Jagad.id – Kedatangan media sosial dan pertumbuhan teknologi yang tidak terhentikan telah mengubah cara kita bekerja, berbelanja, belajar, dan berinteraksi. Kami telah terbiasa memiliki segalanya di sini, sekarang—fakta bahwa kami dapat membeli produk di Internet dan mendapatkannya pada hari berikutnya pada akhirnya merupakan hasil dari strategi transformasi digital.
Proses ini memengaruhi praktik pemasaran bisnis-ke-pelanggan dan menjadikannya penting bagi bisnis untuk mengikuti dan memikirkan kembali cara mereka bekerja.
Apa itu Transformasi Digital?
Strategi transformasi digital melibatkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan organisasi dan efisiensi bisnis untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada pelanggan, yaitu mengubah cara bisnis beroperasi, cara berinteraksi dengan pelanggan, dan secara internal.
Perubahan ini dapat dicapai dengan membuat proses bisnis baru atau memodifikasi yang sudah ada. Demikian juga, integrasi strategi teknologi digital ke dalam bisnis harus bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan komunikasi serta meningkatkan konversi dan pertumbuhan. Pada akhirnya, klien menjadi pusat dari perubahan ini.
Strategi ini akan bervariasi tergantung pada kebutuhan setiap perusahaan. Biasanya, mereka fokus pada perubahan teknologi, tetapi ini bukan satu-satunya aspek. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan bisnis secara keseluruhan, dan mungkin juga menyiratkan perubahan budaya. Transformasi digital mempengaruhi perangkat digital, platform, media, data, dan teknologi, yang semuanya perlu disesuaikan.
Bagaimana Menyusun Strategi Transformasi Digital
Jadi, Anda ingin memperbarui bisnis Anda dengan transformasi digital. Di mana Anda harus mulai? Apakah Anda mempekerjakan orang baru? Bagaimana seharusnya Anda menangani dan berkomunikasi dengan klien? Haruskah Anda berinvestasi dalam perangkat lunak baru? Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan yang mungkin menakutkan.
Sebelum memulai, pikirkan tentang strategi bisnis Anda saat ini dan hubungan Anda dengan klien Anda. Tanyakan pada diri sendiri apa kekuatan dan kelemahan Anda dan apa yang ingin Anda capai. Setelah Anda menentukan ini, sekarang saatnya untuk membuat transformasi digital dan strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan Anda dan mengarahkan Anda ke arah yang masuk akal untuk merek Anda.
Yang terbaik adalah memulai dengan pengalaman pelanggan dan proposisi nilai. Lihat bagaimana ini sesuai dengan tujuan bisnis untuk retensi dan akuisisi pelanggan.
Mencapai transformasi digital membutuhkan teknologi baru, staf, dan kepemimpinan yang baik. Ketika datang ke sisi teknologi dari strategi transformasi digital, adalah wajib untuk memahami tidak hanya mur dan baut, tetapi juga kebutuhan spesifik perusahaan. Untuk itu, harus ada tim profesional terampil yang bekerja sama dengan perusahaan untuk menganalisis apa yang dapat dan harus ditingkatkan dan bagaimana transformasi digital harus diterapkan. Singkatnya, tim TI memiliki peran penting sehingga komunikasi dengan mereka adalah kunci untuk maju dan berinovasi.
Dengan bantuan mereka, Anda juga dapat meningkatkan kualitas dan analitik data, membersihkan sejumlah besar informasi, menghapus apa yang tidak diperlukan, dan mengarahkan upaya ke arah pengelolaan data yang baik. Manajemen data yang baik juga berarti membantu pekerja Anda meningkatkan tugas dan proses mereka untuk menghasilkan data dengan benar.
Karyawan Anda juga harus menyadari tanggung jawab mereka dan harus berusaha untuk mengikuti perubahan. Mereka adalah bagian dari transformasi dan harus terlibat agar transformasi digital dapat berhasil.
