Jagad.id – Buat strategi pemasaran usaha kecil Anda dan mulailah menghasilkan lebih banyak hari ini. Dengan menggunakan strategi yang tepat, usaha anda akan mendapatkan peningkatan yang signifikan. Meskipun anda memiliki usaha yang masih kecil, anda akan meningkatkannya dengan strategi pemasaran yang tepat.
Sebagai pemilik usaha kecil, jalan menuju kesuksesan membutuhkan menghubungkan produk atau layanan Anda ke pelanggan yang tepat. Meskipun penting untuk mempromosikan produk atau layanan baru, menjangkau individu yang akan menyukai dan mengidentifikasi merek Anda dapat membangun basis pelanggan yang solid sejak awal.
Pemasaran, di samping pengembangan produk, rantai pasokan, keuangan, dan perekrutan, dapat menjadi bagian dari strategi bisnis holistik yang membuat orang bersemangat dan akrab dengan merek Anda.
Memasarkan bisnis kecil Anda tidak perlu rumit agar efektif. Anda memerlukan strategi dan rencana yang intuitif untuk penawaran produk Anda. Kemungkinannya, Anda sudah memiliki beberapa ide.
Strategi Pemasaran Usaha Kecil Anda
Saat memasarkan bisnis kecil Anda, mulailah dengan mempertimbangkan (produk, harga, tempat, dan promosi). Bagaimana pelanggan potensial menemukan merek Anda? Ketika mereka melakukannya, bagaimana mereka akan mengalaminya? Menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis kecil Anda dapat membantu Anda berkembang di masa depan.
1. Identifikasi kebutuhan merek Anda.
Pertimbangkan strategi pemasaran usaha kecill Anda dari sudut pandang orang asing. Lakukan riset awal untuk menentukan audiens inti, proposisi nilai, dan kompetisi Anda. Identifikasi kebutuhan merek Anda dengan mengajukan pertanyaan berikut:
- Apakah bisnis kecil Anda menawarkan produk atau layanan?
- Apakah bisnis Anda melayani konsumen (B2C) atau bisnis (B2B)?
- Apakah Anda memiliki anggaran pemasaran?
- Sudah berapa lama Anda berbisnis?
- Apakah strategi pemasaran Anda saat ini menargetkan audiens yang tepat?
- Apa identitas merek Anda? Warna dan desain apa yang akan Anda gunakan dalam logo Anda?
2. Tentukan target pasar Anda.
Selanjutnya, identifikasi target pasar Anda, kelompok pelanggan potensial yang akan beresonansi dengan produk atau layanan Anda. Pertimbangkan untuk mengelompokkan grup berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan, dan pendapatan, serta psikografis seperti gaya hidup, hobi, dan minat.
Anda mungkin ingin melakukan riset pasar melalui survei dan kelompok fokus untuk membantu menciptakan persona pembeli—representasi fiktif dari konsumen Anda yang menguraikan gaya hidup dan kebiasaan membeli tertentu—untuk mengantisipasi secara mendalam kebutuhan dan keinginan pasar sasaran Anda.
3. Posisikan produk atau layanan Anda.
Setelah menentukan kepada siapa Anda menjual, Anda dapat mulai membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing Anda. Sebagai bisnis kecil, Anda mungkin memiliki pesaing mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan baru.
Buat daftar lima pesaing utama Anda. Apa kekuatan dan kelemahan Anda dibandingkan dengan bisnis lain ini? Apa yang membuat Anda unik? Apakah itu layanan pelanggan, produk berkualitas, lokasi, atau titik harga, identifikasi apa yang membuat bisnis Anda istimewa, dan gunakan ini untuk memposisikan merek Anda.
4. Rancang strategi.
Sekarang, saatnya menyusun strategi pemasaran usaha kecil. Ada banyak jenis pemasaran yang bisa dipilih, seperti tradisional, digital (termasuk media sosial), konten, dan gerilya. Mari kita lihat lebih dekat strategi apa yang mungkin berhasil untuk bisnis kecil bata dan mortir, online, atau hibrida:
Strategi harus berbasis lokasi untuk bisnis yang menjual produk dan layanan di toko fisik. Anda dapat memilih dari kombinasi berikut ini:
- Selebaran flyers di bisnis lokal
- Platform media sosial (termasuk Facebook, Instagram, Google Maps, dan Yelp) untuk promosi, pembaruan, dan iklan (ditargetkan berdasarkan lokasi untuk menjangkau pelanggan yang lewat)
- Signage dan display
- Acara di dalam toko dan lokal
- Pemasaran konten (pemandu lingkungan lokal dan peluang kemitraan)
Online: Bisnis online dapat memanfaatkan banyak jenis pemasaran digital yang tersedia saat ini untuk mengarahkan lalu lintas dan mengubahnya menjadi penjualan.
Pasar seperti Amazon, Etsy, dan eBay, selain situs web Anda
Media sosial dan iklan bersponsor (ditargetkan berdasarkan minat)
Pemasaran konten (blog dan video untuk mendorong lalu lintas SEO)
Hibrida: Bisnis kecil dapat memilih dari kedua strategi, menggunakan kombinasi yang sesuai untuk penawaran dan audiens mereka.
5. Laksanakan rencana Anda.
Setelah membuat strategi Anda, petakan rencana pemasaran dan garis waktu. Anda dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan pekerja magang atau outsourcing ke konsultan pemasaran untuk melaksanakan kampanye. Rencana tersebut harus menyertakan tenggat waktu untuk mengukur laba atas investasi (ROI) sehingga Anda dapat menilai apakah strategi Anda berhasil.
Saat memasarkan bisnis kecil Anda, strategi dan rencana dapat membantu Anda tetap teratur dan sesuai anggaran. Pamerkan apa yang membuat merek Anda unik karena dengan cara inilah Anda dapat terhubung dengan calon pelanggan dan mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Membangun dan memelihara basis pelanggan yang kuat dapat menjadi hal yang penting agar bisnis kecil berhasil.
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan ulasan tentang strategi pemasaran usaha kecil yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda membantu meningkatkan performa usaha anda. Semoga membantu!
Rekomendasi:
- Digital Marketing Agency : Ilmu Penting untuk Pebisnis… Jagad.id - Di dunia sekarang ini, pemasaran digital atau sering di sebut digital marketing agency. Digital Marketing Agency sangat penting untuk bisnis apa pun yang ingin menjangkau audiens targetnya secara…
- Cara Personal Branding Yang Tepat Untuk Bisnis Anda Jagad.id - Di masa lalu, branding adalah sesuatu yang secara eksklusif dikaitkan dengan bisnis. Istilah itu akan memunculkan gambaran tentang McDonald's, Apple, atau Coca-Cola. Saat ini, dengan cara personal branding…
- 25 Tools Analisis Website Terbaik, Wajib Tahu Nih! Jagad.id - Tools Analisis Website - Dalam pemasaran, seperti dalam kehidupan, penting untuk mengetahui tidak hanya diri Anda sendiri tetapi juga orang-orang di sekitar Anda. Itu sebabnya tidak ada strategi…
- Konten Marketing: Manfaat, Format Dan Strateginya Jagad.id - Saat ini, Anda pasti pernah mendengar ungkapan "Konten adalah Raja". Jauh dari ketinggalan zaman, konten marketing terus menjadi sama pentingnya bagi pemasar. Faktanya, menurut sebuah studi oleh DemandMetric,…
- Pentingnya SEO untuk Meningkatkan Penjualan Produk Secara… Jagad.id - Saat ini, SEO menjadi salah satu hal penting yang harus ada dalam dunia bisnis online karena memiliki potensi dalam meningkatkan penjualan suatu produk. SEO atau singkatan dari Search…
- Cara Daftar Shopee Food - Auto Berhasil jadi Mitra! Jagad.id - Ingin buka toko makanan Shopee? Ini dia Tutorial Cara Daftar Shopee Food, Gampang dan Cepat! Dengan perkembangan tehnologi, sekarang minuman dan makanan dapat dipasarkan dengan online lewat program…
- Cara Meningkatkan Subscribe Youtube Yang Jitu jagad.id-Panduan Utama cara meningkatkan Subscribe youtube. YouTube adalah situs terbesar kedua di internet, dan kebanyakan orang dengan bisnis telah mulai menggunakannya untuk menyebarkan kreativitas dan informasi mereka untuk mendapatkan pengikut…
- 5 Aspek Utama Untuk Memulai Iklan di Media Sosial Jagad.id - Beriklan di jejaring sosial adalah salah satu cara terbaik bagi merek Anda untuk mendapatkan visibilitas dan jangkauan. Itu juga bisa meningkatkan jumlah keseluruhan prospek dan konversi. Lantas, bagaimana…
- Apa Itu Email Marketing API Dan Apa Fungsinya? Jagad.id - Email marketing (pemasaran) adalah komponen penting dari pemasaran digital. Selain memiliki ROI yang tinggi, ini adalah alat yang sangat serbaguna yang mampu beradaptasi dengan semua jenis merek dan…
- 7 Ide Bisnis Digital Tahun 2023 Jagad.id - Ide bisnis digital tahun 2023, Usaha digital ialah aktivitas perdagangan yang hadirnya manfaatkan perkembangan tehnologi, terhitung kehadiran jagat maya. Walaupun mempunyai rintangannya tertentu, menekuni usaha digital memberikanmu beberapa…
- Fitur WhatsApp Business Terbaru Untuk Bisnis Anda Jagad.id - Fitur WhatsApp Business - Pemasaran percakapan (Conversational marketing) sedang meningkat, sebagian besar didorong oleh ekspektasi konsumen yang meningkat akan kenyamanan dan pengalaman digital yang disesuaikan. Faktanya, 90% konsumen…
- Cara Beriklan di YouTube Auto Gacor Jagad.id - YouTube adalah bagian dari banyak strategi video marketing karena memungkinkan Anda menjangkau sejumlah besar pengguna di seluruh dunia dan melakukan segmentasi untuk menjangkau pemirsa tertentu. Ini membuat investasi…
- 11 Tips Menulis Deskripsi YouTube Jagad.id - Tips menulis deskripsi YouTube - Sampul dan judul video YouTube mungkin yang menarik perhatian Anda, tetapi deskripsi adalah tempat mesin pencari bergerak. SEO YouTube sangat mirip dengan anda…
- Ritel : Definisi, Contoh Dan Jenis Jagad.id – Definis Usaha Ritel, Tahukah kamu apakah itu usaha retail? Usaha retail ialah aktivitas jual-beli dengan jumlah ketengan. Saat ini, perubahan di dunia usaha makin hebat dan banyak macamnya.…
- Iklan Facebook: Cara Memilih Format Iklan yang Tepat Jagad.id - Iklan Facebook telah berevolusi dari gambar sederhana yang dapat diklik menjadi pengalaman multimedia penuh. Dengan semua opsi yang tersedia, terkadang sulit untuk memilih salah satu yang paling sesuai…
- Strategi Digital Marketing Dalam Menjadwalkan Konten Jagad.id - Membuat konten adalah cara untuk memposisikan diri Anda sebagai tolok ukur industri Anda, mendapatkan kepercayaan dari audiens target Anda, memenangkan pelanggan, dan menghasilkan penjualan. Namun, dalam strategi digital…
- Cara Menentukan Harga Jual Dropship Jagad.id - Cara Menentukan Harga Dropship, Saat memilih untuk mengawali usaha online tanpa modal, kamu harus ketahui langkah tentukan nilai jual dropship supaya bisa memperoleh keuntungan optimal. Walau usaha dropship…
- 6 Manfaat Mempromosikan Perusahaan Di Twitter Jagad.id - Apakah Anda menggunakan Twitter untuk mempromosikan merek Anda? Dan kali ini kami akan memberikan ulasan manfaat mempromosikan perusahaan di Twitter. Jejaring sosial ini adalah alat periklanan yang sangat…
- Apa Itu Strategi Transformasi Digital Dan Mengapa Penting? Jagad.id - Kedatangan media sosial dan pertumbuhan teknologi yang tidak terhentikan telah mengubah cara kita bekerja, berbelanja, belajar, dan berinteraksi. Kami telah terbiasa memiliki segalanya di sini, sekarang—fakta bahwa kami…
- Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis di Tahun 2022 Jagad.id - Cara Menggunakan Snapchat Untuk Bisnis - Ketika Snapchat muncul pada tahun 2012, pengguna bersemangat dengan membiarkan mereka bercerita, menggunakan filter yang menyenangkan, dan membuat konten yang tidak biasa.…
- Doa Untuk Membuka Usaha Baru Jagad.id - Doa Untuk Membuka Usaha Baru, Doa adalah salah satu cara untuk memohon pertolongan dan berkat dari Tuhan dalam berbagai hal, termasuk dalam membuka usaha baru. Seperti yang kita…
- Ciri-ciri Usaha Yang Menjanjikan Tahun 2023 Jagad.id - Ciri-ciri Usaha Yang Menjanjikan Tahun 2023, Jalani usaha yang menggiurkan sebagai mimpi sebagian besar orang. Kekuatannya untuk raih faedah besar menjadi satu diantara argumen tingginya minat pada karier ini.…
- Pengertian Promosi Adalah : Strategi, Jenis, Media, Manfaat… Perkembangan dunia marketing seakan tidak ada habisnya. Terlebih lagi, dimana pada era digital ini pertumbuhan perdagangan bergerak semakin cepat dan dinamis, karena dukungan beragam aplikasi jual beli. Hal ini tentunya…
- Apa Saja Jenis dan Fungsi Merek Produk Merek merupakan sebuah identitas, sehingga tidak hanya sebatas nama, logo, atau produk. Siapapun bisa mendapatkan merek dagang, asalkan punya inovasi bisa membuat brand sendiri. Banyak fungsi merek produk yang akan…
- Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa - Peluang Kesempatan Di era globalisasi ini, mencari pekerjaan sangat sulit. Jumlah pencari kerja yang semakin bertambah tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang cukup. Setiap orang akan terus mencari pekerjaan dengan kemampuan…
- Pemasaran Usaha : Definisi dan Contohnya Jagad.id - Pemasaran Usaha, pemasaran usaha ialah senjata khusus dalam membuat usaha. Tiap pelaku bisnis tentu saja harus mempunyai taktik pemasaran yang masak. Karena, hal itu bisa tentukan maju atau…
- Cara Mendapatkan FYP TikTok Atau Halaman Untuk Anda Jagad.id - Banyak merek memasukkan TikTok dalam strategi pemasaran mereka. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk muncul di TikTok FYP (For You Page)? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan…
- 3 Cara Promosi Produk Yang Efektif Jagad.id – Promosi Produk, Kompetisi di dunia usaha makin hari semakin bertambah. Tiap perusahaan harus pintar dalam atur pemasaran strategy supaya tidak kalah saing dengan pesaing usaha yang lain. Lakukan…
- Tips Sukses Usaha Online Dari Nol jagad.id - Tips Sukses Usaha Online Dari Nol, Membuat usaha kerap dimengerti sebagai rintangan yang susah ditemui oleh pelaku bisnis. Ini karena aktor usaha tidak ketahui langkah mengawali usaha dari 0. Walau…
- Strategi Pengajaran Terbaik untuk Tahun 2023 Jagad.id - Tidak ada dua hari yang sama dan apa yang mungkin berhasil sekali di kelas. Beralih di antara strategi pengajaran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar adalah cara yang…