Aplikasi Pengajaran Online Terbaik Bagi Siswa 2023

Jagad.id – Pekerjaan guru tidak pernah mudah, dan sekarang, dengan semakin populernya mode pembelajaran hybrid dan meningkatnya penggunaan teknologi dalam pengajaran, tantangan baru telah muncul untuk mereka. Namun, ada banyak sumber daya bermanfaat dan aplikasi pengajaran online terbaik yang dapat mempermudah pekerjaan Anda dan, pada gilirannya, bermanfaat bagi siswa.

Meskipun wajar untuk merasa kewalahan dengan perubahan gaya mengajar yang tiba-tiba, ada baiknya untuk memulai dari yang kecil, belajar dan fokus pada kemenangan kecil. Ketika dimasukkan dengan bijak ke dalam proses pengajaran, teknologi akan membantu menyusun pengalaman yang lebih menarik bagi siswa.

Aplikasi Pengajaran Online Terbaik

Ada beberapa aplikasi yang tersedia, yang dapat Anda gunakan dalam kegiatan sekolah seperti:

  • Komunikasi
  • Pekerjaan rumah
  • Pembuatan Konten dan Visualisasi
  • Keterlibatan dan Kolaborasi
  • Referensi

Sekarang, mari kita lihat aplikasi pengajaran online yang paling berguna dan populer.

Komunikasi

Ini adalah elemen pengajaran utama, dan tidak mudah mempertahankan kontak dengan seluruh siswa di kelas. Penting untuk membuat semua orang berinteraksi di konferensi video atau audio. Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams adalah yang paling terkenal. Berdasarkan anggaran dan jumlah siswa, Anda atau institusi Anda dapat memilih dari ini.

Anda dapat menggunakan aplikasi media sosial populer lainnya seperti Facebook, Whatsapp, dan Instagram sebagai media komunikasi sekunder.

Selain bagian tak terpisahkan dari pengajaran daring ini, ada aplikasi pengajaran online terbaik sekunder lain yang dapat Anda gunakan untuk membantu pengajaran Anda.

Pekerjaan rumah

  • Google Classroom

Produk penting dari Google ini adalah sistem manajemen pembelajaran yang lengkap. Anda dapat menggunakannya untuk membuat pelajaran, penilaian, dan sumber daya. Karena ini adalah produk Google, tentu saja, mudah digunakan, dapat diskalakan, kuat, dan mudah kompatibel dengan sebagian besar aplikasi.

  • Dropbox

Ini adalah aplikasi penyimpanan online sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan dan memelihara kiriman.

  • Google Docs

Google Docs adalah aplikasi pengajaran online terbaik yang paling mudah digunakan untuk penugasan tekstual. Siswa dan guru dapat berkolaborasi secara waktu nyata dan mengunduh konten dalam bentuk pdf.

Pembuatan dan Visualisasi Konten

  • Thinglink

Ini dapat membantu Anda membuat media digital yang menarik dan interaktif menggunakan gambar, video, model, dan teks. Mudah dipelajari dan dapat membantu Anda menciptakan pengalaman digital yang menarik.

  • Storybird

Aplikasi ini membantu mengembangkan keterampilan membaca, menulis, dan mendongeng anak-anak. Mereka dapat berpartisipasi dalam tantangan bulanan, petunjuk menulis, dan kuis. Guru juga dapat menggunakannya untuk membuat cerita animasi dan buku untuk anak-anak.

  • Animoto

Ini menyediakan antarmuka yang sangat ramah pengguna bagi pemula untuk membuat video berkualitas yang dapat digunakan sebagai alat bantu visual selama kelas. Anda dapat menggunakan fitur seret dan lepas yang sederhana dan musik gratis dari perpustakaan mereka.

  • Visme

Ini adalah aplikasi desain lain yang mudah digunakan yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi, peta, infografis, raport, dan sertifikat.

  • Pixlr

Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan gambar online ini untuk membuat animasi, desain, dan kartu gambar baik dari awal atau menggunakan template profesional mereka.

  • Amara

Aplikasi pengajaran online terbaik ini memungkinkan Anda menambahkan subtitle ke video. Akan sangat membantu jika Anda membuat dan membagikan konten video untuk kuliah Anda.

Keterlibatan Siswa

  • Quizz

Ini adalah situs game populer dan gratis yang membuat belajar menjadi menyenangkan bagi siswa. Mereka dapat menikmati kegiatan yang menyenangkan bersama untuk revisi dan penilaian.

  • Google Slides

Aplikasi yang mudah digunakan dan tersedia gratis dari Google ini wajib dimiliki oleh siswa. Mereka dapat berkolaborasi dalam pekerjaan rumah dan aktivitas secara real-time dan membagikan pekerjaan mereka dengan para guru.

  • Quill

Ini adalah salah satu situs terbaik dan gratis yang tersedia bagi siswa untuk belajar tata bahasa Inggris. Quill menyediakan berbagai aktivitas, pelajaran, dan bahkan analitik kinerja.

  • eduClipper

Ini memungkinkan Anda untuk berbagi sumber daya yang ditemukan di internet dan membuat repositori untuk seluruh grup. Itu memudahkan siswa untuk berkolaborasi dalam portofolio dan pekerjaan penelitian.

  • Sokrative

Ini adalah sistem untuk merancang tugas dan permainan edukatif untuk siswa, yang dapat mereka selesaikan melalui aplikasi di ponsel dan tablet mereka. Anda dapat melihat jawaban mereka secara real-time dan bahkan membuat tiket umpan balik untuk dibagikan kepada mereka.

  • Baamboozle

Ini adalah situs gratis tempat siswa dapat bermain game yang dirancang oleh guru. Ada lebih dari 900.000 game seperti Rhyming Riddles, Tongue Twisters, dll.

  • The Math Learning Center

Situs ini menyediakan akses gratis ke permainan matematika, menjadikan mata pelajaran yang ditakuti ini menyenangkan bagi para siswa. Anda bahkan dapat memanipulasi masalah yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda atau menggunakan yang sudah ada.

  • Padlet

Ini adalah platform menyenangkan yang memungkinkan siswa berkolaborasi menggunakan elemen suara, sentuhan, dan penglihatan. Mereka dapat membuat papan visual menggunakan gambar, teks, wallpaper, diagram Venn, dll. Mereka juga dapat menggunakannya untuk membaca dan mendengarkan. Anda dapat memberi mereka umpan balik tentang hal yang sama.

Referensi

  • Ted Talks

Ini adalah gudang video inspiratif dan pendidikan yang diakui secara global. Anda dapat memainkan ini sebagai sumber belajar tambahan.

  • Wordreference

Ini adalah kamus online untuk berbagai bahasa. Anda dapat menggunakannya untuk tugas terjemahan atau kelas bahasa. Ini mungkin terbukti bermanfaat bagi siswa internasional.

  • cK-12

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengakses materi akademik, yang dapat Anda edit sesuai kebutuhan dan dibagikan dengan siswa. Anda bahkan dapat membuat perpustakaan digital Anda juga. Mereka memiliki sumber daya untuk berbagai mata pelajaran dan siswa dari segala usia.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang aplikasi pengajaran online terbaik yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan di atas dapat membantu anda sukses dalam mengajar! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA