Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Gratis Untuk Android

Perkembangan dunia fotografi semakin hari semakin canggih. Dulu seorang fotografer untuk menghasilkan foto yang estetik, memerlukan banyak perangkat seperti kamera DLSR, lighting, komputer dan aplikasi editing. Saat ini, hanya dengan smartphone, orang yang awam pun bisa menghasilkan foto profesional yang hampir menyamai fotografer.

Meskipun editing foto di Android tidak seleluasa ketika mengedit di desktop, nyatanya masih banyak orang yang membutuhkan aplikasi editor untuk mengatur hasil foto kamera. Apalagi saat ini sudah ada fitur artificial intelligent yang mana bisa menyesuaikan setting kamera sesaat ketika hendak mengambil foto. Misalnya, foto makanan, maka AI akan menyadari itu dan menyetting kontras, saturasi dan lainnya agar hasil foto makanan menjadi terlihat lezat.

Tapi, beberapa fitur AI tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, oleh karena itu diperlukan editor foto agar hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit foto untuk android yang gratis untuk digunakan.

1. Adobe Photoshop Express

Perusahaan Adobe sepertinya cukup sukses sebagai vendor software editing foto desktop dengan nama Photoshop. Karena pengguna android setiap tahunnya bertambah, membuat perusahaan ini tidak ingin ketinggalan untuk mengembangkan aplikasi edit foto yang berbasis pada OS Android.

Tidak seperti pada versi desktop, adobe photoshop express memiliki kelebihan untuk mengedit foto cepat. Ya meskipun pilihan editing tidak sebanyak pada versi desktop, beberapa tool didalam photoshop versi android ini sudah cukup untuk menunjang pengeditan foto. Salah satu tools yang sangat membantu adalah blemish-removal dimana sangat berguna untuk membuat foto selfie lebih menarik.

Agar lancar dalam pengeditan, lebih baik menggunakan smartphone yang memiliki kapasitas RAM 4GB. Sehingga untuk mengedit foto beresolusi besar bisa lebih cepat dan lancar. Di dalam aplikasi ini juga tersedia fitur utama seperti straighten, flip, crop, auto-fix picture dan beberapa efek filter lainnya.

2. Snapseed

Aplikasi edit foto gratis untuk android selanjutnya adalah aplikasi yang dibuat oleh Google. Ya, google memang terkenal dengan algoritma foto terbaik. Bahkan perangkat mereka yang bernama Google Pixel memiliki resolusi kecil tetapi hasilnya bisa ditandingkan dengan kamera beresolusi tinggi. Begitupun dengan aplikasi edit foto buatan Google, memberikan opsi tambahan untuk membuat foto sesuai dengan keinginan.

Snapseed memiliki tampilan yang cukup ringkas dan mudah untuk digunakan. Sehingga bagi orang awam pun bisa menggunakan aplikasi ini. Snapseed memberikan fitur-fitur terbaik untuk membuat foto menjadi lebih menarik. Ada sekitar 28 tools yang berbeda untuk mengedit foto agar bisa terlihat sesuai dengan suasana yang diinginkan.

3. PicsArt

Mungkin setiap pengguna android khususnya remaja dan anak muda di smartphone nya telah terpasang aplikasi edit foto super lengkap ini. PicsArt memiliki tampilan aplikasi yang kekinian sesuai dengan karakter generasi z.

Dalam aplikasi PicsArt mengandung prinsip kebebasan, dimana seseorang dapat menambahkan banyak objek di dalam fotonya. Sehingga semua ide bisa diterapkan dalam fotomu. Jangan takut kehabisan ide, karena mengedit foto di PicsArt telah didukung berbagai macam efek seperti warna, collages, magic effect dan lain sebagainya. Selain itu, Anda bisa membuat foto menjadi kartun dengan aplikasi ini.

Banyak foto unik dan menarik yang bisa dihasilkan dari aplikasi PicsArt. Ketika telah selesai mengedit foto, Anda bisa langsung mengunggahnya ke sosial media atau menyimpannya ke galeri sebagai koleksi pribadi.

4. PicSay

Sama seperti aplikasi edit foto sebelumnya, aplikasi PicSay menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Tampilannya cukup sederhana dan interaktif. Di dalam aplikasi PicSay juga menyediakan macam-macam fitur menarik untuk mengubah foto menjadi seunik mungkin.

Bahkan dalam satu layer, dengan aplikasi ini bisa menggabungkan dua foto atau lebih. Sehingga antara satu foto dengan foto lainnya bisa diedit secara bersamaan atau dicrop sesuai dengan keinginan. Misalnya menggabungkan foto rumah dengan pemandangan alam, sehingga akan nampak bahwa rumah itu berada di pemandangan yang indah.

Bagi Anda yang suka menggambar, aplikasi PicSay juga menyediakan fitur doodle yang bisa digunakan untuk menggambar diatas foto. Beberapa editor meme sering menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto sehingga terlihat menarik dan lucu.

5. Photo Lab

Jika ingin mengedit foto menjadi beda dari yang lain dan anti mainstream, Anda bisa gunakan aplikasi edit foto dari Photo Lab. Aplikasi ini menyediakan ratusan efek yang siap membuat foto mu nyeleneh. Ada lebih 800 efek yang siap digunakan seperti stylish foto filters, creative artistic effects, realistic photomontages dan lain sebagainya.

Efek yang paling populer digunakan pada Photo Lab ini adalah foto yang dibuat pecah-pecah seperti puzzle dan beberapa tambahan emoji unik lainnya. Inter face dari PhotoLab cukup intuitif dengan perpaduan lembar kerja yang beragam.

6. AirBrush

Hanya ingin menghapus jerawat dan memutihkan gigi pada foto dengan cepat? Aplikasi AirBrush jawabannya. Aplikasi ini sangat cocok bagi para pemula yang hanya ingin mengedit dengan cepat dengan hasil yang sederhana. Selain fungsi yang cepat, tersedia pula fitur editing lainnya seperti melangsingkan tubuh dan berbagai fitur artistik lain.

7. Toolwiz Photos

Aplikasi Toolwiz Photos ini cocok bagi orang yang ingin mendapatkan fitur lengkap dengan setting yang beragam. Tentu saja penggunaannya cukup mudah dan tidak ribet. Fitur utama aplikasi toolwiz adalah HDR, Image tone, dan prisma. Selain itu, ada pula fitur face-swap dan full collage yang siap mengubah fotomu lebih unik dan menarik.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.