gmail

Di perkembangan teknologi saat ini, tentu banyak orang yang membutuhkan namanya email. Tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengirim pesan saja, namun lebih dar itu email ini memiliki fitur lain yang tak kalah penting.

Ada beberapa jenis email saat ini, dan salah satunya yang akan dibahas adalah Gmail. Gmail ini merupakan layanan perpesanan yang dimiliki oleh Google, dimana mereka memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui. Baiklah, untuk menambah pengetahuan anda soal Gmail, maka bisa menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Gmail

Gmail atau Google Mail merupakan sebuah layanan email yang merupakan hasil karya dari perusahaan Google. Dimana email ini dalam bentuk web HTTPS, dan seseorang bisa saling mengirimkan surat elektronik (email) asalkan mereka sudah terhubung ke jaringan internet.

Layanan Gmail ini pertama kali hadir sekitar 16 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 1 April 2004, namun saat itu layanan ini masih dalam bentuk Beta. Dan pada tanggal 7 Februari 2007 pada akhirnya layanan ini juga dirilis ke public meskipun masih dalam bentuk Beta, dan versi utuhnya baru diresmikan pada tanggal 7 Juli 2009.

Paul Buchheit, seorang insinyur computer dari Google merupakan seseorang yang mengawali ide pengembangan dari Gmail tersebut. Dimana saat itu proyek pengembangan ini menggunakan kode nama Caribou, dan pada saat pengembangan awal dulu proyek ini memang dirahasakan dari sejumlah perangkat milik Google.

Ditahun 2004 silam, hanya karyawan internal perusahaan saja yang diberikan akses untuk menggunakan Gmail tersebut. Dan pada tanggal 1 April 2004 silam, barulah layanan email ini dikenalkan ke public sekalipun masih dalam bentuk beta.

Gmail menjadi layanan public pertama dengan menawarkan kapasitas paling besar saat itu, yakni berukuran 1 GB untuk setiap pengguna. Dan sejak saat itu, Gmail di klaim sebagai standar penyimpanan cloud gratis terbesar karena para kompetitornya saat itu hanya memberikan sekitar 2 MB – 4 MB penyimpanan saja.

Dan saat ini, Gmail pun telah menambah kapasitas penyimpanannya menjadi 15 GB per akun, hal ini tidak terlepas dari integritasnya bersama Google Drive yang mendorong penyimpanan makin besar. Selain itu, Gmail juga memberikan batas pengiriman pesan paling besar 25 MB, dan ini menjadi batas paling besar dibandingkan layanan email lain.

Jika file yang anda miliki ini melebihi kapasitas tersebut, maka secara otomatis Google bakal memindahkannya ke penyimpanan Google Drive. Yang tak kalah canggih, Gmail ini juga dibekali dengan pencarian Google untuk memudahkan pengguna dalam mencari pesan yang pengguna inginkan.

B. Manfaat Gmail

Tidak bisa dipungkiri jika Gmail ini menjadi salah satu layanan email terbaik saat ini, mereka berani memberikan sejumlah fitur terbaik untuk memuaskan kebutuhan dari para pengguna. Tidak hanya sekedar mengirim pesan elektronik saja, tapi kini Gmail juga bisa membantu pengguna dalam berkomunikasi, mencari informasi, hingga meeting secara online.

Gmail ini juga sudah terintegrasi dengan semua produk Google lainnya, sehingga pengguna cukup login dengan  1 akun Google saja maka sudah bisa menggunakan semua produk Google. Nah untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak di bawah ini:

1. Terintegrasi Semua Layanan Google

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, dimana semua produk Google sudah terhubung atau terintegrasi dengan Gmail. Jadi jika anda ingin menggunakan produk Google lain, tidak perlu ribet untuk melakukan daftar / login karena akan secara otomatis tersambung nantinya.

