Perbedaan Android Dan IOS, Mana Yang Terbaik?

Jagad.id – Perbedaan Android Dan IOS – Hampir setiap orang yang telah membeli smartphone harus memutuskan apa yang tepat untuk mereka, perangkat Apple, atau Android. Tetapi fitur apa yang dimiliki kedua sistem operasi dan secara subjektif lebih baik dari yang lain?

Itu pertanyaan yang setiap orang harus tanyakan pada diri mereka sendiri ketika mereka memutuskan untuk mengupgrade smartphone mereka. Dan pertanyaannya menjadi sedikit lebih rumit ketika Anda mempertimbangkan bahwa Android mencakup berbagai ponsel, dengan perusahaan seperti Google, Samsung, Oppo, dan Microsoft semuanya menggunakan sistem operasi Android.

Namun, penting untuk dicatat bahwa Android dimiliki oleh Google, dan saat ini hp Google terbaru adalah satu-satunya perangkat yang menampilkan OS Android terbaru.

Sementara itu, iOS eksklusif untuk Apple iPhone, memiliki antarmuka yang berbeda dan mendukung aplikasi seperti Safari dan Mail daripada Google dan Gmail – meskipun dua yang terakhir tersedia.

Untuk membantu meringankan kesulitan dalam memutuskan OS mana yang tepat untuk Anda, kami telah menyusun panduan mendalam ini di kedua platform dan apa yang mereka tawarkan. Teruslah membaca untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Android Dan IOS

Dimulai dengan Apple, iterasi iOS terbaru adalah iOS 16, yang diluncurkan pada 12 September 2022. Pembaruan ini akan berlaku untuk semua iPhone yang dirilis setelah iPhone SE 2 dan akan tersedia untuk digunakan pada seri iPhone 14 baru saat peluncuran.

Salah satu fitur terbesar iOS 16 adalah layar kunci yang didesain ulang; Anda dapat menyesuaikan gaya font, menampilkan widget, dan menampilkan beberapa foto favorit Anda, dengan penekanan pada penyesuaian perangkat agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga dapat membuat beberapa layar kunci yang memiliki latar belakang dan estetika berbeda, artinya Anda dapat membuat layar kunci tertentu dengan widget tertentu, seperti cuaca atau kalender, untuk skenario tertentu.

Dalam perbedaan android dan ios, Apple juga telah memperbarui Fokus yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pemberitahuan. Aplikasi dan orang dapat dibungkam, dan filter Fokus berarti Anda dapat menetapkan batasan di Apple dan aplikasi pihak ketiga, seperti Pesan atau Mail, untuk mengheningkan konten yang mengganggu.

Anda sekarang dapat mengedit pesan yang telah dikirim atau bahkan membatalkan pengiriman sepenuhnya, dengan opsi untuk menandai pesan sebagai belum dibaca jika Anda tidak punya waktu untuk merespons saat Anda melihatnya. Penting untuk dicatat bahwa Anda hanya dapat mengedit atau membatalkan pengiriman pesan hingga 15 menit setelah dikirim, setelah itu Anda tidak akan dapat mengubahnya.

iOS 16 telah memperkenalkan lebih banyak fitur daripada yang kami sebutkan di sini, dan secara umum, sepertinya Apple lebih fokus pada elemen penyesuaian serta membuat AI-nya lebih cerdas.

Dalam hal tablet, iPadOS adalah perangkat lunak pilihan untuk lini iPad Apple. Dibutuhkan fitur dasar yang tersedia di ponsel, dan menyesuaikannya lebih banyak untuk layar yang lebih besar – termasuk fitur seperti multitasking layar spilt.

Android 13 adalah versi terbaru dari sistem operasi Google, yang diluncurkan secara penuh pada 15 Agustus 2022. Saat ini, setiap HP Google yang dirilis setelah Pixel 4 dapat menjalankan Android 13, yang mencakup Pixel 6, Pixel 6 Pro, dan Pixel 6a .

Hp lain yang menggunakan Android dapat mengakses bentuk beta dari sistem operasi, dengan Google mengklaim bahwa peluncuran penuh akan datang akhir tahun ini untuk merek seperti Oppo, OnePlus, Realme dan Motorola. Namun, karena versi Android setiap merek berbeda, sulit untuk benar-benar mengukur kapan pembaruan akan tiba di tempat lain.

Android 13 bukanlah pembangunan kembali besar-besaran di Android 12 dan fitur-fiturnya, menambahkan lebih banyak elemen penyesuaian. Anda dapat menyesuaikan aplikasi non-Google agar sesuai dengan wallpaper dan warna ponsel Anda, dengan tujuan membuat layar beranda lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Google juga menambahkan kemampuan untuk menetapkan bahasa tertentu ke masing-masing aplikasi, memungkinkan orang yang berbicara banyak bahasa untuk menjaga sistem perangkat mereka dalam satu bahasa sambil menyimpan aplikasi dalam bahasa yang berbeda.

