Software Pembuat Aplikasi Android Gratis

Software Pembuat Aplikasi Android Gratis, Perkembangan aplikasi untuk system Android selalu berkembang dan sangat banyak. Bisa kamu lihat di Google Play Store dimana ada banyak sekali aplikasi yang memiliki berbagai macam kegunaan.

Tetapi apakah kamu pernah berfikir untuk membuat aplikasi Android secara mandiri dan dengan tangan sendiri ? Jika iya, maka kamu tidak salah membaca postingan ini. Simak terus agar kamu bisa tahu ilmu gurihnya hehehe.

Untuk membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi mobile khususnya Android dibutuhkan aplikasi berbasis desktop (PC). Apakah aplikasi tersebut berbayar ? Tentu saja tidak, semua software pengembangan aplikasi Android tidak berbayar alias gratis. Karena memang google memberikan hak kepada siapa saja untuk mengembangkan aplikasi di system yang telah di Akuisisi nya.

Nah, untuk memulai menjadi developer aplikasi Android kamu harus mengenal software desktop untuk membuat aplikasi Android. Nah, berikut ini adalah software untuk mengembangkan aplikasi Android yang pastinya gratis. Simak infonya.

Android Studio

Di tahun 2017 sekarang versi berapa saya kurang tahu, tetapi di tahun 2016 aplikasi ini menjadi andalan para developer aplikasi Android untuk mengembangkan aplikasi mereka. Hingga kini pun pengembangan Aplikasi Android pasti masih menggunakan software ini.

Software ini memiliki fitur yang kompleks dan lengkap. Di dalam software yang satu ini kamu akan bisa menemukan fitur untuk mengembangkan aplikasi Android dengan minimum system versi Android berapa 4.3 keatas atau 5.0 keatas.

Untuk menguasai pemrograman di Android studio, kamu harus bisa bahasa java. Karena memang untuk mengembangkan aplikasi Android dengan menggunakan bahasa java.

Selain bahasa java, kamu juga harus menguasai bahasa pemrograman xml untuk mengembangkan tampilan dari aplikasinya.

Tetapi sayangnya, untuk menggunakan software Android Studio Laptop atau PC kamu harus memiliki minimal 4 GB RAM, agar nanti bisa berjalan dengan lancar.

Xamarin

Aplikasi yang kedua ini cukup fantastis dan menarik perhatian para pengembang aplikasi di beberapa platform atau operating system. Pembuat software Xamarin ini berada di San Francisco, California.

Dengan menggunakan Xamarin kamu bisa mengembangkan aplikasi tidak hanya untuk Android, tetapi bisa untuk Operating System yang lain seperti IOS dan WinPhone. Cukup keren bukan ? Dalam satu aplikasi pengembangan kamu bisa membuat aplikasi untuk beberapa operating system.

Namun, sayangnya untuk kamu yang masih menggunakan Xamarin dalam versi free, ada beberapa fitur penting yang tidak bisa kamu gunakan. Seperti tidak bisa menggunakan kode yang sama untuk beberapa platform. Tentu saja, semua bisa diaktifkan jika kamu berlangganan bulanan.

Software Xamarin ini cocok untuk para pengembang yang terbiasa menggunakan bahasa pemrograman C#. Bahkan software ini bisa berjalan di Laptop atau PC dengan OS Windows, dan bisa juga berjalan di Macintosh. Tentu saja OS computer berbeda versi dari Xamarin juga berbeda.

Apache Cordova

Software pembuat aplikasi Android yang ketiga adalah Apache Cordova. Software yang satu ini menggunakan bahasa pemrograman seperti Website. Apa saja bahasa pengembangannya ? Simak terus ya sob.

Jadi, aplikasi Apache Cordova ini menggunakan bahasa HTML, CSS, dan Javascript. Sangat cocok untuk kamu yang terbiasa mengembangkan website yang menggunakan bahasa tersebut.

Selain Android, Apache Cordova ini bisa juga untuk mengembangkan aplikasi IOS, WinPhone dan Blackberry.

Apache Cordova sendiri menyediakan berbagai API yang bisa kamu gunakan. Dengan adanya API – Plugin pengembang dapat dengan mudah mengakses beberapa fungsi seperti Kamera, akselerometer, Kontak, baterai, dsb. Dan bisa dikatakan, kamu hanya perlu menguasai pemrograman HTML, CSS, dan Javascript untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan menggunakan Apache Cordova.

Ketiga Software pembuat aplikasi Android diatas bisa kamu pilih mana yang paling cocok untuk kamu. Selamat mencoba dan berkarya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.