Sekali lagi, komunikasi internal yang baik (dan komunikasi dengan pelanggan) sangat penting. Ini adalah bagian dari apa yang membuat perusahaan Anda hebat, dan harus selalu memberikan nilai bagi pelanggan. Terakhir, perlu untuk memikirkan kembali tidak hanya apa yang dibutuhkan pelanggan sekarang, tetapi juga apa yang mungkin mereka butuhkan di masa depan, dan kemudian melanjutkannya.
Contoh Strategi Digital
Strategi transformasi digital tidak hanya bermuara pada teknologi baru. Itu bagian dari itu, tetapi memenuhi harapan pelanggan jauh melampaui ini. Mari kita lihat beberapa contoh perusahaan besar yang berhasil dalam transformasi digitalnya.
Nike
Nike, perusahaan pakaian olahraga terkenal di dunia, telah berinovasi sejak didirikan pada tahun 1964. Beberapa tahun yang lalu, mereka memulai proses transformasi digital yang berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan dan citra merek mereka. Untuk melakukan ini, mereka menetapkan tiga sasaran: meningkatkan inovasi, menggandakan kecepatan mereka ke pasar, dan memiliki titik koneksi langsung dengan klien mereka.
Dalam proses ini, Nike berfokus pada data konsumen digital dan beralih ke penggunaan analitik yang lebih efisien. Sebagai vendor peralatan olahraga, sebagian besar upaya mereka beralih ke e-niaga. Mereka meningkatkan pengalaman pengguna, menyesuaikan opsi keanggotaan mereka, dan membuat peningkatan keseluruhan pada pengalaman bagi pembeli yang mengunjungi tidak hanya toko digital mereka, tetapi juga toko fisik lama yang bagus.
Uber
Uber, didirikan pada tahun 2009 sebagai Ubercab, adalah contoh yang bagus tentang bagaimana menjalankan strategi transformasi digital. Ini dimulai sebagai layanan berbagi tumpangan yang menjadi global. Kemudian, dengan maraknya layanan pesan-antar makanan, mereka menciptakan Uber Eats pada tahun 2014 dan terus berupaya untuk meningkatkan layanan pelanggannya, yaitu dengan membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat dan aman.
Uber mengakui bahwa banyak dari perjalanan pengemudi mereka ke bandara dan stasiun kereta berkaitan dengan bisnis, sehingga pada tahun 2014 mereka berkolaborasi dengan Concur dan menghadirkan Uber for Business, sebuah layanan khusus untuk perjalanan perusahaan.
Bagian dari apa yang membuat Uber sukses adalah mereka menerima umpan balik dan terbuka untuk berbicara dengan karyawan mereka. Hal ini menyebabkan terciptanya aplikasi seperti Uber Driver dan Uber Eats Manager.
Ini adalah dua contoh utama dari strategi digital yang bertransformasi, tetapi itu tidak berarti bahwa ini hanya dapat diakses oleh perusahaan besar. Setiap perusahaan dengan komitmen yang baik, perencanaan yang baik dan, yang terpenting, keinginan untuk berdialog dengan klien mereka dan berkembang akan dapat melakukan transformasi digital!
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan ulasan tentang strategi transformasi digital yang bisa anda terapkan dalam bisnis atau perusahaan anda. Melihat geliat perkembangan teknologi yang begitu pesat, tentu ini sebuah kewajiban bagi anda agar bisnis anda berkembang dengan baik. Semoga membantu!
