Pinterest

Jika meyebutkan tentang sosial media, pastinya yang terlintas di pikiran seseorang adalah Facebook, Instagram, maupun Twitter, karena memang ketiganya jadi yang paling banyak digunakan. Namun ternyata masih ada satu lagi sosial media yang cukup menarik untuk anda miliki, namanya adalah Pinterest.

Nama Pinterest sendiri mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang suka bermain di dunia maya, hanya saja tidak banyak orang yang paham mengenai kegunaan maupun kelebihan dari layanan ini. Penasaran seperti apa ? baiklah langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

A. Pengertian Pinterest

Pengertian Pinterest secara umum Pinterest adalah sebuah layanan virtual pinboard berbasis sosial media, dimana pengguna bisa mengunggah, gambar, foto, atau bisa juga dengan menambahkan link sebuah blog/website didalamnya.

Setelah menambah pinboard, nantinya pengguna juga bisa membuatkan sebuah kategori pada setiap postingan yang mereka upload. Berbeda dengan sosial media pada umumnya, dimana untuk Pinterest ini lebih fokus pada sebuah karya yang unik serta inspiratif, dan karena hal itu para desainer maupun content creator lebih suka main Pinterest guna mencari inspirasi baru pada kontennya.

B. Sejarah Pinterest

Pinterest ini pertama kali dikembangkan oleh seorang pria bernama Ben Sibermann di akhir tahun 2009 silam. Lalu pada bulan Maret 2010, versi prototype beta dari Pinterest ini diluncurkan, dan dalam kurun waktu 9 bulan Pinterest ini sudah mendapatkan 10.000 pengguna. Sejak saat itu, Ben pun menuliskan surat kepada 5.000 pengguna Pinterest pertama untuk menawarkan nomor telepon lalu mengajak mereka bertemu.

Pada tahun 2012, comScore melaporkan jika  ini memiliki jumlah pengguna unik yang mencapai 11,7 juta di Amerika Serikat. Lalu dalam acara Webby Award 2012, Pinterest menyabet penghargaan sebagai aplikasi sosial media terbaik serta People’s Voice Award untuk kategori desain visual yang unik, memiliki tampilan user friendly, serta bisa berfungsi dengan baik.

Lalu pada tahun 2019 lalu, secara diam-diam pihak Pinterest ini mengajukan penawaran umum perdana (IPO) saham. Dimana pada saat itu, penilaian total perusahaan Pinterest mencapai USD 12 miliar, dan pada bulan April 2019 Pinterest go Public dengan harga per-saham mencapai USD 19 dan ditutup pada USD 24,40 per-saham.

C. Fitur Pinterest

1. Visual Search

Didalam Pinterest ini memiliki fitur Visual Search yang diberi nama Lens. Dengan fitur ini, memungkinkan anda bisa menemukan produk dari hasil foto kamera perangkat mereka. Yang mengejutkan, 80% pengguna Pinterest ini menggunakan fitur Visual Search tersebut untuk membeli sebuah produk tertentu.

2. Pinterest Browse Button

Didalam Pinterest ini juga memiliki fitur Browser Extensions, dimana fitur ini bisa digunakan untuk menyimpan pins yang telah anda sukai. Nah layanan ini juga mendukung Visual Search, jadi memudahkan anda dalam menemukan konten terkait didalam Pinterest nantinya.

3. Group Boards

Jika kebetulan anda sedang mengerjakan project bersama dengan rekan kerja, Pinterest ini menyediakan fitur Group Boards yang akan memudahkan anda dalam melakukan kolaborasi bersama pengguna Pinterest lain.

4. Memiliki Fitur Search serta Filter yang Handal

Dengan adanya fitur Search dan Filter di dalam Pinterest, maka anda tidak akan kerepotan lagi dalam mencari konten yang di inginkan nantinya. Selain itu, anda juga mensortir hasil pencarian berdasarkan kategori yang di inginkan, seperti pin, pengguna, maupun board mereka.

D. Kelebihan Pinterest

1. Jadi Sumber Berbagi dan Inspirasi

Tak bisa dipungkiri, jika Pinterest ini telah dijadkan pusat atau sumber inspirasi bagi para desainer maupun content creator. Bagi mereka penggemar seni, fotografi, maupun desain, maka Pinterest menjadi surganya untuk mendapatkan itu semua.

2. Bisa Digunakan Sebagai Media Promosi Blog

Banyak blogger yang memanfaatkan Pinterest ini sebagai tempat berbagi artikel dengan menggunakan share link pinboard. Dengan fitur tersebut maka secara otomatis Pinterest bisa mendapatkan semua gambar yang ada didalam artikel, dengan begini maka pengguna pun bisa memilih salah satu gambar yang menarik untuk dijadikan sebagai pinboard nantinya.

3. Punya Fitur Analytics

Pinterest memiliki fitur Analytics yang memudahkan para pengguna bisa melihat tingkat interaksi dari pinboard yang telah mereka bagikan kepada pengguna lain.

4. Terintegrasi Berbagai Sosial Media

Para pemilik akun nantinya bisa menghubungkan akun Pinterest mereka dengan web maupun sosial media ternama lain. Dimana terdapat sebuah pengaturan, yang bisa dilakukan penyesuaian oleh pengguna untuk menghubungkan ke sosial media seperti Instagram maupun YouTube.

5. Meningkatkan Traffic

Pinterest  ini juga memiliki kelebihan untuk meningkatkan traffic dari website anda. Dimana cukup dengan 1 pin di Pinterest, maka 100 kali lebih mudah untuk disebarkan dibandingkan tweet. Selain itu, rata-rata dalam satu pin ini bisa menghasilkan dua kunjungan website dan juga enam page views.

6. Up To Date Dengan Hal Baru

Pinterest ini menjadi layanan yang banyak digunakan bagi pengguna dalam membagikan tren produk terbaru, desain maupun konten kekinian lain. Bagi pelaku bisnis, tentu ini menjadi hal yang sangat menarik karena mereka bisa terus mengikuti tren perkembangan jaman.

7. Bisa Promosi Produk

Terdapat sebuah layanan bernama Pinterest Business, dimana layanan ini biasanya dipakai untuk melakukan periklanan produk, bisa disesuaikan dengan anggaran serta target yang di inginkan oleh pemilik akun.

E. Kekurangan Pinterest

1. Banyak Spam

Dibalik semua kelebihannya, ternyata Pinterest ini memiliki kekurangan yakni masih banyaknya spam yang disebar oleh oknum tidak bertanggung jawab. Meskipun pihak Pinterest sendiri sudah berjuang untuk membatasi penyebaran dari spam yang meresahkan tersebut.

2. Interaksi Antar Pengguna Kurang

Untuk interaksi antar pengguna Pinterest ini memang tidak seaktif dan semasif seperti yang ada di sosial media pada umumnya. Dimana kebanyakan para pengguna Pinterest ini tidak memberikan like maupun komentar disetiap postingan yang ada.

F. Cara Daftar Pinterest

  1. Langkah pertama, pastikan anda sudah memiliki akun Google sebelumnya.
  2. Setelah itu silahkan buka situs Pinterest, dan klik menu Sign Up untuk mulai mendaftar
  3. Untuk mempercepat pendaftaran, anda bisa menggunakan akun Google. Caranya klik menu Continue with Google, atau jika anda punya akun Facebook juga bisa menggunakannya
  4. Setelah muncul menu Pop-Up silahkan pilih akun Google yang ingin anda sambungkan dengan PinterestΒ  ini
  5. Dan nantiny, secara otomatis akun Pinterest anda pun sudah langsung jad, anda tinggal mengikuti tour yang diberikan oleh Pinterest saat pertama kali membuat akun.

G. Cara Menggunakan Pinterest

  1. Setelah anda berhasil login, silahkan masuk kedalam menu profile
  2. Setelah itu dibagian pojok kanan bawah, perhatikan ikon β€˜+’, tap ikon tersebut untuk membuat pinboard baru
  3. Nantinya anda akan melihat tampilan unggahan mulai dari Judul hingga deskipsi dari pinbord yang akan anda buat. Untuk mengupload gambar anda bisa klik bagian unggahan atau bisa juga dengan cara drag and drop pada bagian tersebut.
  4. Selanjutnya silahkan buat judul untuk pinboard yang akan anda posting tersebut
  5. Klik simpan untuk menerbitkan pinboard tersebut

Seperti itulah pembahasan mengenai pinterest yang sebenarnya cocok sebagai salah satu media sosial untuk promosi atau mencari referensi dan sejenisnya. Akan tetapi hingga kini masih cukup banyak orang cukup kebingungan dengan layanan tersebut, sehingga diberikannya ulasan ini diharapkan dapat membantu anda lebih paham mengenai Pinterest.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.