Pengertian Adds On (Ekstensi) Fungsi, Macam Jenis dan Contoh

Adds On merupakan salah satu bagian kecil dari software yang berguna untuk menambah fungsi atau fitur baru pada Mozilla Firefox yang sudah terinstall. Adds On berguna untuk menambah bahasa, fitur baru dan juga mengubah tampilan visual Firefox. Dengan adanya Adds On, maka Firefox, Google Chrome dan sebagainya bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan anda.

A. Macam Jenis Adds On

Adds On terdiri dari cukup banyak jenis yang masing masingnya berguna untuk kostumisasi akan tetap dengan cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis Adds On:

  1. Extensions: Berguna untuk menambah fitur baru atau modifikasi fungsi yang telah ada di Google Chrome, Firefox dan sebagainya. Gunanya adalah untuk blok iklan pop up mengganggu, integrasi fitur software lain, download video dari YouTube dan sebagainya.
  2. Complete themes: Berguna untuk mengubah tampilan peramban secara menyeluruh termasuk jendela dialod, icon, warna dan tampilan visual lain.
  3. Themes: Berguna untuk mengubah tampilan toolbar saja sekaligus menambah background pada toolbar.
  4. Search providers: Berguna untuk menambah pilihan pencarian yang lain di kotak pencarian peramban web. Contohnya seperti menambahkan pencarian nama Twitter.
  5. Dictionaries & language packs: Berguna untuk menambah dukungan bahasa lain di peramban web. Dengan begitu, bahasa peramban bisa diubah ke bahasa yang dikehendaki dan sangat banyak bahasa yang disediakan.
  6. Plugins: Berguna untuk menampilkan format media yang tak dikenal contohnya seperti Apple Quicktime atau Adobe Flash.

B. Contoh Adds On

Sebenarnya, ada begitu banyak Adds On yang bisa digunakan dengan fungsi berbeda beda. Namun dari begitu banyak fitur, berikut adalah beberapa contoh Adds On terbaik yang bisa anda pakai:

1. Certifyβ€˜em

Ini merupakan adds on yang bisa digunakan untuk membuat sertifikat pada Google Form. Adds On ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur sehingga bisa langsung mengirim email pada peserta yang telah lulus, menyimpan data peserta yang lulus ujian dan lain sebagainya.

2. Email Notification

Email Notification ini bisa digunakan untuk mengirim isi form langsung pada email bahkan untuk penjawab yang menyertakan gambar juga akan langsung dikirim ke email. Selain itu, ada juga advance dengan menggunakan conditional logic yang sesuai dengan jawaban yang diberikan.

3. Booking Calendar

Jika ingin membuat appoinments, maka adds on ini menjadi pilihan yang tepat. Cara kerja adds on ini sangat sederhana yakni hanya perlu mengatur waktu berdasarkan slot yang tersedia kemudian pengisi form akan memilih salah satu waktu yang mau disepakati. Sesudah itu, tanggal tersebut akan muncul pada Google Calendar sebagai bentuk kegiatan baru.

4. Form Publisher

Ini adalah adds on yang bisa dipakai untuk mengekspor Google Form menjadi banyak format contohnya seperti PDF, Sheets, Google Docs, Slides dan sebagainya. Adds on ini juga bisa dipakai untuk mengekspor data menjadi format Microsoft Office seperti Powerpoint, Excel dan juga Word.

5. Form Limiter

Ini adalah adds on untuk mencegah tambahan respon yang sudah melebihi batasan yang sebelumnya telah dibuat seperti batasan tanggal atau batasan jumlah respon. Adds on ini tepat digunakan dalam proyek berbasis waktu contohnya pendaftaran pekerjaan yang punya kuota pendaftar.

6. Doc Appender

Ini adalah Adds on yang dikhususkan untuk memperoleh feedback atau masukkan dari atasan, guru dan sebagainya. Pada Google Form nantinya akan merujuk pada dokumen yang ada di drive dan akan diisi secara otomatis via form.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.