Apa itu Google Real Tone? Cara Kerja Fitur Kamera Pixel

Jagad.id – Apa itu Google Real Tone ? Google baru-baru ini meluncurkan Pixel 7 dan Pixel 7 Pro, dua smartphone yang hadir dengan fitur kamera yang sudah dikenal: Real Tone. Baca terus untuk mempelajari semua tentang itu.

Panduan ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang Google Real Tone, termasuk apa itu, cara kerjanya, dan di mana Anda dapat menemukannya…

Apa itu Google Real Tone?

Real Tone adalah fitur kamera Pixel yang dirancang untuk meningkatkan akurasi saat mereproduksi warna kulit yang lebih gelap di mana ponsel Google sebelumnya gagal.

Google telah bekerja dengan lebih dari 60 fotografer dari etnis yang berbeda untuk melatih kamera Pixel untuk menangkap warna kulit yang lebih gelap secara lebih akurat, mencegahnya terlihat lebih gelap atau lebih cerah daripada tampilannya di kehidupan nyata.

Real Tone adalah bagian dari upaya berkelanjutan Google untuk mengatasi bias warna kulit dalam teknologi AI dan kamera.

“Bias rasial dalam teknologi kamera ini berakar pada cara pengembangan dan pengujiannya”, jelas Google di situs webnya.

“Sensor kamera, algoritme pemrosesan, dan perangkat lunak pengeditan semuanya dilatih sebagian besar pada kumpulan data yang memiliki kulit terang sebagai dasar, dengan skala warna kulit yang terbatas diperhitungkan. Bias ini telah bertahan selama beberapa dekade, karena teknologi ini tidak pernah disesuaikan untuk mereka yang memiliki kulit lebih gelap”.

Karena Real Tone dimasukkan ke dalam kamera Pixel, itu juga didukung di banyak aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Alih-alih didasarkan pada satu aplikasi atau teknologi tunggal, Real Tone mengikuti kerangka kerja yang membahas enam area inti dalam teknologi gambar/imaging Google.

  • Pertama-tama, kamera Pixel dilatih untuk mendeteksi beragam wajah untuk memastikan kamera bisa mendapatkan gambar fokus dalam berbagai kondisi pencahayaan.
  • Berikutnya adalah keseimbangan putih. Keseimbangan putih otomatis dirancang untuk lebih mencerminkan berbagai warna kulit.
  • Eksposur otomatis bertanggung jawab atas seberapa terang foto yang diambil pada Pixel terlihat, jadi Google telah meningkatkan ini juga.
  • Selain itu, perusahaan mengembangkan algoritme baru untuk mengurangi dampak cahaya yang menyimpang pada gambar, memastikan warna kulit yang lebih gelap tidak tampak pudar saat dibingkai oleh jendela yang diterangi matahari, misalnya.
  • Menghindari blur juga penting untuk mendapatkan foto yang bagus, jadi Google telah menggunakan AI dalam chip Tensor yang dibuat khusus untuk menjaga gambar tetap tajam dalam kondisi cahaya rendah.
  • Terakhir, fitur peningkatan otomatis di Google Foto berfungsi dengan foto yang diambil dengan ponsel cerdas di luar Pixel, yang berarti pengguna Android lainnya dapat mengoptimalkan warna dan pencahayaan pada gambar mereka setelah mengambilnya.

Semua hal di atas diterapkan pada kamera Pixel, yang kemudian diuji oleh para profesional untuk memperluas kumpulan data gambar Google.

“Kami terus bekerja dengan pakar gambar – seperti fotografer, sinematografer, dan pewarna/colorist – yang terkenal karena citra komunitas warna yang indah dan akurat”, kata Florian Koenigsberger, Pemimpin Ekuitas Gambar Google.

“Kami meminta mereka untuk menguji kamera kami dalam berbagai kondisi pencahayaan yang sulit. Dalam prosesnya, mereka mengambil ribuan potret yang membuat kumpulan data gambar kita 25 kali lebih beragam – agar terlihat lebih mirip dengan dunia di sekitar kita”.

Baru-baru ini, Google telah membuka skala Monk Skin Tone (MST), skala yang dikembangkan oleh profesor Harvard Dr Ellis Monk yang lebih inklusif dan memberikan spektrum warna kulit yang lebih luas daripada standar industri teknologi saat ini.

Hp Pixsel mana yang mendukung Real Tone?

Real Tone diluncurkan pada Pixel 6 pada tahun 2021 dan dapat ditemukan di ponsel berikut:

  • Pixel 7 Pro
  • Piksel 7
  • Piksel 6a
  • Pixel 6 Pro
  • Piksel 6

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan penjelasan tentang apa itu Google Real Tone yang bisa anda ketahui. Dengan teknologi ini, menunjukkan perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu yah!

error: This content is protected by DMCA