentar raport adalah menggunakan contoh spesifik dan konkret. Ini akan membantu siswa memahami apa yang perlu mereka kerjakan. Misalnya, alih-alih mengatakan, “______ perlu memperbaiki perilakunya,” Anda bisa mengatakan, “_____ harus berusaha untuk tetap duduk selama kelas.”

2. Hindari Generalisasi

Saat menulis komentar di raport, penting untuk menghindari hal-hal umum. Misalnya, alih-alih menulis “Anak Anda senang berada di kelas”, cobalah sesuatu yang lebih spesifik, seperti “Anak Anda selalu bersedia membantu siswa lain”. Ini akan memberi siswa dan keluarga mereka gagasan yang lebih baik tentang apa yang mereka lakukan dengan baik dan bidang apa yang dapat terus mereka tingkatkan.

3. Gunakan Bahasa Positif

Sangat penting untuk menggunakan bahasa positif saat menulis komentar raport. Ini berarti menghindari kata-kata negatif seperti “tidak”, “tidak akan”, dan “tidak bisa”. Misalnya, alih-alih menulis “_____ tidak memperhatikan di kelas”, cobalah menulis “_____ sedang berusaha memperhatikan di kelas”. Perubahan kecil ini dapat membuat perbedaan besar dalam cara siswa dan keluarga memandang kemajuan mereka.

4. Terapkan Teknik Sandwich

Teknik sandwich adalah cara yang bagus untuk menyampaikan umpan balik positif dan negatif dalam komentar raport. Artinya dimulai dengan komentar positif, diikuti dengan kritik membangun, dan diakhiri dengan komentar positif lainnya. Ini memberi siswa rasa kemajuan mereka sambil tetap memberikan area untuk perbaikan.

5. Koreksi Komentar Anda

Saat menulis komentar raport, penting untuk jelas dan akurat. Namun, penting juga untuk memastikan bahwa komentar Anda bebas dari kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa. Lagi pula, Anda tidak ingin memberi siswa atau keluarganya kesan yang salah tentang kemajuan akademik mereka! Pastikan untuk mengoreksi komentar Anda sebelum mengirimkannya.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang komentar raport terbaik yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan di atas dapat membantu anda sukses dalam mengajar! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA