Jagad.id – Buat strategi pemasaran usaha kecil Anda dan mulailah menghasilkan lebih banyak hari ini. Dengan menggunakan strategi yang tepat, usaha anda akan mendapatkan peningkatan yang signifikan. Meskipun anda memiliki usaha yang masih kecil, anda akan meningkatkannya dengan strategi pemasaran yang tepat.
Sebagai pemilik usaha kecil, jalan menuju kesuksesan membutuhkan menghubungkan produk atau layanan Anda ke pelanggan yang tepat. Meskipun penting untuk mempromosikan produk atau layanan baru, menjangkau individu yang akan menyukai dan mengidentifikasi merek Anda dapat membangun basis pelanggan yang solid sejak awal.
Pemasaran, di samping pengembangan produk, rantai pasokan, keuangan, dan perekrutan, dapat menjadi bagian dari strategi bisnis holistik yang membuat orang bersemangat dan akrab dengan merek Anda.
Memasarkan bisnis kecil Anda tidak perlu rumit agar efektif. Anda memerlukan strategi dan rencana yang intuitif untuk penawaran produk Anda. Kemungkinannya, Anda sudah memiliki beberapa ide.
Strategi Pemasaran Usaha Kecil Anda
Saat memasarkan bisnis kecil Anda, mulailah dengan mempertimbangkan (produk, harga, tempat, dan promosi). Bagaimana pelanggan potensial menemukan merek Anda? Ketika mereka melakukannya, bagaimana mereka akan mengalaminya? Menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis kecil Anda dapat membantu Anda berkembang di masa depan.
1. Identifikasi kebutuhan merek Anda.
Pertimbangkan strategi pemasaran usaha kecill Anda dari sudut pandang orang asing. Lakukan riset awal untuk menentukan audiens inti, proposisi nilai, dan kompetisi Anda. Identifikasi kebutuhan merek Anda dengan mengajukan pertanyaan berikut:
- Apakah bisnis kecil Anda menawarkan produk atau layanan?
- Apakah bisnis Anda melayani konsumen (B2C) atau bisnis (B2B)?
- Apakah Anda memiliki anggaran pemasaran?
- Sudah berapa lama Anda berbisnis?
- Apakah strategi pemasaran Anda saat ini menargetkan audiens yang tepat?
- Apa identitas merek Anda? Warna dan desain apa yang akan Anda gunakan dalam logo Anda?
2. Tentukan target pasar Anda.
Selanjutnya, identifikasi target pasar Anda, kelompok pelanggan potensial yang akan beresonansi dengan produk atau layanan Anda. Pertimbangkan untuk mengelompokkan grup berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan, dan pendapatan, serta psikografis seperti gaya hidup, hobi, dan minat.
Anda mungkin ingin melakukan riset pasar melalui survei dan kelompok fokus untuk membantu menciptakan persona pembeli—representasi fiktif dari konsumen Anda yang menguraikan gaya hidup dan kebiasaan membeli tertentu—untuk mengantisipasi secara mendalam kebutuhan dan keinginan pasar sasaran Anda.
3. Posisikan produk atau layanan Anda.
Setelah menentukan kepada siapa Anda menjual, Anda dapat mulai membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing Anda. Sebagai bisnis kecil, Anda mungkin memiliki pesaing mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan baru.
Buat daftar lima pesaing utama Anda. Apa kekuatan dan kelemahan Anda dibandingkan dengan bisnis lain ini? Apa yang membuat Anda unik? Apakah itu layanan pelanggan, produk berkualitas, lokasi, atau titik harga, identifikasi apa yang membuat bisnis Anda istimewa, dan gunakan ini untuk memposisikan merek Anda.
4. Rancang strategi.
Sekarang, saatnya menyusun strategi pemasaran usaha kecil. Ada banyak jenis pemasaran yang bisa dipilih, seperti tradisional, digital (termasuk media sosial), konten, dan gerilya. Mari kita lihat lebih dekat strategi apa yang mungkin berhasil untuk bisnis kecil bata dan mortir, online, atau hibrida:
Strategi harus berbasis lokasi untuk bisnis yang menjual produk dan layanan di toko fisik. Anda dapat memilih dari kombinasi berikut ini:
- Selebaran flyers di bisnis lokal
- Platform media sosial (termasuk Facebook, Instagram, Google Maps, dan Yelp) untuk promosi, pembaruan, dan iklan (ditargetkan berdasarkan lokasi untuk menjangkau pelanggan yang lewat)
- Signage dan display
- Acara di dalam toko dan lokal
- Pemasaran konten (pemandu lingkungan lokal dan peluang kemitraan)
Online: Bisnis online dapat memanfaatkan banyak jenis pemasaran digital yang tersedia saat ini untuk mengarahkan lalu lintas dan mengubahnya menjadi penjualan.
Pasar seperti Amazon, Etsy, dan eBay, selain situs web Anda
Media sosial dan iklan bersponsor (ditargetkan berdasarkan minat)
Pemasaran konten (blog dan video untuk mendorong lalu lintas SEO)
Hibrida: Bisnis kecil dapat memilih dari kedua strategi, menggunakan kombinasi yang sesuai untuk penawaran dan audiens mereka.
5. Laksanakan rencana Anda.
Setelah membuat strategi Anda, petakan rencana pemasaran dan garis waktu. Anda dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan pekerja magang atau outsourcing ke konsultan pemasaran untuk melaksanakan kampanye. Rencana tersebut harus menyertakan tenggat waktu untuk mengukur laba atas investasi (ROI) sehingga Anda dapat menilai apakah strategi Anda berhasil.
Saat memasarkan bisnis kecil Anda, strategi dan rencana dapat membantu Anda tetap teratur dan sesuai anggaran. Pamerkan apa yang membuat merek Anda unik karena dengan cara inilah Anda dapat terhubung dengan calon pelanggan dan mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Membangun dan memelihara basis pelanggan yang kuat dapat menjadi hal yang penting agar bisnis kecil berhasil.
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan ulasan tentang strategi pemasaran usaha kecil yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda membantu meningkatkan performa usaha anda. Semoga membantu!
Rekomendasi:
- 10 Alat Analitik Youtube Terbaik Jagad.id - Alat Analitik Youtube - Video hebat tidak terjadi secara kebetulan. Mungkin mereka pernah melakukannya ketika bidikan candid berubah menjadi sensasi viral di masa-masa awal YouTube dan Vine. Banyak…
- Strategi Digital Marketing Dalam Menjadwalkan Konten Jagad.id - Membuat konten adalah cara untuk memposisikan diri Anda sebagai tolok ukur industri Anda, mendapatkan kepercayaan dari audiens target Anda, memenangkan pelanggan, dan menghasilkan penjualan. Namun, dalam strategi digital…
- 9 Komunitas Bisnis Online Di Indonesia Jagad.id – Komunitas Bisnis Online Di Indonesia, Dalam membuat sebuah usaha, semakin lebih optimal bila kamu punyai rekanan yang banyak. Dengan demikian, semakin lebih gampang itu saat lakukan share antara…
- Cara Membuat Halaman Bisnis Facebook Dengan Benar Jagad.id - Cara membuat halaman bisnis facebook - Facebook memiliki basis pengguna yang sangat besar dan masih merupakan jejaring sosial terbesar. Statistik Facebook terbaru menunjukkan bahwa platform tersebut saat ini…
- Cara Promosi Podcast Dengan Benar! Ini Cara Deddy! Jagad.id - Cara Promosi Podcast - Podcasting telah meledak baik sebagai platform pengiriman konten maupun sebagai alat pemasaran. Saat ini ada lebih dari 2.000.000 podcast, 48.000.000 episode, dan 50% rumah…
- 6 Ide Usaha Untuk Pelajar, Tanpa Ganggu Sekolah! Jagad.id – Ide Usaha Untuk Pelajar, Perkembangan teknologi membantu kita untuk menghasilkan uang tanpa harus ngantor seharian full, bagaimana caranya? Berikut akan kami ulas ide usaha untuk para pelajar yang…
- Cara Menentukan Harga Jual Dropship Jagad.id - Cara Menentukan Harga Dropship, Saat memilih untuk mengawali usaha online tanpa modal, kamu harus ketahui langkah tentukan nilai jual dropship supaya bisa memperoleh keuntungan optimal. Walau usaha dropship…
- 15 Pengertian Strategi : Strategi Pembelajaran dan… 15 Pengertian Strategi Menurut Para Ahlli, Strategi Pembelajaran dan Perusahaan – Dalam mencapai tujuan yang ingin Anda capai maka dibutuhkan sebuah cara dan rencana yang tepat dan sesuai dengan target…
- 7 Cara Meningkatkan Brand Awareness Jagad.id - Cara Meningkatkan brand awareness? Tetapi, saat sebelum masuk ke ulasan itu, kamu perlu pahami lebih dulu apakah yang dimaksud dengan merek awareness sendiri. Brand awareness ialah istilah yang…
- Pengertian Affiliate : Cara Kerja, Macam Jenis, Kelebihan,… Jagad.id - Pengertian Affiliate - Menjadi bagian dari affiliate atau afiliasi menjadi strategi bagus khususnya untuk blogger yang sedang mencari tambahan atau ingin mencari penghasilan dari blog. Untuk sekarang ini,…
- 5 Cara Membuat Video Viral Di Media Sosial Jagad.id - Cara Membuat Video Viral Di Media Sosial - Jika Anda seorang Marketing di media sosial, kemungkinan besar Anda pernah ditanya, “bagaimana kita menjadi viral?” setidaknya sekali. Sebagian besar…
- Cara Membuat Instagram Shop Langkah Demi Langkah Jagad.id - Selain menjadi salah satu jejaring sosial terpopuler, Instagram juga menjadi sarana belanja sosial. Ini menyediakan cara membuat Instagram Shop bagi perusahaan untuk terhubung dengan audiens mereka, berinteraksi dengan…
- Pengelola Atribusi TikTok: Apa Itu dan Bagaimana Cara… Jagad.id - Fitur Pengelola Atribusi TikTok digunakan untuk mengetahui rute yang diikuti pengguna sebelum melakukan pembelian. Mereka memberi anda wawasan tentang kampanye mana yang memperoleh hasil terbaik, memungkinkan kami untuk…
- Strategi Tepat Menentukan Nama Domain Website Jagad.id - Strategi Tepat Menentukan Nama Domain - Domain merupakan nama khusus yang diberikan oleh server untuk supaya pengguna lebih mudah mengenali sebuah situs dibandingkan menggunakan alamat IP. Salah satu…
- 7 Tips Memulai Bisnis Baju Online, Dijamin Laris! Jagad.id - Tips Memulai Bisnis Baju Online, Dunia perdagangan digital sekarang makin datangkan beberapa keuntungan. Cukup banyak orang yang coba peruntungannya dengan mengawali usaha dari 0 . Adapun salah satunya…
- Cara Menghasilkan Uang Di Twitter, 100% Work! Jagad.id - Memonetisasi kehadiran online Anda adalah cara brilian untuk menghasilkan pendapatan tambahan, dan Twitter tidak terkecuali. Cara menghasilkan uang di Twitter dengan sedikit waktu dan konsistensi, Anda bahkan mungkin…
- 9 Ide Video Youtube Yang Terbaik Tahun Ini Jagad.id - Ide Video Youtube - Sebagai situs web terpopuler kedua di dunia, pengaruh YouTube tidak bisa diremehkan. Ini adalah rumah bagi ratusan juta video, tren terbaru yang muncul, komunitas…
