Bikin Ngiler! Ini 7 Trik Memotret Makanan dengan HP

Kecanggihan smartphone kini bukan hanya untuk berkomunikasi saja tetapi juga menguntungkan dalam hal bisnis. Bahkan bagi kamu yang ingin mengelola sosial media seperti Instagram dengan tema kuliner, smartphone bisa jadi senjata ampuh.

Bagaimana tidak, ada banyak sekali jenis smartphone yang menawarkan kamera apik dengan berbagai macam fitur. Tapi tetap jangan lupa untuk menggunakan teknik yang tepat agar makanan semakin tampak lezat.

7 Trik Memotret Makanan dengan Smartphone agar Tampak Lezat

Influencer di sosial media kini mulai berjamuran, karena hanya dengan modal jepretan makanan yang biking ngiler bisa mendatangkan uang. Bahkan untuk jajanan di pinggir jalan yang tadinya kelihatan biasa jadi luar biasa.

Buat kamu yang ingin mendapatkan hasil foto makanan yang menjual, bikin ngiler atau menarik perhatian banyak audien, beberapa trik berikut ini bisa digunakan. Modalnya cuma smartphone saja, berikut ini triknya seperti dikutip dari website portal BelokBelok.com.

  1.  Ciptakan pencahayaan baik yang alami

Jika kamu sedang merencanakan foto produk untuk dijual, sebaiknya pergunakan kertas putih sebagai alas dan juga backgroundnya. Karena kertas bisa digunakan untuk menciptakan pencahayaan alami dari sinar lampu.

Apabila kamu ingin memotret dalam ruangan trik ini akan sangat membantu. Ditambah lagi mungkin kamu tidak menggunakan lampu mahal khusus untuk foto. Kamu bisa menggunakan lampu jenis apapun asalkan berwarna putih.

  1. Menggunakan lensa wide

Saat ini sebuah smartphone tak hanya dilengkapi dengan satu jenis lensa saja. Salah satunya adalah lensa wide yang harus dimanfaatkan saat memotret makanan. Tujuannya agar detail makanan bisa terlihat dan kamu bisa memotretnya dalam jarak dekat.

Trik ini bisa kamu gunakan untuk memotret makanan di dalam atau di luar ruangan ya. Jika kamu kurang yakin dengan posisinya, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur grid. Agar komposisinya pas.

  1. Tripod buat foto jadi stabil
Baca Juga :  Resep Geprek Tempe Sederhana dan Enak

Walaupun memotret dengan smartphone bukan berarti kamu hanya bisa menggunakan tangan saja. Manfaatkanlah tripod atau monopod supaya hasil jepretan nanti tidak goyang yang menghasilkan gambar sedikit blur.

Makanan akan tampak lezat jika gambarnya jelas dan detail. Oleh karena itu persiapkan monopod atau tripod untuk ponsel. Ukurannya kecil jadi kamu tidak akan kesulitan untuk membawanya kemanapun.

  1. Merapikan makanan

Jangan hanya fokus soal teknis pada kamera hp saja, tetapi pastikan objek yang akan difoto juga rapi. Kamu perlu merapikan makanan dan jangan lupa untuk menambahkan beberapa aksesoris di sekitar piring atau produk makanan kamu.

Buat juga komposisi yang terlihat menggugah selera. Pastikan juga bahwa makanan dalam kondisi bersih karena hasil jepretan nanti akan memperlihatkan detail dengan jelas. Kamu bahkan bisa membuat konsep terlebih dahulu sebelum menata makanan.

  1. Memotret dari atas

Untuk jenis kuliner yang indah seperti pastry yang dibuat oleh chef khusus kamu bisa memotret dari atas. Karena tampilan menarik makanan akan terlihat dengan jelas dari sana. Bahkan untuk produk minuman juga sangat menarik dilihat dari atas.

Kamu bisa menyesuaikan dari mana kelezatan akan muncul nah disitulah posisi yang tepat untuk diperlihatkan.

  1. Memotret saat makanan panas

Bagi kuliner yang membutuhkan tampilan panas maka kamu harus memotretnya usai makanan selesai dihidangkan dan dimakan. Tujuannya untuk memperlihatkan uap makanan yang menceritakan bahwa makanan tersebut enak saat panas.

  1. Menampilkan bahan makanan

Soal aksesoris yang bisa diberikan di sekitar makanan, kamu bisa memilih satu atau dua bahan makanan seperti sayur atau bumbu. Pilihlah yang bentuknya indah and colourful sehingga memperlihatkan kesan enak.

Simpel dan praktis, semua trik ini bisa kamu coba hanya dengan smartphone. Jangan lupa juga untuk mengenali fitur-fitur di hp karena akan sangat membantu.

Baca Juga :  Manfaat Tomat : Kandungan Gizi, dan Efek Samping



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articlePengertian Teks Editorial : Tujuan, Manfaat, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh Macam Jenis