1 Strategi Memasarkan Bisnis Secara Online
(Sumber: unsplash)

Saat ini, kita hidup di era yang sudah jauh lebih maju. Banyak hal di kehidupan sehari-hari yang akhirnya juga mengikuti perubahan zaman. Salah satunya adalah bisnis. Dulu orang-orang membuka usahanya dengan mempunyai toko yang terlihat secara kasat mata. Namun dengan perkembangan teknologi, banyak orang yang memasarkan usahanya secara online. Strategi ini digunakan karena tren yang juga muncul di tengah-tengah masyarakat, yaitu berbelanja secara online.

Namun begitu, menjalankan bisnis online bukanlah sesuatu yang mudah. Para pebisnis harus mengetahui strategi-strategi yang tepat untuk membuat usahanya menjadi maksimal.

Untuk memaksimalkan pemasaran secara online, di bawah ini beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis online.

1. Jaringan dan Relasi

Dalam berbisnis, memiliki jaringan yang luas merupakan sesuatu yang penting. Membangun jaringan dan relasi secara baik bisa membantu sebuah bisnis online berkembang lebih luas. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan konsumen yang tertarik dengan produk kita juga akan semakin banyak.

Untuk bisa mempunyai jaringan yang baik, kita bisa mencoba untuk menjalin koneksi dari lingkup yang kecil terlebih dahulu. Kita bisa menjadi sponsor pada festival seni atau kegiatan sosial yang ada di sekitar kita. Dengan begitu akan ada lebih banyak orang yang mengenal produk kita dan dari situlah koneksi mulai terbangun.

2. Konten Marketing

2 Strategi Memasarkan Bisnis Secara Online
(Sumber: unsplash)

Bukan hanya produk menarik yang harus kita miliki, namun kita juga harus menyajikan konten yang menarik perhatian pengunjung untuk mengunjungi toko online kita. Media konten marketing ini bisa berupa gambar, artikel, maupun video, menyesuaikan dengan jenis bisnis yang sedang digeluti.

Membuat konten yang menarik adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menarik perhatian pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan setia. Banyak sekali alat yang bisa membantu kita untuk membuat konten yang menarik. Namun jika memang kita termasuk seseorang yang sibuk, memberikan pekerjaan tersebut kepada jasa pembuat konten juga bukan menjadi masalah. Kita hanya perlu mencari rekan yang bisa diajak bekerja sama dengan baik.

3. Integrated Digital Marketing

Strategi ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang kuat. Mengapa? Karena disini, semua sumber daya digital digunakan secara maksimal.

Integrated digital marketing dalam sebuah bisnis diibaratkan efek bola salju. Bola salju yang awalnya kecil akan menjadi semakin besar ketika ia menggelinding semakin jauh. Dalam bisnis, fenomena ini dijadikan sebagai sebuah teknik memulai usaha dari kecil secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun kecil, bisnis yang kita kerjakan bisa jadi besar selama kita ulet dan tekun dalam menjalankan bisnis tersebut. Rencana pemasaran dengan menggunakan pola ini dimaksudkan untuk tujuan jangka panjang. Jadi, strategi pemasaran bisnis online yang dikerjakan harus terintegrasi satu sama lain dan mengarah pada tujuan akhir usaha.

4. Memahami Tren Media Sosial

3 Strategi Memasarkan Bisnis Secara Online
(Sumber: unsplash)

Menjadi seorang pebisnis artinya kita harus bersedia mengikuti perubahan zaman. Harus mau tahu tren apa yang sedang ramai di lapangan. Kita harus fleksibel dalam menggunakan berbagai media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Kita harus memiliki pola pikir yang terbuka dan menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Kita tidak bisa menjadi seorang pebisnis yang kaku dan hanya mengandalkan satu media sosial saja. Sebab media sosial adalah tempat yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Jadi, dengan terus memahami tren yang berkembang, kita bisa membuat strategi pemasaran bisnis online yang lebih baik.

5. Bergabung dengan Marketplace

Meski saat ini sudah banyak bisnis online di sekitar kita, namun tidak sedikit pula yang masih ragu untuk berbelanja di toko online. Bukan lain adalah karena hilangnya rasa percaya kepada toko online. Sebab tidak dapat dipungkiri, banyak sekali pihak-pihak yang melakukan penipuan dengan mengatasnamakan toko online.

Karenanya, untuk membuat pelanggan percaya dan tidak takut berbelanja secara online, kita bisa bergabung dengan marketplace. Alasannya adalah sebab marketplace menyediakan sistem pembayaran yang lebih aman karena ada bantuan dari pihak ketiga. Sehingga bagi kita yang tidak ingin mendapatkan penurunan kepercayaan dari pelanggan, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan marketplace.

Dengan bergabung ke marketplace, kita juga punya kesempatan yang lebih besar untuk bertemu pelanggan baru yang mencari produk yang sesuai dengan deskripsi produk yang dimiliki. Hal ini pun mampu meningkatkan nilai produk kita di masyarakat.

6. Membuat Website

4 Strategi Memasarkan Bisnis Secara Online
(Sumber: unsplash)

Memiliki website sendiri adalah salah satu strategi yang bisa digunakan untuk memasarkan bisnis kita secara online. Dengan mempunyai website sendiri pelanggan akan merasa lebih percaya dengan toko online yang kita miliki. Anda bisa memulainya dengan wordpress. Lihat paket wordpress hosting dari jetorbit!

Mempunyai website sendiri membuat kita bisa menampilkan profil dan pencapaian yang sudah kita lakukan. Kita juga bisa memperlihatkan ulasan tentang pelayanan atau produk yang disampaikan oleh para pelanggan.

Selain itu, keuntungan memasarkan produk dengan website sendiri adalah kita akan lebih mudah memberikan informasi terkait informasi ataupun promosi yang sedang diadakan.. Interaksi antara penjual dan pembeli pun akan terjalin lebih dekat apabila toko online kita mempunyai website sendiri.

Demikian beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk membuat bisnis online kita semakin berkembang. Bagi teman-teman yang masih bingung di mana harus membuat website untuk mengembangkan bisnisnya, tidak perlu bingung. Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting dan domain yang terpercaya siap membantu teman-teman semua.

Tertarik menggandeng Jetorbit sebagai rekan dalam menjalankan bisnis online? Silakan kunjungi laman kami sekarang juga.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articleHiu Goblin : Pengertian, Sejarah, Klasifikasi, Persebaran, Makanan, Interaksi dan Foto Gambar
Next articleHiu Megalodon : Bentuk, Ukuran, Habitat, Makanan, Kepunahan dan Foto Gambar