Rekomendasi:
- Apa itu Ecommerce dan Contohnya ? Jagad.id - Indonesia adalah negara dengan populasi lebih dari 270 juta orang, menjadikannya negara terpadat keempat di dunia. Dengan populasi yang begitu besar, tidak mengherankan jika ecommerce berkembang pesat di…
- 10 Cara Menggunakan Grup Facebook Untuk Bisnis Anda! Jagad.id - Cara Menggunakan Grup Facebook - Grup Facebook memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda pada tingkat yang lebih pribadi. Dalam banyak kasus, orang cenderung membaca postingan sosial dari…
- Alternatif OpenAI Terbaik, Apakah Lebih Baik? Jagad.id - Apakah Anda mencari alternatif OpenAI terbaik? Jika Anda bertanya-tanya opsi apa yang terbaik, bagaimana perbandingannya dengan OpenAI, dan kriteria apa yang perlu dipertimbangkan saat memilih yang tepat –…
- 9 Ide Aplikasi Pendidikan Terbaik Untuk Startup Jagad.id - Tren telah berubah dan teknologi baru seperti AR telah menjadi bagian penting dari aplikasi seluler. Mari kita lihat ide aplikasi pendidikan terbaik lainnya untuk pemula yang dapat membantu…
- Iklan Facebook: Cara Memilih Format Iklan yang Tepat Jagad.id - Iklan Facebook telah berevolusi dari gambar sederhana yang dapat diklik menjadi pengalaman multimedia penuh. Dengan semua opsi yang tersedia, terkadang sulit untuk memilih salah satu yang paling sesuai…
- Kekurangan Belanja Online Yang Perlu Diketaui jagad.id - Karena penggunaan jejaring sosial terus meningkat, pertanyaan penting bagi pemasar adalah apakah aktivitas belanja online konsumen terkait dengan penggunaan jejaring sosial mereka dan, jika demikian, apa sifat hubungan…
- Cara Live di TikTok Yang Benar! Jagad.id - Cara Live di TikTok - Ada sesuatu tentang streaming langsung yang terasa begitu autentik dan tanpa filter. Ini membuatnya bagus untuk melibatkan pengikut Anda. Fitur Live TikTok sempurna…
- Cara Mendapatkan FYP TikTok Atau Halaman Untuk Anda Jagad.id - Banyak merek memasukkan TikTok dalam strategi pemasaran mereka. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk muncul di TikTok FYP (For You Page)? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan…
- Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Aplikasi 2023 Jagad.id - Cara Terbaik Menghasilkan Uang dari Aplikasi: Posting ini untuk Anda jika Anda ingin mendapatkan uang tambahan dari aplikasi atau Anda ingin mencari nafkah dari aplikasi. Hal pertama yang…
- Apa itu Machine Learning? Jagad.id - Meskipun ada berbagai contoh atau aplikasi Machine Learning yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun beberapa orang masih bingung tentang ML itu apa, jadi mari kita mulai dengan…
- Pengertian Promosi Adalah : Strategi, Jenis, Media, Manfaat… Perkembangan dunia marketing seakan tidak ada habisnya. Terlebih lagi, dimana pada era digital ini pertumbuhan perdagangan bergerak semakin cepat dan dinamis, karena dukungan beragam aplikasi jual beli. Hal ini tentunya…
- Kelebihan dan kekurangan Self Selling di Amazon, Wajib Tahu! Jagad.id - Kelebihan dan kekurangan Self Selling di Amazon - Amazon adalah salah satu situs e-commerce yang paling banyak digunakan. Ini memiliki jutaan pengguna yang melakukan miliaran transaksi setiap tahun.…
- Apa Saja Jenis dan Fungsi Merek Produk Merek merupakan sebuah identitas, sehingga tidak hanya sebatas nama, logo, atau produk. Siapapun bisa mendapatkan merek dagang, asalkan punya inovasi bisa membuat brand sendiri. Banyak fungsi merek produk yang akan…
- Strategi Affiliate marketing Super Jitu Jagad.id - Strategi Affiliate marketing, atau pemasar affiliate sebuah karier yang memberikan keuntungan, karena ini memungkinkannya kamu untuk memperoleh komisi dari satu perusahaan. Tetapi, jadi pemasar affiliate tidak berbuah hasil…
- 5 Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga jagad.id - Mencari cara untuk menghemat tagihan listrik di rumah? Inilah cara menghemat tagihan listrik yang tidak hanya mudah di kantong, tetapi juga bagus untuk keuangang keluarga.Menghemat listrik memiliki tujuan…