Dalam perbedaan android dan ios di fitur keamanan, Android 13 akan menghapus riwayat clipboard Anda setelah jangka waktu tertentu jika Anda telah menyalin informasi pribadi, seperti email, alamat, atau kredensial masuk untuk membuat perangkat Anda lebih aman.

Aplikasi yang Anda unduh di Android 13 juga memerlukan izin eksplisit untuk mengirim pemberitahuan, daripada diizinkan untuk mengirimnya secara default, membuat layar beranda Anda tidak terlalu berantakan dan tidak terlalu mengganggu.

Selain itu, Android 13 telah mengadopsi audio Bluetooth Low Energy (LE) yang menghasilkan latensi lebih rendah; ini membantu mengurangi penundaan dan memungkinkan Anda mendengar audio yang lebih sinkron dengan sumbernya.

Android 13 juga dapat digunakan pada tablet tertentu. Tablet Android akan dapat mendaftarkan telapak tangan dan stylus Anda sebagai sentuhan terpisah, memungkinkan Anda menggambar dan menulis di tablet tanpa membuat tanda yang tidak disengaja dengan meletakkan tangan Anda di layar.

Versi pertama

Perbedaan android dan ios, Versi pertama dari iOS diperkenalkan pada tahun 2007 dan disebut iPhone OS. Dibandingkan dengan OS terbaru, ini sangat sederhana, memberikan pengguna akses ke berbagai aplikasi seperti Jam, Kalender dan Catatan, antara lain. Tidak ada App Store, dan tidak ada fungsi salin dan tempel.

Versi pertama dari OS Android disebut Android 1.0 dan dirilis dalam versi beta pada bulan November 2007, diluncurkan sepenuhnya pada bulan September 2008. Google mengakuisisi Android pada tahun 2005 sebelum sistem operasi pertama dirilis dan sejak itu telah menggunakan teknologi pada jalurnya sendiri. Namun, Android juga digunakan oleh banyak perusahaan lain yang mengembangkan ponsel, yang masuk sebagai saingan utama iOS.

Saham

Meskipun hanya dimiliki oleh dua perusahaan, iOS dan Android merupakan bagian besar dari pasar seluler, dengan sistem operasi seluler lainnya menjadi tidak jelas selama bertahun-tahun. Meskipun demikian, ada sistem operasi lain yang dapat dipilih, seperti Sailfish, Tizen Open-Source dan KaiOS, meskipun mereka kurang populer.

Menurut Statista, pada Juli 2022 71,47% perangkat aktif menggunakan Android, sementara 27,88% perangkat aktif menggunakan iOS. 0,65% pengguna menggunakan perangkat yang mendukung sistem operasi lain, membuktikan betapa iOS dan Android mendominasi pasar.

Keamanan

Karena perbedaan android dan ios keduanya dalam berjalan, ada berbagai tingkat keamanan yang terkait dengannya. Dimulai dengan Android, sayangnya mereka menjadi target yang mengundang bagi pengembang malware karena ada lebih banyak dari mereka di alam liar, seperti yang kita lihat di bagian sebelumnya.

Karena ada lebih banyak perangkat Android yang digunakan pada satu waktu, penargetan perangkat Android menawarkan permukaan serangan yang lebih besar, dan karena sistem operasi ini telah diadaptasi oleh pembuat ponsel cerdas – yang dapat menghasilkan penyesuaian pengembang sistem operasi – ada lebih banyak kelemahan keamanan yang ada.

Namun, itu tidak berarti bahwa iPhone tidak rentan terhadap serangan. Karena perangkat lunak untuk iPhone sangat homogen, satu serangan yang berhasil dapat mempengaruhi seluruh sistem. Ini tidak akan terjadi dengan Android karena sangat terfragmentasi, dan tidak mungkin satu serangan dapat mengakses informasi sebanyak itu.

Meskipun dari perbedaan android dan ios demikian, sepertinya iOS adalah sistem yang lebih aman secara default karena Apple App Store jauh lebih ketat dengan apa yang diizinkan di platform, yang berarti bahwa Anda cenderung mengunduh aplikasi berbahaya daripada jika Anda menggunakan Android Google.

Dan seperti yang telah kami sebutkan, pembaruan Android biasanya terhuyung-huyung, dengan hp Google biasanya menjadi yang pertama mengakses perangkat lunak terbaru. Ini bisa berbahaya ketika mencoba melindungi pengguna dari serangan; sementara Apple hanya dapat mendorong pembaruan perangkat lunak untuk semua penggunanya, orang-orang dengan perangkat Android harus menunggu produsen perangkat mereka menguji pembaruan sebelum mendorongnya ke pengguna.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang praktik keamanan dan keselamatan Android dan iOS, lihat bagian mendalam kami tentang platform mana yang lebih aman, dengan saran dan kiat dari pakar keamanan terkemuka tentang cara tetap aman.