- Cara Media Sosial Memengaruhi Perilaku Konsumen Jagad.id - Cara Media Sosial Memengaruhi Perilaku Konsumen - Media sosial telah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari dalam kehidupan konsumen, dengan 71% menggunakan media sosial lebih banyak pada tahun 2021 dibandingkan…
- Cara Beriklan di YouTube Auto Gacor Jagad.id - YouTube adalah bagian dari banyak strategi video marketing karena memungkinkan Anda menjangkau sejumlah besar pengguna di seluruh dunia dan melakukan segmentasi untuk menjangkau pemirsa tertentu. Ini membuat investasi…
- Peluang Usaha Online Terbaru - Terbaik Tanpa Modal Zaman modern saat ini bekerja dari rumah sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Sebagian orang lebih memilih untuk bekerja di rumah dibandingkan harus bekerja di kantor. Hal ini dikarenakan banyak…
- Pengertian Direktur Adalah: Arti, Macam Jenis, Tugas, Tipe… Secara umum definisi atau pengertian Direktur adalah seseorang yang memimpin suatu perusahaan, baik itu pemiliki perusahaan atau seseorang yang dipilih pemilik perusahaan untuk menjalankan atau memimpin perusahaan. Direktur juga bisa…
- Contoh Marketing Mix 7P Jagad.id - Contoh Marketing Mix 7P, Taukah kamu bagaimana cara menerapkan marketing mix 7P ? berikut akan kami ulas untuk anda bagaimana contoh dan implementasinya dalam dunia marketing. Contoh Implementasi…
- Cara Meningkatkan Subscribe Youtube Yang Jitu jagad.id-Panduan Utama cara meningkatkan Subscribe youtube. YouTube adalah situs terbesar kedua di internet, dan kebanyakan orang dengan bisnis telah mulai menggunakannya untuk menyebarkan kreativitas dan informasi mereka untuk mendapatkan pengikut…
- Cara Personal Branding Yang Tepat Untuk Bisnis Anda Jagad.id - Di masa lalu, branding adalah sesuatu yang secara eksklusif dikaitkan dengan bisnis. Istilah itu akan memunculkan gambaran tentang McDonald's, Apple, atau Coca-Cola. Saat ini, dengan cara personal branding…
- Cara Copywriting Yang Bagus Untuk Judul Artikel Jagad.id - Meskipun cara copywriting yang bagus mungkin tampak mudah, tidak mudah membuat judul artikel menarik dan kreatif. Mengingat ini adalah salah satu elemen pemasaran terpenting dalam copywriting, Anda harus…
- Beli Domain .com Cuma 98 Ribu? Cek di Sini! Nama domain merupakan salah satu elemen terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan ketika membuat website. Dalam level tertentu, nama domain dapat menentukan tingkat kredibilitas dan keunikan situs web Anda. Kedua…
- Ritel : Definisi, Contoh Dan Jenis Jagad.id – Definis Usaha Ritel, Tahukah kamu apakah itu usaha retail? Usaha retail ialah aktivitas jual-beli dengan jumlah ketengan. Saat ini, perubahan di dunia usaha makin hebat dan banyak macamnya.…
- 6 Langkah Menuju Strategi Pemasaran Aplikasi Yang Unggul jagad.id-Bisnis Anda telah membuat aplikasi yang bagus untuk konsumen yang dirancang untuk menyediakan hiburan, utilitas, atau keduanya sekarang apa? Pemasaran dan meminta keterlibatan sangat penting untuk kesuksesan. Strategi pemasaran aplikasi…
- Terbukti Berhasil, Ini Strategi Promosi Website Paling… Jagad.id - Strategi promosi website yang paling efektif adalah melakukan promosi produk agar hasil penjualan produk semakin maksimal. Salah satu strategi promosi yang paling efektif adalah dengan membuat website bisnis.…
- 11 Tips Menulis Deskripsi YouTube Jagad.id - Tips menulis deskripsi YouTube - Sampul dan judul video YouTube mungkin yang menarik perhatian Anda, tetapi deskripsi adalah tempat mesin pencari bergerak. SEO YouTube sangat mirip dengan anda…