- Konten Marketing: Manfaat, Format Dan Strateginya Jagad.id - Saat ini, Anda pasti pernah mendengar ungkapan "Konten adalah Raja". Jauh dari ketinggalan zaman, konten marketing terus menjadi sama pentingnya bagi pemasar. Faktanya, menurut sebuah studi oleh DemandMetric,…
- Cara Mengubah Resolusi Layar Pada Pixel 7 Pro Dengan Mudah! Jagad.id - Apakah anda sudah tahu cara mengubah resolusi layar pada Pixel 7 Pro? Kami akan memberikan informasi tutorial untuk mengubah resolusi layar dari hp Google Pixel tersebut. Berikut adalah…
- 8 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Jagad.id - Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Langkah meningkatkan usaha online memang berlainan bila dibanding dengan usaha memakai mekanisme konservatif. Tetapi, tidak berarti sistem pengembangannya selalu sulit dan sulit untuk…
- Cara Top Up Shopee Pay Dari BCA Jagad.id - Cara Top Up Shopee Pay Dari BCA, Perkembangan jaman yang dituruti dengan perubahan cepat tehnologi digital membuat berbelanja apa saat ini semakin gampang. Masalahnya semua dapat dilaksanakan secara…
- Ciri-ciri Usaha Yang Menjanjikan Tahun 2023 Jagad.id - Ciri-ciri Usaha Yang Menjanjikan Tahun 2023, Jalani usaha yang menggiurkan sebagai mimpi sebagian besar orang. Kekuatannya untuk raih faedah besar menjadi satu diantara argumen tingginya minat pada karier ini.…
- Fungsi TIMER Listrik Untuk Pengaturan Otomatis jagad.id - fungsi timer listrik adalah sistem penghitung waktu yang digunakan di banyak tempat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pengaturan konsumsi listrik harian berbasis waktu untuk menghemat uang adalah area yang…
- Cara Beriklan Di Instagram Tidak Kenal Boncos Jagad.id - Cara beriklan di Instagram ini adalah salah satu opsi periklanan terbaik dalam pemasaran digital. Karena berbagi antarmuka periklanan yang sama dengan Facebook, ia menawarkan banyak fitur dan peluang…
- Apa itu Augmented Reality dan Contohnya Jagad.id - Augmented Reality, juga dikenal sebagai augmented reality (AR), adalah teknologi yang meningkatkan lingkungan dunia nyata. Dengan overlay informasi yang dihasilkan komputer dan visual ke sana. Ini berbeda dari…
- Strategi Pengajaran Terbaik untuk Tahun 2023 Jagad.id - Tidak ada dua hari yang sama dan apa yang mungkin berhasil sekali di kelas. Beralih di antara strategi pengajaran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar adalah cara yang…
- Doa Agar Dagangan Laris Jagad.id - Doa Agar Dagangan Laris, Apakah Anda sedang merintis bisnis atau sudah memiliki usaha namun belum juga mendapatkan keuntungan yang signifikan? Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis, mulai…
- Cara Copywriting Yang Bagus Untuk Judul Artikel Jagad.id - Meskipun cara copywriting yang bagus mungkin tampak mudah, tidak mudah membuat judul artikel menarik dan kreatif. Mengingat ini adalah salah satu elemen pemasaran terpenting dalam copywriting, Anda harus…
- Strategi Memasarkan Bisnis Secara Online Saat ini, kita hidup di era yang sudah jauh lebih maju. Banyak hal di kehidupan sehari-hari yang akhirnya juga mengikuti perubahan zaman. Salah satunya adalah bisnis. Dulu orang-orang membuka usahanya…
- 5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda Jagad.id - Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis - Pesatnya roda perkembangan teknologi beriringan dengan berkembangnya kegiatan pemasaran secara digital atau yang biasa disebut sebagai digital marketing. Perkembangan tersebut tak lain…
- Terbukti Berhasil, Ini Strategi Promosi Website Paling… Jagad.id - Strategi promosi website yang paling efektif adalah melakukan promosi produk agar hasil penjualan produk semakin maksimal. Salah satu strategi promosi yang paling efektif adalah dengan membuat website bisnis.…
- 5 Aspek Utama Untuk Memulai Iklan di Media Sosial Jagad.id - Beriklan di jejaring sosial adalah salah satu cara terbaik bagi merek Anda untuk mendapatkan visibilitas dan jangkauan. Itu juga bisa meningkatkan jumlah keseluruhan prospek dan konversi. Lantas, bagaimana…