Toko Aplikasi (Playstore/ App Store)

Seperti yang disebutkan di bagian terakhir, iOS dan Android memiliki solusi terpisah dalam hal mengunduh aplikasi. Apple menggunakan App Store yang dikembangkan oleh Apple dan dirilis pada tahun 2008 sehari sebelum iPhone 3G diluncurkan.

Menurut Apple, ada hampir dua juta aplikasi yang tersedia di App Store dengan 100% aplikasi secara otomatis disaring untuk malware yang diketahui. Selain itu, lebih dari 215.000 pengajuan ditolak oleh Apple tahun lalu karena melanggar pedoman privasi, yang menunjukkan proses penyaringan ketat perusahaan untuk aplikasi di Store-nya.

Di sisi lain, Android menyukai Google Play Store, yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google, dan dirilis pada tahun 2008. Ada lebih dari 3,4 juta aplikasi yang tersedia untuk diunduh dari Play Store, meskipun Google kurang transparan dibandingkan Apple dalam mengungkapkan seberapa sering itu memeriksa malware untuk aplikasinya, dan berapa banyak yang ditolak.

Dan sementara App Store tidak dapat ditembus, ada banyak contoh di mana orang secara tidak sengaja mengunduh aplikasi yang terinfeksi malware dari Google Play, karena proses pengujiannya kurang ketat dan perusahaan mengizinkan lebih banyak konten untuk diunggah.

Kamera

Memutuskan apakah iOS atau Android memiliki kamera yang lebih baik secara keseluruhan adalah pertanyaan yang mustahil karena ada beberapa HP yang mendukung Android, artinya tidak ada standar.

Bisa dibilang, karena Apple memiliki kendali penuh atas desain dan spesifikasi kamera, ada lebih banyak konsistensi dalam kualitas kamera di perangkat iOS. Ini tidak dapat dikatakan untuk Android, karena beberapa perangkat yang didukung akan menggunakan lensa yang terbuat dari kaca sementara yang lain akan menyukai plastik, dan sensor dapat sangat bervariasi tergantung pada produsen smartphone.

Namun, banyaknya variasi yang ditawarkan oleh Android membuat konsumen dapat memilih kamera yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, mulai dari fitur yang disertakan hingga harganya.

Jika Anda ingin tahu apa kamera iPhone terbaik, yang terbaik adalah melihat rilis terbaru. Meskipun kami belum dapat meninjau kisaran iPhone 14, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memiliki pengaturan kamera baru.

IPhone 14 Pro memiliki fitur kamera Utama 48MP baru dengan sensor quad-pixel canggih, memberikan resolusi empat kali lipat di ProRAW. Apple mengembangkan sensor yang lebih besar untuk membiarkan lebih banyak cahaya dan telah mengembangkan Mesin Fotonik baru yang memungkinkan Deep Fusion terjadi lebih awal dalam proses pengambilan gambar, yang menyimpan lebih banyak data untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah dan lebih hidup.

Namun, Pixel 6 Pro andalannya menawarkan kamera utama 50MP, dengan ulasan kami mencatat betapa realistisnya foto itu. Seri Pixel juga hadir dengan sejumlah fitur kamera seperti Real Tone, Face Unblur, dan Magic Eraser, yang memungkinkan pengguna membuat lebih banyak gambar yang dipersonalisasi dan berkarakter.

Karena ada begitu banyak perbedaan dalam kualitas kamera dalam hal perangkat Android, Anda tidak dapat mengatakan bahwa yang satu pasti lebih baik dari yang lain.

Akhir Kata

Android dan iOS hadir dengan berbagai fitur berbeda yang memberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada akhirnya, Anda mungkin menemukan bahwa itu tergantung pada preferensi pribadi, dan siapa pun yang ingin memiliki iPhone secara khusus akan secara otomatis berada di ekosistem iOS secara default.

Perbedaan UI juga akan berdampak pada pengalaman Anda menggunakan salah satu perangkat, dan Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih menyukai tampilan dan nuansa dari satu sistem operasi daripada yang lain.

Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini saat mempertimbangkan perangkat baru. Jika Anda masih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang hp dan perbedaan android dan ios, lihat daftar ponsel cerdas terbaik kami untuk tampilan yang lebih komprehensif. Anda juga dapat melihat daftar smartphone terjangkau terbaik kami, atau jika Anda tahu sistem operasi mana yang tepat untuk Anda, kami telah mendedikasikan daftar terbaik untuk iPhone terbaik dan ponsel Android terbaik sehingga Anda dapat melihat opsi apa yang tersedia saat ini.

error: This content is protected by DMCA