Instagram

Smartphone menjadi sebuah perangkat yang saat ini wajib dimiliki oleh semua orang ya, khususnya bagi mereka para pelaku usaha berbasis online. Kenapa demikian? Karena saat ini dalam menjalankan usaha pemasaran yang dilakukan adalah melalui sosial media, salah satunya dengan Instagram.

Jika membahas soal Instagram pasti sudah banyak orang yang mengenalinya, termasuk para generasi milenial. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang segala hal mengenai Instagram, mulai dari pengertian, sejarah, hingga kelebihan dan kelemahannya. Seperti apa? mari simak bersama ulasannya di bawah ini.

A. Pengertian Instagram

Jika dipecah secara istilah, Instagram ini diambil dari kata โ€˜Instaโ€™ yang berawal dari kata โ€˜Instanโ€™. Nama ini diambil dari sebuah kamera polaroid yang merupakan sebuah kamera instan, dimana pengguna bisa langsung mencetak hasil jepretannya.

Sementara kata โ€˜gramโ€™ ini diambil dari kata โ€˜Telegramโ€™ yang memiliki kemampuan pengiriman informasi secara cepat.  Maka dari itu, makna dari Instagram ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna dalam mengirim foto maupun video secara cepat.

Sosial media yang satu ini juga memiliki nama istilah lain untuk memudahkan dalam penyebutan, seperti IG maupun Insta. Karena salah satu maknanya diambil dari kamera polaroid, mungkin itulah dasar kenapa logo dari sosial media Instagram ini menggunakan bentuk animasi dari kamera polaroid tersebut.

Tidak hanya sekedar membagikan foto maupun video saja, namun didalam Instagram ini juga dilengkapi dengan sejumlah filter menarik didalamnya untuk membuat postingan pengguna makin keren. Selain itu, Instagram ini lebih fokus untuk para pengguna yang menggunakan perangkat smartphone, tapi anda masih tetap bisa menggunakan sosial media ini melalui layanan web browser juga, walaupun fiturnya terbatas.

Sama dengan sosial media pada umumnya, Instagram ini juga memiliki konsep interaksi antar pengguna dengan saling mengikuti (following) ataupun pengikut (follower). Agar saling terhubung, pengguna juga bisa saling memberikan komentar pada postingan ataupun mengirim pesan.

B. Sejarah Instagram

Sosial media Instagram ini pertama kali dikembangkan di San Fransisco, Amerika Serikat oleh sebuah perusahaan bernama Burbn, Inc yang dipimpin oleh CEO Kevin Systrom dan Mike Krieger. Sebelum Instagram, sosial media ini bernama Burbn yang hanya bisa digunakan oleh mereka pengguna iPhone.

Pada awalnya aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur seperti sekarang, pada akhirnya kedua CEO itu fokus pada fitur untuk berbagi foto, komentar, serta memberikan like pada aplikasinya tersebut. Hingga di tahun 2012, Facebook telah mengakuisisi Instagram ini dengan biaya sekitar USD 1 juta berupa tunai dan juga saham.

Setelah diakuisisi Facebook, akhirnya pengguna android ini bisa juga menjalankan Instagram ini, dan sejak saat itu aplikasi ini langsung mendapat respon positif dengan 1 juta kali di unduh dalam kurun waktu 1 hari.

Pada bulan November 2012, versi web dari Instagram ini resmi diluncurkan pertama kali, sehingga memungkinkan pengguna bisa mengaksesnya melalui web browser layaknya Facebook, sekalipun fitur yang dibawanya saat itu sangatlah terbatas.

Lalu di tahun 2014, Instagram kembali berbenah dengan menambahkan fitur bernama Geotagging, sehingga memungkinkan pengguna bisa menambahkan lokasi pada setiap foto yang mereka posting. Bahkan fitur ini bisa digunakan secara real-time dengan syarat pengguna mengaktifkan GPS di smartphone miliknya.

Namun untuk versi terbaru saat ini pengguna tidak perlu repot-repot mengaktifkan GPS di ponselnya, karena bisa langsung menambahkan lokasi foto dengan melakukan pencarian saja, tanpa harus Real-time.

Lalu di tahun 2016, Instagram pun merilis logo baru mereka dengan desain yang lebih kekinian dan modern.  Perpaduan antara warna merah jambu, kuning, ungu, serta jingga ini menjadi titik awal perubahan besar yang dilakukan oleh Instagram.

Nah tidak hanya sekedar logonya saja yang baru, namun hal ini juga dibarengi dengan perubahan layout, rilis fitur boomerang, Hyperlapse, serta desain user interface yang lebih sederhana, Dua tahun berselang yakni pada tahun 2018 akhirnya Instagram merilis IGTV yang memungkinkan para pengguna bisa memposting video dengan durasi lebih lama.

Yang menjadi kelebihan dari layanan ini adalah, IGTV tidak menyelipkan iklan sama sekali didalamnya. Lalu pada bulan Agustus 2020 kemarin, Instagram kembali lagi meluncurkan fitur baru mereka bernama โ€˜Instagram Reelsโ€™ yang menyerupai Tik Tok, dimana fitur ini memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality) dalam kerjanya.

C. Tujuan dan Manfaat Instagram

1. Saling Interaksi Antar Pengguna

Sama dengan sosial media pada umumnya, Instagram ini memiliki fungus yang bertujuan untuk membuat para pengguna saling berinteraksi satu sama lain, seperti dari berbagai foto maupun video, memberikan saran pada kolom komentar, maupun mengirimkan pesan melalui Direct Message.

Pihak Instagram ingin menunjukkan jika layanannya ini berperan penting dalam melakukan interaksi. Dimana mereka terus berinovasi dengan memberkan berbagai fitur baru yang semakin memanjakan para pengguna, seperti IGTV, Instagram Live, Instagram Story, Instagram Reels, Filter, dan masih banyak lagi.

2. Menjadi Sumber Inspirasi dan Ide Kreatif

Tidak hanya bersenang-senang, Instagram ini juga menjadi sumber inspirasi dan ide kreatif bagi para content creator. Seperti contohnya saat ingin mencari ide baru dalam melakukan dekorasi rumah atau taman, maka anda pun bisa dengan mudah menemukannya baik melalui postingan dari pengguna lain.

3. Media Hiburan

Jika membutuhkan hiburan, maka Instagram ini juga memberikan banyak sekali hal menarik untuk dijadikan bahan refreshing. Bagi anda yang membutuhkan lelucon, maka bisa melakukan follow akun dagelan yang ada didalam Instagram. Sementara bagi anda yang memiliki hobi seperti hiking, penggemar bunga, dan masih banyak lagi, maka bisa melihat koleksi dari para pengguna Instagram lain.

4. Bisa Cari Rekomendasi Tempat Liburan

Nah bagi anda yang berencana liburan ke suatu daerah, maka tidak akan sulit lagi untuk mencari informasi tentang tempat wisata di suatu daerah, maka bisa mencarinya dengan mudah di Instagram. Cukup dengan melakukan pencarian di menu Tagar, maka anda bisa menemukan rekomendasi tempat Liburan keren didaerah yang akan anda kunjungi.

5. Bisnis Online

Tak bisa dipungkiri, saat ini sudah banyak sekali para pelaku usaha menggunakan Instagram sebagai salah satu media memasarkan produk yang mereka miliki. Karena Instagram ini lebih berfokus menampilkan gambar maupun video, maka membuat sosial media tersebut menjadi tempat yang tepat untuk menawarkan produk anda dengan tampilan menarik.

6. Menjadi Influencer

Banyak orang beranggapan jika menjadi Influencer ini hanya bisa dilakukan oleh para selebriti papan atas saja, namun dengan adanya Instagram ini bahkan orang biasa pun juga bisa jadi influencer terkenal juga disana.

Namun ada syarat yang harus anda penuhi, salah satunya adalah memiliki skill dan daya tarik tersendiri sehingga bisa membuat banyak orang kagum dengan kemampuan anda. Dengan menjadi Influencer di Instagram ini akan mendatangkan pundi-pundi rupiah juga, seperti dalam bentuk endorse, jualan produk sendiri, hingga melakukan review sebuah produk terbaru.

D. Kelebihan Instagram

1. Memiliki Pengaturan Privasi

Didalam Instagram ini telah disediakan fitur private akun, sehingga anda bisa mengunci profil instagram, dan membuat tidak sembarangan orang bisa melihat postingan anda nantinya.

2. Terdapat Banyak Fitur Menarik dan Terbaru

Tidak hanya sekedar memposting foto dan video saja, agar layanan Instagram ini makin menarik pihak perusahaan juga memberikan berbagai emoticon, filter, maupun stiker menarik untuk mempercantik postingan dari pengguna.

3. Memiliki Akun Bisnis

Bagi anda yang punya usaha online, maka Instagram pun menyediakan akun khusus bagi mereka untuk memudahkan dalam melakukan promosi. Fitur tersebut adalah akun bisnis, yang mana didalamnya terdapat berbagai fitur bisnis yang tidak terdapat di dalam akun biasa.

E. Kelemahan Instagram

1. Konteks Terbatas

Saat bermain Instagram, konteks yang diusung oleh layanan ini adalah berupa konten foto dan video, sehingga pengguna tidak bisa mengembangkan ke ranah yang lain. Maka dari itu, pengguna di tuntut untuk membuat konten foto dan video semenarik mungkin agar disukai oleh banyak orang.

2. Kualitas File Menurun

Pada saat anda memposting foto di Instagram, biasanya secara otomatis akan menurunkan skala kualitas sesuai dengan batas yang mereka tentukan, dan tak jarang hal ini membuat sejumlah foto menjadi blur. Begitupun untuk video, dimana Instagram memberikan batasan waktu sekitar 30 detik saja.

3. Boros Kuota

Seperti yang sudah disinggung tadi, dimana Instagram ini lebih menonjolkan konten foto maupun video. Maka jangan heran jika anda tidak mengontrol saat main Instagram, kuota internet anda akan cepat terkuras nantinya.

4. Perlu Update Secara Berkala

Bagi anda yang ingin mendapatkan berbagai fitur baru didalam Instagram, maka haruslah melakukan update aplikasi secara berkala. Karena itu, anda pun juga harus menyiapkan ruang yang cukup di smartphone saat memutuskan menggunakan aplikasi Instagram ini.

Dirasa cukup sekian saja pembahasan mengenai Instagram mulai dari pengertian, sejarah hingga menjabar ke manfaat yang bisa didapatkan dari sosial media tersebut, dan tidak lupa mengenai kelebihan dan kelemahan yang harus dipertimbangkan. Semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.