Kelebihan dan Kekurangan Hp Xiaomi Yang Wajib Anda Tahu!

JAGAD.ID – Kelebihan dan Kekurangan Hp Xiaomi – Xiaomi, diucapkan “Shee-ow-me”, adalah perusahaan elektronik Cina yang didirikan pada tahun 2010 oleh mantan CEO Kingsoft Lei Jun. Perusahaan memasuki pasar sebagai perusahaan perangkat lunak yang terutama berfokus pada pembuatan ROM khusus berbasis android Google dan memasuki pasar perangkat keras pada tahun 2011 dengan peluncuran ponsel pertama, MI one phone.

Ponsel MI one memiliki spesifikasi terbaik dan harga terjangkau yang tetap menjadi filosofi Xiaomi sejak hari pertama. Logo mereka MI adalah singkatan dari “Mobile Internet” dan juga singkatan dari “Mission Impossible”, karena perusahaan menghadapi tantangan di tahun-tahun awal yang tampaknya mustahil untuk dihindari.

Namun, dalam 10 tahun, Xiaomi telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Hari ini, peringkatnya sebagai smartphone terbaik keempat dan merek smartphone terbesar keempat di dunia. Dengan 119 juta smartphone terjual pada tahun 2018, perusahaan telah mendominasi industri smartphone.

Kelebihan dan Kekurangan Hp Xiaomi

Jadi, apa alasan di balik kesuksesan besar sebuah perusahaan baru di pasar yang biasanya didominasi oleh merek lama? Apa yang membuat ponsel ini begitu unik? Dan apa kekurangannya? Dengan semakin banyak orang yang tertarik dengan smartphone Xiaomi, Jagad telah mengumpulkan beberapa ulasan kelebihan dan kekurangan di bawah.

Sejarah Singkat Hp Xiaomi

Dengan peluncuran ponsel pertama mereka, ponsel MI one, perusahaan juga memperkenalkan ROM kustom bernama MIUI yang menyediakan fungsionalitas tambahan dan antarmuka yang halus pada tahun 2011. MIUI sudah tersedia untuk lebih dari 200 perangkat dan pada akhir tahun 2013 Xiaomi memiliki lebih dari 30 juta pengguna MIUI di seluruh dunia. Mengembangkan perangkat keras mereka sendiri sukses karena pendapatan mereka untuk tahun 2013 saja adalah $5 miliar.

Keberhasilan mereka terus tumbuh karena perusahaan tidak hanya memprioritaskan jumlah penjualan mereka tetapi juga pada umpan balik pelanggan, yang sangat dihargai oleh pengguna. Mereka menargetkan pasar yang lebih sensitif terhadap harga di kawasan Asia Selatan dan menyediakan smartphone tanpa kompromi dengan harga yang sangat rendah dibandingkan dengan kompetisi yang menjelaskan kesuksesan mereka.

Pada tahun 2018, Xiaomi menjadi merek smartphone paling populer di India dilaporkan dengan 28% pangsa pasar. Saat ini, perusahaan bahkan memiliki sub-merek Redmi dan Poco yang didirikan dengan harapan dapat menjangkau pasar yang lebih luas di seluruh dunia. Selain itu, sub-merek ini beroperasi secara independen, memungkinkan mereka untuk bereksperimen dan menghindari risiko terhadap merek besar mereka.

Kelebihan Hp Xiaomi

Berikut adalah kelebihan memiliki Hp Xiaomi:

1. Harga

Perangkat Xiaomi dikenal murah. Filosofi mereka sejak awal adalah memberikan spesifikasi maksimal dengan harga yang wajar, seperti yang dilansir situs teknobgt.com. Anda pada dasarnya dapat mengambil ponsel andalan Xiaomi dengan layar OLED, tiga kamera, dan chipset Qualcomm terbaru dan terhebat dengan harga sekitar 6 jutaan yang jauh lebih murah daripada Samsung dan Apple dengan spesifikasi serupa. Ponsel murah mereka juga memiliki spesifikasi dan performa bagus yang melebihi harganya.

2. Desain

Dari perspektif desain, Xiaomi tampak hebat dengan semua atribut desain smartphone kelas atas. Dari semua layar dan tiga kamera hingga tampilan melengkung – sebut saja. Jika Anda mengesampingkannya dari yang terbaik dari Apple, Samsung atau Huawei, Anda tidak akan dapat melihat perbedaannya. Pilihan bahan berkualitas premium dan ringan menjadikannya ponsel yang luar biasa untuk ditangani dan memberikan kepercayaan diri kepada pengguna.

3. Sistem Operasi

Ponsel Xiaomi hadir dengan MIUI yang sangat cepat dan lancar untuk digunakan. Dengan setiap iterasi perangkat lunaknya, Xiaomi berfokus untuk membuat OS mereka lebih stabil dan mudah digunakan. Aman untuk mengatakan bahwa elemen desain mereka dipengaruhi oleh ‘perusahaan bernama buah’ tertentu tetapi memiliki bagian unik dari kemampuan penyesuaian.

Kekurangan Hp Xiaomi

Berikut adalah kekurangan dari Hp Xiaomi:

1. Masalah Terlalu Panas

Salah satu kelemahan terbesar dengan ponsel Xiaomi adalah masalah overheating. Banyak pengguna telah melaporkan bahwa ponsel mereka terlalu panas selama tugas-tugas berat seperti bermain game. Selain itu, bahkan ada klaim bahwa smartphone mereka terbakar karena terlalu panas. Overheating adalah masalah yang lebih umum dari smartphone kelas menengah mereka. Meskipun Xiaomi telah berupaya menyelesaikannya, masalahnya masih ada. Jika Anda berencana untuk membeli ponsel mereka, maka ini adalah hal nomor satu yang harus diperhatikan.

2. Iklan di MIUI

Pengguna sepertinya selalu mengeluh tentang iklan mengganggu yang muncul di ponsel Xiaomi mereka. Iklan umum di aplikasi bawaan mereka seperti pengelola file dan pengaturannya. Meskipun ini mungkin tidak mengganggu beberapa orang, ini sangat menjengkelkan bagi banyak orang. Karena tingginya intensitas keluhan, Xiaomi telah berjanji untuk menghapus iklan tersebut tetapi tampaknya masih muncul dari waktu ke waktu.

3. Pemanfaatan Ram yang Buruk

Meskipun masalah ini mungkin tidak terlihat pada ponsel yang memiliki ram 6 GB atau lebih, masalah ini sangat menonjol pada ponsel dengan ram lebih sedikit. Perangkat kelas menengah mereka yang datang dengan ram 3 atau 4 GB memiliki kecenderungan untuk secara agresif menghapus aplikasi dari latar belakang yang sangat mengecewakan untuk multitasking. Xiaomi harus menyediakan pembaruan perangkat lunak untuk meminimalkan masalah ini dan mencari cara yang lebih efisien untuk menggunakan ram mereka tanpa mengurangi kinerja.

Kesimpulan

Meskipun ponsel Xiaomi sangat murah, tidak dapat disangkal bahwa mereka memiliki produk yang hebat terlepas dari kelebihan dan kekurangan hp Xiaomi. Garis anggaran mereka tampaknya sulit dipercaya mengingat nilai yang ditawarkan produk mereka. Meskipun ponsel mereka memiliki kekurangan tertentu, perusahaan ini dikenal berhasil menghilangkan kekurangan dengan setiap pembaruan baru. Jadi, ini sangat ramah anggaran untuk Anda!

error: This content is protected by DMCA