Salah satu layanan yang paling banyak digunakan adalag Play Store, dimana bagi anda pengguna ponsel android pasti sangat membutuhkan layanan ini untuk mencari serta mendonwload sejumlah aplikasi maupun game yang dibutuhkan tanpa harus mendaftar kembali.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan layanan Google Meet secara langsung tanpa harus ribet mendaftar terlebih dahulu. Cukup dengan menggunakan email Gmail, maka ana pun sudah bisa bebas menjalankan semua produk Google.

2. Bisa Menyaring Spam

Bagi anda yang sudah menggunakan Gmail, pastinya paham dimana layanan milik Google memiliki kecerdasan untuk membedakan mana pesan yang asli atau pesan spam. Tentu fitur ini sangatlah bermanfaat, karena mereka tidak perlu ada rasa khawatir lagi saat membuka setiap pesan di Inbox.

Pesan spam ini bukannya ke hapus, hanya saja pihak Google sudah menyiapkan ruang khusus agar nantinya pesan yang dianggap spam ini akan dimasukkan kedalam folder khusus bernama SPAM. Dengan begini, anda bisa mengecek dulu nantinya apakah pesan yang masuk itu memang benar-benar spam atau hanya dianggap spam.

Email yang dianggap spam ini juga nantinya bakalan secara otomatis terhapus setelah 30 hari didalamnya, jadi dipastikan tidak akan terjadi penumpukan pesan spam yang bisa mengurangi kapasitas penyimpanan Gmail nantinya.

3. Memiliki Prioritas Dari Platform Lain

Ketika anda memiliki akun Gmail, ada keuntungan tersendiri ketika anda ingin mendaftarkan akun di platform lain. Seperti contohnya pada saat anda ingin menggunakan Pinterest, anda pun tidak perlu menuliskan data diri sebagai persyaratan login, karena dengan menggunakan akun Gmail maka anda pun bisa secara otomatis memiliki akun Pinterest juga.

C. Kelebihan Gmail

1. Memiliki Penyimpanan Besar

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, Gmail ini memang dibekali dengan media penyimpanan yang ukurannya sangat besar. DImana dalam satu akun saja, pihak Google membekalinya dengan 15 GB Cloud Storage yang bisa anda gunakan. Jelas kapasitas ini jauh lebih besar jika dibandingkan layanan email lain.

2. Didukung Antivirus dan Malware Terbaik

Selama ini, layanan Gmail ini menjadi sebuah layanan dengan keamanan sangat baik dari serangan virus maupun malware. Gmail ini memiliki kemampuan untuk memberikan informasi setiap ada email yang masuk dan mereka curigai sebagai file yang berbahaya. Selain itu, Gmail juga bakal melakukan scanning data maupun dokumen setiap kali anda ingin mengirimkannya.

3. Memiliki Fitur Multi Akun

Gmail memiliki layanan yang cukup menguntungkan bagi pengguna, dimana anda bisa melakukan login lebih dari satu akun diwaktu yang bersamaan. Jelas ini menjadi daya tarik tersendiri, karena pengguna bisa bergonta-ganti akun cukup dengan cepat dalam sekali tap.

4. Jarang Terjadi Down

Didukung dengan sumber daya yang cukup besar, menjadikan Gmail ini bisa berjalan secara stabil meskipun digunakan oleh banyak orang. Sejauh ini, Gmail jarang sekali mengalami masalah yang cukup serius seperti salah satunya mengalami down.

D. Kelemahan Gmail

1. Memiliki Iklan

Jika anda membuka tab Promosi didalam dasbor Gmail, maka anda akan melihat sejumlah iklan Google Adsense didalamnya. Disini nanti biasanya akan tersedia dua buah iklan, namun hal ini bersifat tidak pasti yakni kadang muncul kadang tidak.

2. Salah Memberikan Label Spam

Terkadang Gmail ini juga salah mengartikan sejumlah email masuk yang mereka anggap sebagai Spam, padahal itu bukan spam. Meskipun jarang terjadi, namun anda perlu melakukan pengecekan jika pada saat login sesuatu dengan konfiramasi email, tidak ada salahnya memeriksa di bagian spam, siapa tahu masuk kedalam folder ini.

Cukup sekian dulu ulasan tentang Gmail kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.