Apa Itu Strategi Transformasi Digital Dan Mengapa Penting?

Jagad.id – Kedatangan media sosial dan pertumbuhan teknologi yang tidak terhentikan telah mengubah cara kita bekerja, berbelanja, belajar, dan berinteraksi. Kami telah terbiasa memiliki segalanya di sini, sekarang—fakta bahwa kami dapat membeli produk di Internet dan mendapatkannya pada hari berikutnya pada akhirnya merupakan hasil dari strategi transformasi digital.

Proses ini memengaruhi praktik pemasaran bisnis-ke-pelanggan dan menjadikannya penting bagi bisnis untuk mengikuti dan memikirkan kembali cara mereka bekerja.

Apa itu Transformasi Digital?

Strategi transformasi digital melibatkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan organisasi dan efisiensi bisnis untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada pelanggan, yaitu mengubah cara bisnis beroperasi, cara berinteraksi dengan pelanggan, dan secara internal.

Perubahan ini dapat dicapai dengan membuat proses bisnis baru atau memodifikasi yang sudah ada. Demikian juga, integrasi strategi teknologi digital ke dalam bisnis harus bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan komunikasi serta meningkatkan konversi dan pertumbuhan. Pada akhirnya, klien menjadi pusat dari perubahan ini.

Strategi ini akan bervariasi tergantung pada kebutuhan setiap perusahaan. Biasanya, mereka fokus pada perubahan teknologi, tetapi ini bukan satu-satunya aspek. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan bisnis secara keseluruhan, dan mungkin juga menyiratkan perubahan budaya. Transformasi digital mempengaruhi perangkat digital, platform, media, data, dan teknologi, yang semuanya perlu disesuaikan.

Bagaimana Menyusun Strategi Transformasi Digital

Jadi, Anda ingin memperbarui bisnis Anda dengan transformasi digital. Di mana Anda harus mulai? Apakah Anda mempekerjakan orang baru? Bagaimana seharusnya Anda menangani dan berkomunikasi dengan klien? Haruskah Anda berinvestasi dalam perangkat lunak baru? Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan yang mungkin menakutkan.

Sebelum memulai, pikirkan tentang strategi bisnis Anda saat ini dan hubungan Anda dengan klien Anda. Tanyakan pada diri sendiri apa kekuatan dan kelemahan Anda dan apa yang ingin Anda capai. Setelah Anda menentukan ini, sekarang saatnya untuk membuat transformasi digital dan strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan Anda dan mengarahkan Anda ke arah yang masuk akal untuk merek Anda.

Yang terbaik adalah memulai dengan pengalaman pelanggan dan proposisi nilai. Lihat bagaimana ini sesuai dengan tujuan bisnis untuk retensi dan akuisisi pelanggan.

Mencapai transformasi digital membutuhkan teknologi baru, staf, dan kepemimpinan yang baik. Ketika datang ke sisi teknologi dari strategi transformasi digital, adalah wajib untuk memahami tidak hanya mur dan baut, tetapi juga kebutuhan spesifik perusahaan. Untuk itu, harus ada tim profesional terampil yang bekerja sama dengan perusahaan untuk menganalisis apa yang dapat dan harus ditingkatkan dan bagaimana transformasi digital harus diterapkan. Singkatnya, tim TI memiliki peran penting sehingga komunikasi dengan mereka adalah kunci untuk maju dan berinovasi.

Dengan bantuan mereka, Anda juga dapat meningkatkan kualitas dan analitik data, membersihkan sejumlah besar informasi, menghapus apa yang tidak diperlukan, dan mengarahkan upaya ke arah pengelolaan data yang baik. Manajemen data yang baik juga berarti membantu pekerja Anda meningkatkan tugas dan proses mereka untuk menghasilkan data dengan benar.

Karyawan Anda juga harus menyadari tanggung jawab mereka dan harus berusaha untuk mengikuti perubahan. Mereka adalah bagian dari transformasi dan harus terlibat agar transformasi digital dapat berhasil.

Sekali lagi, komunikasi internal yang baik (dan komunikasi dengan pelanggan) sangat penting. Ini adalah bagian dari apa yang membuat perusahaan Anda hebat, dan harus selalu memberikan nilai bagi pelanggan. Terakhir, perlu untuk memikirkan kembali tidak hanya apa yang dibutuhkan pelanggan sekarang, tetapi juga apa yang mungkin mereka butuhkan di masa depan, dan kemudian melanjutkannya.

Contoh Strategi Digital

Strategi transformasi digital tidak hanya bermuara pada teknologi baru. Itu bagian dari itu, tetapi memenuhi harapan pelanggan jauh melampaui ini. Mari kita lihat beberapa contoh perusahaan besar yang berhasil dalam transformasi digitalnya.

Nike

Nike, perusahaan pakaian olahraga terkenal di dunia, telah berinovasi sejak didirikan pada tahun 1964. Beberapa tahun yang lalu, mereka memulai proses transformasi digital yang berfokus pada peningkatan pengalaman pelanggan dan citra merek mereka. Untuk melakukan ini, mereka menetapkan tiga sasaran: meningkatkan inovasi, menggandakan kecepatan mereka ke pasar, dan memiliki titik koneksi langsung dengan klien mereka.

Dalam proses ini, Nike berfokus pada data konsumen digital dan beralih ke penggunaan analitik yang lebih efisien. Sebagai vendor peralatan olahraga, sebagian besar upaya mereka beralih ke e-niaga. Mereka meningkatkan pengalaman pengguna, menyesuaikan opsi keanggotaan mereka, dan membuat peningkatan keseluruhan pada pengalaman bagi pembeli yang mengunjungi tidak hanya toko digital mereka, tetapi juga toko fisik lama yang bagus.

Uber

Uber, didirikan pada tahun 2009 sebagai Ubercab, adalah contoh yang bagus tentang bagaimana menjalankan strategi transformasi digital. Ini dimulai sebagai layanan berbagi tumpangan yang menjadi global. Kemudian, dengan maraknya layanan pesan-antar makanan, mereka menciptakan Uber Eats pada tahun 2014 dan terus berupaya untuk meningkatkan layanan pelanggannya, yaitu dengan membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat dan aman.

Uber mengakui bahwa banyak dari perjalanan pengemudi mereka ke bandara dan stasiun kereta berkaitan dengan bisnis, sehingga pada tahun 2014 mereka berkolaborasi dengan Concur dan menghadirkan Uber for Business, sebuah layanan khusus untuk perjalanan perusahaan.

Bagian dari apa yang membuat Uber sukses adalah mereka menerima umpan balik dan terbuka untuk berbicara dengan karyawan mereka. Hal ini menyebabkan terciptanya aplikasi seperti Uber Driver dan Uber Eats Manager.

Ini adalah dua contoh utama dari strategi digital yang bertransformasi, tetapi itu tidak berarti bahwa ini hanya dapat diakses oleh perusahaan besar. Setiap perusahaan dengan komitmen yang baik, perencanaan yang baik dan, yang terpenting, keinginan untuk berdialog dengan klien mereka dan berkembang akan dapat melakukan transformasi digital!

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang strategi transformasi digital yang bisa anda terapkan dalam bisnis atau perusahaan anda. Melihat geliat perkembangan teknologi yang begitu pesat, tentu ini sebuah kewajiban bagi anda agar bisnis anda berkembang dengan baik. Semoga membantu!

error: This content is protected by DMCA