Pengertian Yandex Adalah Sejarah, Fungsi, Macam-Macam, Kelebihan dan Kelemahan

Google saat ini merupakan mesin pencari yang menjadi andalan banyak orang dalam sekala international. Bahkan hampir seluruh dunia mengenal layanan dari Google ini untuk membantu mereka dalam mencari berbagai informasi yang dibutuhkan.

Akan tetapi, ada perbedaan bagi mereka yang tinggal di negara Rusia, dimana mereka rupanya memiliki mesin pencari sendiri yang kemampuannya tidak jauh beda dengan Google. Mesin pencari tersebut mereka berikan nama sebagai Yandex, dimana mesin pencari ini juga bisa anda gunakan dari negara selain Rusia juga.

A. Pengertian Yandex

Bagi anda yang masih belum familiar, Yandex ini adalah sebuah perusahaan teknologi maupun layanan internet yang berasal dari negara Rusia. Ini merupakan sebuah website atau search engine (mesin pencari) yang sangat populer bagi warga Rusia.

Yandex ini memiliki cara kerja yang mampu memberikan hasil pencarian relevan, serta sangat bermanfaat untuk para pengguna sambil meningkatkan berbagai algoritma berteknologi tinggi untuk memaksimalkan hasil pencarian lebih baik.

Tidak hanya memiliki teknologi search engine terbesar di Rusia, merka ini juga terlibat dengan urusan yang ada kaitanya dengan interne dan teknologi yang kemampuan mendekati atau bahkan melampaui Google.

B. Sejarah Yandex

Sebagai mesin pencari yang mungkin belum cukup familiar di Indonesia, maka tidak ada salahnya jika anda mengetahui tentang sejarah dari Yandex tersebut  sebagai tambahan wawasan. Search Engine ini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan ataupun fondari internet, maka dari itu memungkinkan pengguna bisa menemukan apa yang mereka butuhkan secara cepat dan akurat.

Pada akhirnya, mesin pencari seperti Yandex ini pun bekerja agar semua informasi yang berada didalam dunia internet ini bisa diakses pengguna dengan mudah cukup satu klik. Sebelumnya, Yandex ini mulai hadir dalam program pencarian Rusia untuk MS-DOS yang mereka sebut dengan nama Arkadia.

Program ini ditulis oleh Arkady Borkovsky, Arkady Volozh, serta Ilya Segalovich.  Dan ketiganya pada tahun 1997 lalu resmi meluncurkan mesin pencari yang menggunakan nama Yandex.ru, dan hingga kini masih menawarkan jasa pencarian dan lain sebagainya.

Dari sumber yang beredar, Yandex ini pertama kali berdiri di negara Belanda. Nama Yandex tersebut berasal dari frasa β€˜Yet Another iNDEXer’. Perusahaan ini sudah mendapatkan IPO di tahun 2011 silam, dan saat ini sudah diperdagangkan secara public di NASDAQ di AMerika Serikat dengan menggunakan symbol ticker YNDX.

Di tahun 2018, Yandex ini mendapatkan pendapatan global mencapai USD 1,85 Miliar, ini menjadi sebuah peningkatan bagi mereka sebesar 13,52% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga saat ini, perusahaan Yandex terus menunjukkan perkemabangannya dengan menawarkan berbagai fitur baru di tahun 2020.

C. Fungsi Yandex

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, Yandex ini merupakan sebuah perusahaan teknologi yang memiliki berbagai layanan untuk memudahkan pengguna, seperti menjadi mesin pencari, kecerdasan buatan, dan bahkan menjadi analitic, dimana semua ini dibangun dengan tujuan untuk membantu pengguna berselancar di dunia maya.

Maka dari itu, sebagian besar fungsi yang dimiliki oleh Yandex ini mrip dengan mesin pencari pada umumnya. Anda cukup mengetikan keyword pencarian, tekan enter, setelah itu akan muncul sejumlah referensi informasi yang sekiranya sesuai dengan yang anda butuhkan.

Ada juga fitur seperti mencari gambar, video, maupun hasil pencarian lain seperti yang dimiliki Google. Namun ada sedikit kendala, terkadang dari hasil pencarian yang muncul hasilnya akan secara acak dengan bahasa Rusia, meskipun anda sudah menggunakan versi internasional dengan  versi .com.

Hal ini bakalan terjadi apabila anda melakukan keyword pencarian yang mengandung unsur SEO. Sama halnya dengan kemampuan yang dimiliki oleh Google, anda juga klik tab pencarian lain seperti berita, gambar, hingga video.

Yang menarik, Yandex ini juga menyediakan sebuah tombol untuk mencari informasi di Google atau Bing apabila anda kurang puas dengan hasil pencarian yang diberikan oleh Yandex. Cara kerja dari Yandex ini mirip dengan mesin pencari populer lain, dimana untuk disebut berhasil maka mereka harus memberkan hasil pencarian yang konsisten dan relevan untuk pengguna.

Meskipun Yandex ini memiliki kemampuan yang luar biasa sebagai mesin pencari, namun tujuan utama mereka adalah untuk membantu para pengguna bisa menikmati internet yang efisien, khususnya bagi warna negara Rusia yang menjadi tempat asalnya.

D. Jenis dan Macam Layanan Yandex

Setelah paham dengan pengertian serta  fungsi Yandex, maka selanjutnya akan dibahas mengenai jenis dan macam layanan yang diberikan oleh Yandex ini. Sehubungan dengan sejarahnya diatas tadi, kini Yandex sudah terdaftar secara public di NASDAQ mulai tahun 2011 silam.

Dan sejak itu banyak perusahaan ternama yang ingin berinvestasi kepada mereka sebagai perusahaan teknologi yang terus berkembang. Yandex ini menyediakan sejumlah layanan bagi mereka yang bergelut dalam dunia teknologi, dan berikut beberapa jenis Yandex yang perlu anda ketahui:

  1. Yandex Browser : Selain menjadi mesin pencari, Yandex ini juga telah menerbitkan browser web sendiri, yaitu Yandex Browser dengan berdasarkan pada Chromium.
  2. Yandex.Connect : Ini merupakan sebuah layanan B2B yang mirip dengan Google Aps
  3. Yandex.DNS : Sebuah DNS public gratis yang bisa dinikmati banyak orang
  4. Yandex Disk : Merupakan sebuah penyimpanan cloud dari Yandex
  5. Yandex.Images : Sebuah pencarian gambar dengan menggunakan keyword atau bisa juga dengan sebuah gambar
  6. Yandex.Mail : Sebuah layanan e-mail dengan penyimpanan yang tak terhingga
  7. Yandex.Money : Merupakan layanan yang memungkinkan pengguna bisa melakukan pembayaran elektronik ke vendor maupun pengguna lain
  8. Yandex.Taxi : Menjadi penghubung antara pengguna dengan perusahaan taksi di Rusia
  9. Yandex.Translate : Sebuah fitur terjemahan teks secara online
  10. Yandex.Video : Memungkinkan anda bisa mencari film maupun klip video

E. Kelebihan Yandex

  1. Indeks serta hasil pencariannya cukup banyak
  2. Memiliki tampilan keren dengan konsep Magz, pas banget untuk anda yang gemar membaca berita
  3. Peminatnya cukup tinggi di benua Eropa, khususnya Rusia
  4. Memiliki navigasi yang lengkap
  5. Data yang diberikan dari berbagai situs hasil pencarian sangat lengkap

F. Kelemahan Yandex

  1. Untuk menjalankannya sangat berat
  2. Navigasinya tergolong cukup rumit bagi mereka yang bukan orang Rusia, apalagi baru pertama kali menggunakannya
  3. Sangat tidak cocok untuk anda yang menggunaan laptop maupun smartphone dengan spesifikasi rendah
  4. Memiliki banyak sekali konten yang mengandung SPAM
  5. Tampilan awalnya menggunakan bahasa Rusia
  6. Tak jarang Yandex ini memberikan sejumlah Traffic Ghost pada pemilik website

G. Perbandingan Yandex dengan Google

Sebagai sebuah perusahaan teknologi yang berpusat di Rusia, maka pastinya Yandex ini memiliki kelebihan bagi warga Rusia atau bahkan anda yang sedang liburan ke Rusia. Berikut perbandingannya :

1. Yandex Lebih Baik Untuk Pencarian Berita Bahasa Rusia

Memang benar Yandex ini diciptakan secara khusus untuk pasa Rusia, karena mereka bisa bekerja secara maksimal nantinya. Secara umum, kemampuan dari Google ini dirasa kurang efektif jika anda melakukan pencarian dengan ejaan non-english, dan hal ini bakal lebih lemah lagi jika anda mencari ejaan dengan bahasa Rusia.

2. Yandex Sangat Populer di Android

Google memang menjadi pemilik dari sistem operasi android di smartphone, kemampuannya memang tidak bisa diremehkan lagi. Akan tetapi jika di Rusia, Google dirasa tidak terlalu efektif karena banyak pengguna Yandex menggunakan Yandex.

3. Orang Rusia Lebih Suka Yandex

Bagi orang Rusia, mereka sangatlah peduli pada brand maupun merk asli dari negaranya, namun ada juga beberapa orang yang suka dengan produk asing. Namun setelah adanya beberapa masalah, kini orang Rusia lebih menggunakan Yandex karena mereka beranggapan kurang begitu percaya dengan Google.

4. Algoritma Yandex Mampu Memperhitungkan Spam

Yandex ini memiliki sebuah algoritma yang mungkin bisa memperhitungkan spam dengan lebih baik, hal ini karena pasar online Rusia memang terkenal dengan metode spam tautan langsung.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Yandex, semoga anda bisa lebih memahami terkait varian email yang memang sudah beragam, namun anda masih mengetahui beberapa layanan saja, seperti Gmail, Yahoo, dan sejenisnya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.