Cara Mengetahui Akun BOT Dan Troll Di Media Sosial

Jagad.id – Khawatir Anda ditipu oleh bot atau akun troll online? Jika Anda ingin terus membaca panduan ini di mana kami merinci cara mengetahui akun bot dan troll di media sosial untuk membantu Anda menemukan akun yang tidak autentik dan otomatis di jejaring media sosial.

Bot media sosial otomatis dapat digunakan untuk membagikan karya seni, peringatan cuaca, atau membuat pelanggan mengetahui berita dan produk perusahaan. Tetapi kebanyakan, ketika kita mendengar tentang “bot” sosial di berita, itu dalam konteks propaganda politik yang menipu, penipuan cryptocurrency, spam, dan penipuan lainnya.

Ketahui Cara Mengetahui Akun BOT Dan Troll Di Media Sosial

Berikut merupakan ulasan tentang cara untuk mengetahui akun BOT atau Troll di dalam Media Sosial yang bisa anda ketahui.

Troll Twitter

Dari semua jejaring sosial, Twitter dan API yang kuat (antarmuka pemrograman aplikasi) menyediakan akses dan data termudah yang diperlukan untuk deteksi akun mencurigakan yang kuat, tetapi tidak semua alat sama dalam hal ini.

Banyak alat audit pengikut Twitter “gratis” hanya mencoba menjual layanan pelaporan lengkap mereka kepada Anda. Mereka akan meminta Anda untuk menambahkan aplikasi mereka ke akun Anda, tetapi sebagian besar tidak akan memberikan daftar pengikut “palsu” Anda secara gratis, dan mereka sering menyertakan akun tidak aktif dalam angka yang mereka hasilkan.

Namun, Botometer Observatorium Universitas Indiana di Media Sosial berada pada level dan dengan jelas membedakan antara berbagai jenis akun yang berpotensi tidak diinginkan, meskipun perlu beberapa saat untuk bekerja melalui semua pengikut Anda jika Anda memiliki banyak dari mereka. Untungnya, Anda juga dapat memeriksa akun tertentu.

Juga berguna adalah Bot Sentinel, sebuah proyek komunitas yang menyimpan dan menerbitkan hasil tentang akun saat orang memeriksanya, membuat arsip publik yang berharga dari akun yang bermasalah.

Menganalisis Reddit dan Facebook

Jejaring sosial utama lainnya kurang terbuka dalam hal mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk menganalisis keaslian atau orang yang berinteraksi dengan Anda. Namun, ada banyak penelitian tentang akun troll dan spam yang memberi kami beberapa aturan umum untuk membuat penilaian.

Proyek TROLLMAGNIFIER melihat cara mengetahui akun BOT dan troll di media sosial yang disponsori negara di Reddit. Belum ada perangkat lunak yang tersedia untuk umum, tetapi tim peneliti menemukan bahwa akun troll yang disponsori negara secara khusus cenderung berkoordinasi secara longgar satu sama lain, berinteraksi untuk mendorong narasi tertentu dan membuat konflik – peningkatan performatif – antara satu sama lain tentang topik yang ingin mereka promosikan.

Facebook menerbitkan laporan rutin tentang “perilaku tidak autentik yang terkoordinasi”, dengan fokus tidak hanya pada troll yang disponsori negara, tetapi juga penipuan keuangan dan serangan rekayasa sosial yang ditargetkan yang dirancang untuk membuat influencer dan jurnalis terkemuka melegitimasi scammers.

Laporan ancaman Facebook tahun 2021 menunjukkan bahwa troll terkoordinasi semakin memiliki target spesifik dalam pikiran untuk “operasi pengaruh” mereka, yang didefinisikan sebagai “upaya terkoordinasi untuk memanipulasi atau merusak debat publik untuk tujuan strategis.”

Pemalsuan Tiktok dan Instagram

Akun tidak autentik tersebar luas di TikTok dan Instagram, dengan perdagangan yang ramai dalam hal suka yang diklik. Aturan praktis yang populer saat ini untuk menemukan akun yang membeli pengikut dan perhatian adalah dengan cepat melihat pengikut influencer untuk melihat berapa banyak yang telah mengisi profil dengan avatar, tetapi Anda biasanya harus melakukannya.

Firma pemasaran sosial HypeAuditor menyediakan audit pengikut palsu untuk TikTok dan Instagram, tetapi ini menyediakan sangat sedikit pencarian gratis per alamat IP (gunakan VPN jika Anda membutuhkan lebih banyak) dan hanya akan menunjukkan kepada Anda analisis akun yang sudah ada di database mereka, yang tampaknya hanya menyertakan pengaruh terbesar.

Lebih bermanfaat lagi, dalam hal menemukan propaganda di TikTok, Tracking Exposed telah mengubah alat analisisnya menjadi tugas untuk menemukannya, menerbitkan laporan terperinci tentang propaganda militer Rusia pada April 2022. Tracking Exposed memiliki alat yang tersedia untuk membantu menganalisis TikTok, YouTube, dan akun Facebook, tetapi, yang ditujukan untuk para akademisi yang mengumpulkan data secara massal, metadata yang mereka keluarkan tidak siap untuk penilaian cepat potensi pemalsuan oleh orang awam.

Menemukan Scammers

Seperti banyak keamanan online, seperti menemukan upaya phishing, mengidentifikasi akun yang tidak autentik mengharuskan kita untuk mengingat bahwa tidak semuanya seperti yang terlihat di internet.

Pertimbangkan siapa yang menjalankan akun – di Facebook, halaman akan mengidentifikasi pengelola dan grup memiliki admin. Di mana mereka berbasis? Apakah akun selalu memposting konten semacam ini? Akun YouTube dengan banyak pengikut dibeli dan dijual, dan terkadang Anda dapat melihat bahwa konten lama dibuat oleh orang yang sama sekali berbeda dari yang sekarang menjalankan saluran tersebut.

Apakah akun tersebut sudah diverifikasi oleh platform media sosial? Ini hanya berlaku jika akun tersebut mengaku sebagai badan resmi atau tokoh berpengaruh. Hati-hati terhadap akun terverifikasi yang dicuri dan diganti namanya atau digunakan untuk memposting konten di luar karakter, seperti saat akun Twitter terverifikasi diambil alih oleh scammer cryptocurrency.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara mengetahui akun bot dan troll di media sosial yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat menjadi bahan referensi untuk mengidentifikasi akun spam. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA